PSB GAKIN Dijadwalkan Lebih Awal

ilustrasi (dok)ilustrasi (dok)

SOLO--Proses Penerimaan Siswa Baru (PSB) atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dari keluarga miskin (Gakin) dijadwalkan lebih awal. Pendaftaran PSB Gakin dilaksanakan 29 Maret-5 April.

Kasi Kurikulum, Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Budi Setiono, mengungkapkan berdasarkan hasil rapat koordinasi Dinas Pendidikan se-Soloraya, Selasa (13/3/2012), PSB tahun 2012 akan disamakan jadwalnya untuk wilayah Soloraya. PSB reguler, RSBI dan akselerasi akan dilaksanakan setelah pengumuman Ujian Nasional (UN). Tujuannya agar siswa fokus ke UN terlebih dahulu. Khusus PSB Gakin yang hanya ada di Kota Solo, dijadwalkan mendahului PSB lainnya. Jadwal selanjutnya PSB RSBI dan akselerasi, lalu reguler.

“PSB reguler diakhirkan dengan tujuan siswa yang tidak diterima di PSB Gakin, RSBI dan akselerasi, masih memiliki kesempatan mendaftar di PSB reguler,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (20/3/2012).

Ia mengungkapkan berdasarkan surat edaran dari Disdikpora Nomor 420/1263A/Dikmen/2012 tentang PPDB siswa kurang secara ekonomi pada SMP/SMA/SMK, alokasi PSB Gakin di setiap sekolah di Kota Solo ditentukan minimal 20% dari daya tampung sekolah. Proporsinya minimal 10% bagi calon peserta didik baru Gakin dalam Kota Solo dan minimal 10% bagi calon peserta didik baru Gakin penduduk luar Kota Solo. “Pelaksanaan PSB dilakukan secara off line di masing-masing sekolah. Jadwal pendaftaran antara 29 Maret-5 April,” jelasnya.

Mekanisme pendaftarannya, kata Budi, sekolah asal siswa mendata jumlah siswa Gakin yang berprestasi akademik dari warga Solo. Pendaftaran dan seleksi administrasi dilakukan secara kolektif oleh sekolah asal siswa. Sekolah asal siswa mendaftarkan ke sekolah tujuan sesuai minat siswa. Siswa diberi kesempatan melakukan pendaftaran hanya pada satu sekolah. Sekolah tujuan memverifikasi data calon siswa dan membuat jurnal hasil seleksi serta mengumumkan hasil seleksi. “Sekolah asal siswa kemudian menyampaikan pengumuman hasil seleksi kepada siswanya,” terangnya.

Editor: | dalam: Pendidikan |


Iklan Cespleng
Menarik Juga »