Harga Emas Hari ini Anjlok

ilustrasiilustrasi

JOGJA—Harga emas di Jogja mengalami penurunan, setelah hampir tiga minggu stabil. Menurut sejumlah pedagang, penurunan harga emas hari ini, Rabu (4/4) mencapai Rp15.000 per troy ounce.

Pemilik Toko emas Kuda Emas, Ratna Setyaningsih mengatakan, harga emas turun cukup signifikan.

“Harga hari ini turun banyak, hampir sekitar Rp15.000,” ujarnya, Rabu(4/4).

Ia menambahkan, harga tertinggi pada Maret lalu mencapai 1.715 dolar AS per troy ounce atau Rp500.000 dan sekarang menjadi 1650 dolar AS per troy ounce atau Rp485.000 untuk emas tanpa sertifikat atau Rp505.000 untuk emas dengan sertifikat.

Menurutnya, penurunan harga emas ini terjadi karena kondisi di Amerika, di mana Bank Sentral Amerika tidak memberikan stimulus moneter tambahan kecuali pertumbuhan ekonominya melambat.

“Selain itu di China dan Hongkong sedang libur panjang Paskah sehingga pasar Asia mandeg, padahal transaksi emas terbesar ada di China,” katanya.

Ia menambahkan, penurunan harga ini tidak memengaruhi penjualan emas di DIY yang pada saat ini sedang lesu. Pasalnya masyarakat saat ini lebih mengalokasikan dananya untuk kebutuhan pokok dan juga untuk persiapan uang sekolah.

“Memang bulan sepi, apalagi harga-harga naik semua, musim anak masuk sekolah juga, penjualan lesu di bulan-bulan ini,” katanya.(ali)

Editor: | dalam: Ekonomi |
Iklan Baris
Menarik Juga »