Abrasi di Pantai Kuwaru Kian Parah

Abrasi Pantai Kuwaru (JIBI/Harian Jogja/M3)Abrasi Pantai Kuwaru (JIBI/Harian Jogja/M3)

BANTUL—Penduduk sekitar Pantai Kuwaru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul mendesak pemerintah daerah (pemda) setempat membuat breakwater untuk mengurangi abrasi.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Pantai Kuwaru, Punijo, mengatakan abrasi telah berlangsung selama 12 tahun. “Kami juga telah berkali-kali meminta breakwater (pemecah gelombang laut) dibangun di sini,” imbuh dia ketika ditemuka Harian Jogja, Rabu (23/5).

Menurut Punijo, sejak tiga tahun terakhir pihaknya sudah bertemu dengan kepala pemerintah daerah setempat dan DPRD Bantul terkait pembangunan breakwater. Pihak pemerintah dan DPRD juga pernah berkunjung ke Kuwaru dan melihat langsung dampak abrasi.

“Pantai Glagah punya breakwater, dan itu efektif menahan gelombang laut,” kata Punijo. Pantai Glagah terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Seperti halnya Kuwaru, pantai tersebut mengalami abrasi. pemerintah setempat membangun breakwater sejak 2006 untuk mengatasi penggerusan pantai.

 

Warga lainnya, Didik, menuturkan breakwater akan sangat membantu menahan gelombang laut. “Gelombang laut akan pecah dan kembali ke laut, tidak langsung ke pantai,” cetus dia.

Abrasi yang terus terjadi di Kuwaru menghambat nelayan dalam mendarat dan menambatkan perahu. Jika dibiarkan, nelayan tidak akan memiliki tempat lagi untuk memarkirkan perahunya.

Pohon cemara udang yang ditanam sekitar sebelas tahun lalu untuk mencegah abrasi ternyata tidak efektif mengatasi penggerusan pantai. Dari sekitar 10.000 ribu pohon yang ditanam, hanya tersisa sebagian. Sebagian lainnya turut tumbang tergerus gelombang laut.

“Akar pohon cemara udang tidak kuat menahan pasir pantai dari gerusan air laut. Pohon-pohon ini hanya bisa menahan angin,” terang Punijo. Sedangkan, pohon bakau tidak dapat ditanam di tanah berpasir sehingga tidak bisa digunakan di Kuwaru.

Abrasi yang berlangsung sejak 2000 telah menggerus sekitar 75 meter bibir pantai. Lebar pantai yang awalnya sekitar seratus meter sekarang berkurang menjadi 30 meter.

Pantauan Harian Jogja, abrasi berlangsung di sepanjang garis pantai. Hal ini tidak hanya membuat nelayan kesulitan, tapi juga mengancam pariwisata Kuwaru, termasuk warung-warung makan yang berjejer di pinggir pantai.

Beberapa wisatawan yang ditemui mengatakan agak takut berjalan di pinggir karena pantai yang semakin curam setelah abrasi. Padahal, pantai ini merupakan tempat tujuan wisata yang baru berkembang.

“Dua tahun lalu saya kemari, pantai ini masih sepi. Sekarang sudah ramai dan banyak yang berjualan,” ujar Urip, warga Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Dia mengatakan Kuwaru memiliki udara yang lebih sejuk dibanding pantai lainnya karena ada pepohonan cemara udang.

Sarijan, warga Kecamatan Sanden, Bantul menuturkan dia sering datang ke Kuwaru karena banyak pepohonan. “Tapi, saya memang menghindari berjalan terlalu dekat dengan garis pantai, karena terlalu curam dan ombaknya cukup besar,” terang dia.

Editor: | dalam: Bantul |
Iklan Baris
  • Dibutuhkan Terapis

    Dibutuhkan Terapis Pa/Pi Max 27tahun SMP/SMA Gaji UMR Pengalaman Tidak Dibutuhkan Hubungi: 0857 4799 7074…

  • Spesialis Sumur Bor

    Spesialis Sumur Bor, Suntik, Gali, Sedot WC, Saluran Mampet, Servis Pompa Air. Pak Malik Maguwoharjo 082138390…

  • Atasi Tutup Kartu Kredit

    Atasi Tutup Kartu Kredit/ KTA Hanya Bayar 30% Lunas 100% Legal. TINAH 0812 8153 9552…

  • Bisnis Jamur Tiram

    Bisnis Jamur Tiram Baglog Bergaransi. Kami Dampingi, Terima Pelatihan. Hubungi: Rumah Kebun Jamur. (Jalan Mage…

  • Dibutuhkan Koki & Karyawati

    Dibutuhkan Koki & Karyawati Muslim Jujur, Tinggal Di dalam Dirumah Makan Tradisional Usia Max 46th. Hubun…

  • Husodo Massage dan Reflexology

    Husodo Massage dan Reflexology. Terapis Profesional&Pengalaman. Bisa Panggil di Rumah/ Hotel/ Kos. Hub:08…

  • PROMO Canopy

    PROMO Canopy Baja Ringan 170rb/m2. 1 Hari Selesai, Awet, Rapi, Kokoh, GARANSI. BUDI 0819 1524 0674…

  • Shaffa Transport

    Shaffa Transport-Menyewakan Mobil Dengan/Tanpa Sopir, Dalam/Luar Kota. Hubungi: 0274387896, 085103052400, 0878…

  • Butuh Dana Tunai?

    Butuh Dana Tunai? Cair Hari Ini!!! No Survey, Asuransi, Jaminkan BPKB Motor/Mobil,Resmi. Hubungi : 7141115, 08…

  • Butuh Marketing untuk makanan ringan

    Butuh Marketing untuk makanan ringan. SMA,punya kendaraan & SIM C,P/W, siap bekerja keras. Gaji,Uang Tran…

Menarik Juga »