Harga buah impor Thailand melejit

buah

Solo (Solopos.com)–Harga buah impor Thailand yang beredar di pasar tradisonal Kota Solo melejit semenjak banjir melanda negara tersebut.

Pedagang pasar tradisonal menggemari buah kelengkeng impor dari Thailand. Selebihnya, buah impor berasal dari China dan Amerika.

Buah kelengkeng Thailand sendiri kini dijual seharga Rp 250.000/karton setara 12 kilogram (kg) berat kotor. Sebelumnya, kelengkeng dijual antara Rp 120.000-Rp 150.000/karton.

Menurut pedagang buah impor di Pasar Gede, Dibyo, harga buah kelengkeng Thailand melejit dalam beberapa pekan terakhir. Dibyo sendiri tak tahu penyebab harga naik tajam, namun dia menduga hal itu berkaitan dengan banjir di negara Gajah Putih itu.

“Sekarang mahal, mungkin karena sedang tidak musim kelengkeng, mungkin juga karena banjir. Satu karton kelengkeng sekarang harganya Rp 250.000. Jauh lebih mahal daripada biasanya, paling mahal hanya Rp 150.000/karton,” terang dia, saat ditemui Espos, di kiosnya, Selasa (1/11/2011).

Menurut Dibyo, buah kelengkeng pernah menjadi sangat favorit di pasar Solo. Kala itu, dalam sehari dia bisa melepas sampai 500 karton kelengkeng Thailand. Kelengkeng dibeli grosir antara 10-20 kg oleh sesama pedagang pasar maupun oleh pedagang dadakan yang menjual kelengkeng di jalan-jalan. Namun, saat ini, dalam sehari hanya 5 karton yang bisa dijual.

Selain lantaran harga yang mahal, dia menilai anjloknya permintaan juga dipengaruhi banyaknya buah mangga di pasaran. Buah mangga bisa dibeli dengan harga sangat murah, hanya Rp 5.000/kg.

“Kalau musim mangga, permintaan buah yang lain selalu jatuh. Itu mungkin yang membuat penjualan kelengkeng juga sangat kurang ”

Hal senada diakui pedagang buah lain, Suyatmi. Dia mengatakan buah impor dari Thailand biasanya meliputi kelengkeng dan mangga. Kelengkeng asal Thailand ukurannya besar dan terlihat lebih bersih.

Begitu pun mangga Thailand, tampak sangat bagus. Namun, lantaran buah mangga lokal tersedia melimpah di pasaran, pihaknya tidak menjual mangga impor. Suyatmi bertahan menjual kelengkeng Thailand meski harganya naik tajam.

Dia menyebut buah kelengkeng kini dijual Rp 25.000-Rp 27.000/kg. Sebelum kabar banjir terjadi di negara itu, harga kelengkeng dipatok Rp 19.000-Rp 20.000/kg.  Kenaikan harga, kata dia, terjadi sejak dari pemasok.

“Naiknya harga memang cukup banyak. Tapi saya tetap jual karena kadang ada yang suka untuk buah meja,” ujar Suyatmi.

(tsa)

Editor: | dalam: Ekonomi |
Iklan Baris
  • Espass Hijau

    Espass Hijau tahun 19995 an.Sendiri AB-KOTA Harga NEGO Hubungi: 0274-9866822…

  • Solusi dapat dana

    Solusi Dapat Dana Tanpa Jaminan. 1juta-8juta. Bisa 2tahun Untuk PNS/Karyawan/Wiraswasta. H…

  • Ahli sumur bor

    Ahli Sumur Bor/ Suntik/ Gali/ Sedot WC/ Saluran Mampet/ Servise Pompa. Hubungi: 0274-78067…

  • Optik natural

    OPTIK NATURAL hadir untuk anda.melayani:cek mata,panggilan,konsultasi,resep. Hubungi:Anto:…

  • Umroh Arbain

    Umroh arbain start jogja 15 hari 25,5juta all in.By etihad.Hotel shourfah madinah&jau…

  • Butuh tenaga serabutan

    Butuh Cepat Tenaga Serabutan Kantor Minimal SMP 17-55tahun Interview Langsung Kerja 2,5jut…

  • Andalas Canopy

    Andalas Java Steel ahlinya canopy besi & stenlis pager tralis harga bersaing, berkwal…

  • Optik Aruni

    OPTIK ARUNI.melayani: cek mata panggilan,konsultasi,JL.Letjend.Suprapto, No 1(utara kantor…

  • Dibutuhkan tenaga kerja sampingan

    Dibuthkan Tenaga Kerja Sampingan Pasang Gantungan Teh Rosela Dikerjakan Dirumah.1 bok isi…

  • Obral LCD

    Obral LCD15(575) Camera Digital(650) Handycam(950) TV14(365)17(490) VCD(125) Game(85)Mcuci…

Menarik Juga »