Daun Sidaguri Babat Asam Urat

IlustrasiIlustrasi

Beberapa orang pasti pernah merasakan rasa nyeri atau sakit di bagian kaki. Ya, bisa jadi ini merupakan gejala awal asam urat.

Penyakit ini dapat di atasi dengan memanfaatkan obat tradisional yakni daun sidaguri. Tamanam herbal tersebut berdampak lebih aman bagi kesehatan dan tidak menimbulkan efek samping.

“Pengobatan asam urat biasanya menggunakan obat modern namun tak jarang pengobatan tersebut memiliki efek samping. Oleh karena itu, tak ada salahnya menggunakan obat tradisional yakni daun sidaguri,” ujar Pemilik toko herbal Al Anshor Health Indonesia, Tirwidzi, saat ditemui Harian Jogja, di Jl.Veteran No6A, Jogja, Rabu (24/1).

Tanaman yang memiliki bahasa latin Sida rhombifolia L ini memang bisa digunakan secara sendiri maupun dicampur dengan bahan lainnya. Salah satu campuran yang sangat baik bagi pengobatan asam urat adalah dengan meraciknya dengan mahkota dewa.

Sidaguri merupakan perdu liar yang tumbuh tegak bercabang. Tingginya mencapai satu hingga dua meter dan tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini tumbuh subur dengan sinar matahari yang cukup. Perkembangbiakannya bisa dilakukan dengan biji maupun dengan stek batang.

Ciri-ciri tumbuhan ini adalah bentuk daunnya bulat telur memanjang dan tepinya bergerigi. Panjang daunnya satu hingga empat sentimeter dengan lebar satu hingga dua sentimeter. Bunganya tunggal berwarna kuning, dan mekar di siang hari dan hanya bertahan tiga jam saja.

Khasiat sidaguri ini didapatkan dari kandungan kimiawi di dalamnya, yaitu kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, dan minyak asiri. Khasiat utamanya adalah untuk menyembuhkan asam urat. Dalam pengobatan tradisional, bagian yang digunakan adalah seluruh bagian tumbuhan dengan kondisi segar atau dikeringkan.

“Selain mengobati asam urat, sidaguri juga bermanfaat untuk flu, demam, radang, disentri, sakit perut, kencing batu, bisul, radang kulit, dan eksim. Khusus untuk akarnya, digunakan untuk mengatasi influenza, asma, disentri, susah buang air dan rematik,” ungkapnya.

Penggunaan obat dalam dengan sidaguri ini adalah dengan cara merebus tumbuhan ini dalam keadaan segar atau kering dan dicampur dengan bahan lainnya. Sidaguri juga bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul yakni produk Navita Uratic. Kapsul ini merupakan suplemen khusus untuk mengatasi masalah dalam persendian, termasuk asam urat.(Wartawan Harian Jogja/Kharisma Ayu Febriana)

Editor: | dalam: Khazanah |


Iklan Cespleng
Menarik Juga »