CITILINK
Resmi Lepas dari Garuda, Kini Pakai Kode QG

Sebuah pesawat Citilink hendak mendarat di Bandara Juanda, Surabaya, beberapa waktu lalu. Setelah resmi lepas dari Garuda Indonesia, Citilink kini memiliki kode penerbangan baru yaitu QG, dan tidak lagi menggunakan kode penerbangan Garuda, GA. (JIBI/Bisnis Indonesia/Wahyu Darmawan)Sebuah pesawat Citilink hendak mendarat di Bandara Juanda, Surabaya, beberapa waktu lalu. Setelah resmi lepas dari Garuda Indonesia, Citilink kini memiliki kode penerbangan baru yaitu QG, dan tidak lagi menggunakan kode penerbangan Garuda, GA. (JIBI/Bisnis Indonesia/Wahyu Darmawan)

JAKARTA - Maskapai Citilink Indonesia mulai hari ini resmi menggunakan kode penerbangan baru yakni QG setelah terlepas dari induknya PT Garuda Indonesia Tbk.

“Sejalan dengan efektifnya AOC (air operator certificate) Citilink mulai hari ini, Senin, 30 Juli 2012 , maka mulai hari ini juga Citilink beroperasi sebagai maskapai yang mandiri dan terpisah dari Garuda,” kata VP Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto kepada Bisnis.com, Senin (30/7/2012). Dia menjelaskan Citilink akan mulai menggunakan kode penerbangan QG dan tidak lagi menggunakan kode penerbangan GA. Peralihan itu menandai babak baru industri penerbangan berbiaya murah anak perusahaan Garuda Indonesia.

CEO Citilink Indonesia Arif Wibowo mengaku siap bersaing dengan maskapai lain yang sudah lebih dahulu di kelas low cost carrier (LCC), atau bertarif rendah. Bahkan, tak hanya menyasar segmen LCC, Citilink berencana mengembangkan bisnis penerbangan jarak dekat dengan pesawat baling-baling atau propeller. “Pasar penerbangan Indonesia sangat besar, kami optimistis melihat pasar dan prospek di Indonesia,” kata Arif.

Fokus Domestik
Menurutnya, dengan pendapat per kapita Indonesia di atas US$3.500, begitu pendapatan mendekati US$ 5.000, penumpang perjalanan dengan pesawat udara akan terus berlipat ganda. Selain itu jika pertumbuhan ekonomi 6%-7%, pertumbuhan lalu lintas udara domestik Indonesia juga akan naik dua kali lipat, atau sekitar 14%.

“Kami akan fokus rute domestik pada tahun ini. Pada tahun depan akan masuk regional yang maksimal menempuh maksimal 3 jam perjalanan, yakni Singapura, Kuala Lumpur, Penang, dan Australia selatan,” kata Arif.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan Citilink Indonesia akan terbangi 70 rute domestik dan 16 rute regional. Saat ini Citilink mengoperasikan 14 unit pesawat dan akhir tahun menjadi 20 unit, bahkan seiring dengan program Quantum Leap Garuda Indonesia selaku induk perusahaan, Citilink pada 2015 akan mengoperasikan 50 pesawat, sehingga total dengan Garuda menjadi 194 unit.

Pada 2011, lanjut Emirsyah, Citilink sudah menerbangkan 1,6 juta penumpang, sehingga total dengan Garuda menjadi 17,1 juta penumpang dan pada 2015 ditarget total 45,5 juta pernumpang dengan Citilink 16,4 juta. “Strategi Garuda adalah memperkuat dominasi pasar dengan mengembangkan Citilink sebagai LCC,” ucapnya.

Emirsyah mengatakan Citilink sebagai LCC akan menyasar pasar orang-orang yang biasanya tidak naik pesawat, atau yang naik kereta api seiring semakin kuatnya daya beli masyarakat. Sedangkan Garuda, sebagai maskapai dengan layanan penuh atau full services akan berbeda pasarnya.

Editor: | dalam: Ekonomi |
Iklan Baris
  • Oper kredit honda new city

    Oper Kredit Honda New City V TEC 2004 uang muka 25juta Angsuran 2,7×39 Hubungi: Morri…

  • Dibutuhkan desainer web

    Dibutuhkan Segera Orang Yang Menguasai Komputer Khususnya WEB & Desain Konveksi&…

  • Dibutuhkan karyawan alfa decor

    Dibutuhkn Karyawan&Karyawati Ada Gaji+Komisi Hubungi ALFA DECOR Jl.Mentri Supeno No.1…

  • pasang gigi dan bahel

    Pasang Gigi&Behel Berkwalitas&Bergaransi Harga@50ribu@100ribu, MAS EKO: 08157894…

  • Agen resmi umroh haji

    Mau Berangkat Umroh Tanpa Kendala Biaya? Mau Punya Agen Resmi& Penghasilan Puluhan ju…

  • Optik natural

    OPTIK NATURAL Melayani Cek Mata Panggilan,konsultasi. Jl.Rajawali Ngebel RT 6 (Belakang UM…

  • Optik Aruni

    OPTIK ARUNI. Melayani: cek mata panggilan,konsultasi,JL.Letjend.Suprapto, No 1(utara kanto…

  • Ready baja ringan

    Ready Baja Ringan CNP75.075 Asli, Ukuran Nyata,SNI,Barang bagus Harga:69ribu Beli Partai l…

  • Dicari tukang sablon kaos

    Dibutuhkan tukang sablon untuk konveksi, kaos, jaket, seragam.Gaji UMR+uang lembur.Hubungi…

  • Program toyota DP murah

    Program Toyota Gebyar Awal Tahun DP Ringan Angsuran Rendah Kredit Tanpa Telakan. Info: AMI…

Menarik Juga »