Harga buah impor Thailand melejit

buah

Solo (Solopos.com)–Harga buah impor Thailand yang beredar di pasar tradisonal Kota Solo melejit semenjak banjir melanda negara tersebut.

Pedagang pasar tradisonal menggemari buah kelengkeng impor dari Thailand. Selebihnya, buah impor berasal dari China dan Amerika.

Buah kelengkeng Thailand sendiri kini dijual seharga Rp 250.000/karton setara 12 kilogram (kg) berat kotor. Sebelumnya, kelengkeng dijual antara Rp 120.000-Rp 150.000/karton.

Menurut pedagang buah impor di Pasar Gede, Dibyo, harga buah kelengkeng Thailand melejit dalam beberapa pekan terakhir. Dibyo sendiri tak tahu penyebab harga naik tajam, namun dia menduga hal itu berkaitan dengan banjir di negara Gajah Putih itu.

“Sekarang mahal, mungkin karena sedang tidak musim kelengkeng, mungkin juga karena banjir. Satu karton kelengkeng sekarang harganya Rp 250.000. Jauh lebih mahal daripada biasanya, paling mahal hanya Rp 150.000/karton,” terang dia, saat ditemui Espos, di kiosnya, Selasa (1/11/2011).

Menurut Dibyo, buah kelengkeng pernah menjadi sangat favorit di pasar Solo. Kala itu, dalam sehari dia bisa melepas sampai 500 karton kelengkeng Thailand. Kelengkeng dibeli grosir antara 10-20 kg oleh sesama pedagang pasar maupun oleh pedagang dadakan yang menjual kelengkeng di jalan-jalan. Namun, saat ini, dalam sehari hanya 5 karton yang bisa dijual.

Selain lantaran harga yang mahal, dia menilai anjloknya permintaan juga dipengaruhi banyaknya buah mangga di pasaran. Buah mangga bisa dibeli dengan harga sangat murah, hanya Rp 5.000/kg.

“Kalau musim mangga, permintaan buah yang lain selalu jatuh. Itu mungkin yang membuat penjualan kelengkeng juga sangat kurang ”

Hal senada diakui pedagang buah lain, Suyatmi. Dia mengatakan buah impor dari Thailand biasanya meliputi kelengkeng dan mangga. Kelengkeng asal Thailand ukurannya besar dan terlihat lebih bersih.

Begitu pun mangga Thailand, tampak sangat bagus. Namun, lantaran buah mangga lokal tersedia melimpah di pasaran, pihaknya tidak menjual mangga impor. Suyatmi bertahan menjual kelengkeng Thailand meski harganya naik tajam.

Dia menyebut buah kelengkeng kini dijual Rp 25.000-Rp 27.000/kg. Sebelum kabar banjir terjadi di negara itu, harga kelengkeng dipatok Rp 19.000-Rp 20.000/kg.  Kenaikan harga, kata dia, terjadi sejak dari pemasok.

“Naiknya harga memang cukup banyak. Tapi saya tetap jual karena kadang ada yang suka untuk buah meja,” ujar Suyatmi.

(tsa)

Editor: | dalam: Ekonomi |
Iklan Baris
  • Servis HP

    Servis HP: Nokia, BlackBerry, Sony, Samsung, IPhone, dll. Matot,Hard/Software. Hubungi: Me…

  • Dibeli tinggi laptop

    Dibeli tinggi laptop/Netbok/Tab/Komputer/LCD dll. Hidup-Rusak-Mati. Hubungi: 085725750750,…

  • rumah diutara monjali

    Rumah Griya Asri Pratama, Utara Monjali (Balong-Donoharjo) Sisa 5 Unit Siap Huni+3 Siap Bg…

  • disewakan avanza

    Disewakan avanza+sopirnya untuk dalam/luar kota, melayani drop luar kota. Hubungi: 0811250…

  • Salon SHINTA

    Salon SHINTA, Melayani rias pengantin,dll. Alamat. Jl raya-semanu baleharjo Wonosari. Telp…

  • Iqbal Massage

    Iqbal Massage, Tenaga Pria Muda Keren Khusus Panggilan. Call: 087738795379…

  • BENGKEL RPM HANDAYANI

    BENGKEL RPM HANDAYANI, melayani PRESS BODY dengan mesin pres, selatan terminal lama, baleh…

  • Ahli Sumur Bor

    Ahli Sumur Bor/Gali/Servis Pompa/ Sedot WC/Saluran Buntu. Pak. Wen 0274-6579319 Blawong 08…

  • MITRA TEKHNIK

    MITRA TEKHNIK, melayani perbaikan alat rumah tangga dan jual beli elektronik. Hubungi 0877…

  • AHLI SUMUR/ SEDOT WC

    AHLI SUMUR/ SEDOT WC, Bpk SUKADI Alamat Nglipar Gunungkidul HUB. 081 804 060 050…

Menarik Juga »