PENDAFTARAN SEKOLAH PLUS Dimulai
Siswa Pilih 1 Sekolah

SOLO–Setiap siswa yang akan mendaftar di SMP plus hanya boleh memilih satu SMP yang ditentukan Disdikpora. Pendaftaran sekolah plus dijadwalkan Rabu-Jumat (27-29/6).

Sekretaris Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Solo, Budi Setiono, mengungkapkan meski berdasarkan sistem klaster yang ditentukan Disdikpora, ada beberapa SMP plus yang pendaftarnya berasal dari SD yang sama, bukan berarti siswa tersebut bisa mendaftar dobel. “Setiap siswa SD hanya boleh mendaftar di satu SMP plus,” tegasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (25/6).

Tahun ini, Pemkot Solo telah menentukan 10 SMP plus. Yaitu SMPN 11, SMPN 12, SMPN 17, SMPN 18, SMPN 20, SMPN 21, SMPN 22, SMPN 24, SMPN 25, SMPN 26.
Saat pendaftaran, ungkap Budi, siswa harus menggunakan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) asli. Oleh karena itu SMP plus yang kebetulan pendaftarnya ditentukan dari beberapa SD yang sama, diminta melakukan kroscek data. Awalnya, kata Budi, penentuan SD yang sama di beberapa SMP plus, bertujuan memberikan pilihan kepada siswa agar memilih sekolah terdekat. “Jadi bukan siswa itu boleh mendaftar di dua sekolah,” katanya.

Ia mencontohkan pendaftar di SMPN 24 dan SMPN 25, ditentukan berasal dari beberapa SD yang sama. Antara lain SDN Mangkubumen Kidul Nomor 16, SDN Bumi 1, SDN Mangkubumen Kulon, SDN Tegalayu, SDN Purwotomo, SDN Tegalsari, SDN Mangkuyudan, SDN Purwosari Kulon.

Jika tidak lolos pada PPDB sekolah plus, ujarnya, siswa tersebut harus mengikuti jalur reguler yang dijadwalkan 2-4 Juli.

Editor: | dalam: Pendidikan |
Iklan Baris
Menarik Juga »