SATU ABAD HB IX
Puluhan Ribu Warga Padati Pegelaran Kraton

ZIARAH 100 TAHUN -- Ratusan abdi dalem Keraton Ngayogyakarta bersama warga masyarakat naik anak tangga untuk masuk ke dalam kompleks makam makam raja-raja Mataram sesaat setelah berlangsungnya doa dan tahlil di Astono Saptorenggo, Imogiri, Bantul, Rabu (11/4/2012). Ziarah raja-raja maratam ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan 100 tahun Sultan Hamengku Buwono IX.Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja ZIARAH 100 TAHUN -- Ratusan abdi dalem Keraton Ngayogyakarta bersama warga masyarakat naik anak tangga untuk masuk ke dalam kompleks makam makam raja-raja Mataram sesaat setelah berlangsungnya doa dan tahlil di Astono Saptorenggo, Imogiri, Bantul, Rabu (11/4/2012). Ziarah raja-raja maratam ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan 100 tahun Sultan Hamengku Buwono IX.Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja

JOGJA—Puluhan ribu warga memadati Pagelaran Kraton Jogja, Kamis (12/4). Mereka menghadiri peringatan Satu Abad Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang jatuh hari ini. Berbagai jenis kesenian ditampilkan sampai tengah malam nanti.

Sekretaris panitia Pahargyan Pengetan Satu Abad HB IX, Widihasta Wasana Putra mengatakan, kurang lebih 10.000 warga dari seluruh DIY maupun wilayah lain datang. “Sekitar 10.000 orang yang datang,” katanya.

Sejumlah pejabat Provinsi dan kabupaten maupun kota hadir dalam kesempatan itu. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berindak sebagai tuan rumah bersama Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam IX. Hadir pula Walikota Jogja, Bupati Sleman, Bupati Bantul, Bupati Gunungkidul, Bupati Kulonprogo.

Pada kesempatan itu juga akan dikukuhkan paguyuban dukuh dan lurah, pembacaan riwayat Sultan HB IX, orasi budaya dan penyerahan piagam penghargaan pahlawan nasional DIY. (ali)

Editor: | dalam: Kota Jogja |


Iklan Cespleng
Menarik Juga »