475 Perempuan DIY Idap HIV/AIDS, Kebanyakan Ibu Rumah Tangga

JOGJA—Sebanyak 475 perempuan di DIY tercatat positif mengidap HIV/AIDS. Peningkatan jumlah perempuan pengidap penyakit mematikan ini menjadi salah satu isu utama pada peringatan hari perempuan se-dunia yang jatuh setiap 8 Maret.

Dalam unjuk rasa peringatan hari perempuan se-dunia di depan Gedung Agung, Kamis (8/3), Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Provinsi DIY melansir data penderita HIV/AIDS Jogja yang banyak menimpa kalangan perempuan. Koordinator Aksi PKBI, Liston Octoberry mengatakan, dari 475 kasus HIV/AIDS yang dialami perempuan Jogja saat ini, 150 di antaranya berlatar belakang ibu rumah tangga.

Menurut dia, dalam momentum hari perempuan se-dunia, pihaknya menuntut pemerintah memberikan perlindungan bagi perempuan maupun komunitas yang termarginalkan secara seksual dan gender.

Sekjen Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) DIY, Riswanto membenarkan data kecenderungan peningkatan pengidap HIV/AIDS dari kalangan perempuan. Menurutnya, perempuan hanya jadi korban karena penyakit menular tersebut dibawa oleh laki-laki.

Lantaran itu pula, upaya penanganan HIV/AIDS saat ini lebih banyak menyasar laki-laki. Misalnya dengan penggunaan kondom. Sosialisasi penecagahan penyakit ini bahkan dilakukan hingga ke perkampungan lewat kegiatan warga. Riswanto menambahkan, saat ini anggaran penanggulangan HIV/AIDS bakal lebih mengandalkan APBD lantaran dana lewat lembaga donor akan dihilangkan. ( harian jogja – bekti suryani )

Editor: | dalam: Tak Berkategori |

Berita Terkait



Iklan Cespleng
Menarik Juga »