AYAM WONG JOGJA
Daging Empuk Sampai Tulang

Menu ayam bakar (HARIAN JOGJA/TRI WAHYU UTAMI)Menu ayam bakar (HARIAN JOGJA/TRI WAHYU UTAMI)

Pekan ini Makan Siang Bareng Harian Jogja dan radio Star Jogja dimulai di kedai makan Ayam Wong Jogja. Bersama reporter Star Jogja, Bayu Yanuar, icip-icip ini bisa Anda jadikan referensi makan siang Anda.

Menu istimewa Ayam Wong Jogja adalah ayam bakar empuk sampai tulang-tulangnya. Kedainya terletak di Jalan Tamansiswa no 27 Jogja, tepatnya di depan Lembaga Pemasyarakatan Wirogunan. Rumah makan ini baru buka sekitar empat bulan lalu. Awalnya hanya tersaji masakan Jepang dengan label Oto Bento. Namun, karena pelanggan banyak yang menanyakan menu ayam bakar dan goreng, akhirnya dua menu tersebut ditambahkan mulai 20 Januari 2012 lalu.

“Dulu hanya coba-coba bikin ayam goreng, kebetulan kami punya resep keluarga lalu dibagikan kepada keluarga besar, kok enak, mereka bilang begitu kenapa tidak jualan saja,” cerita pemilik rumah makan ini, Claudia Ruth Anggraini.
Ayam bakar dan goreng di Ayam Wong Jogja gurih dan sangat empuk, bahkan kremes sampai tulangnya. Bumbu dari rempah-rempah begitu meresap sampai tekstur terdalam daging. Penggorengan yang garing menambah cita rasa tersendiri. “Bumbu goreng dan bakar beda, yang bakar memang lebih manis karena tambahan kecap, tapi tetap empuk,” kata Ruth.

Sebelum digoreng, ayam dipilih yang muda-muda. Lalu diungkep selama tiga jam, setelah dingin baru digoreng atau dibakar. Satu porsi ayam dihargai Rp8.000. Sedangkan satu nasi putih yang pulen Rp3.000.

Untuk minuman, rumah makan ini menyajikan jus durian hanya dengan harga Rp7.000. Jus durian selain murah harganya, juga lembut rasanya tanpa bau yang menyengat.

Jika Anda tertarik dengan ayam bakar atau goreng serta masakan Jepang sekaligus ayam goreng atau bakar yang maknyus, rumah makan ini buka setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB.(JIBI/Harian Jogja/Tri Wahyu Utami)

Editor: | dalam: Kuliner |

Berita Terkait



Iklan Cespleng
Menarik Juga »