KOMUNITAS
Kaki Jogja Kampanyekan Peduli Pedestrian

JANGAN REBUT HAK PEJALAN KAKI--Anak-anak yang tergabung dalam Keluarga Ramah Lingkungan Selamatkan Bumi (Kerling BUMI) berjalan kaki dari kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota menuju SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam acara peluncuran Reclaiming Hak-hak Pejalan Kaki, 2 Maret lalu.(JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)JANGAN REBUT HAK PEJALAN KAKI--Anak-anak yang tergabung dalam Keluarga Ramah Lingkungan Selamatkan Bumi (Kerling BUMI) berjalan kaki dari kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota menuju SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam acara peluncuran Reclaiming Hak-hak Pejalan Kaki, 2 Maret lalu.(JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Seiring gerakan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) dalam memelopori peningakatan fungsi trotoar untuk pejalan kaki, kembali muncul gerakan pejalan kaki. Salah satu yang mulai eksis lagi yakni Komunitas Pejalan Kaki (Kaki) Jogja.

Kaki merupakan kelompok warga yang memiliki semangat mencintai gerakan jalan kaki. Melalui wadah komunitas, kelompok biasa berjalan kaki pada waktu tertentu. “Kami juga sekaligus kampanye peduli dengan pedestrian dan lingkungan,” kata anggota Kaki, Budi Susandi di kawasan Bundaran UGM, belum lama ini.

Budi mengatakan, alasan komunitas terbentuk berawal karena adanya kegelisahan sejumlah pejalan kaki di berbagai kota dan terutama di Jogja. Apalagi, di Jogja banyak fasilitas pejalan kaki justru digunakan untuk lahan berdagang dan parkir kendaraan bermotor.

Budi menceritakan, komunitas pejalan kaki mulai dibentuk pada 1 November tahun lalu. Komunitas yang ada awalnya berkampanye pengembalian fungsi trotoar di Jogja. Selanjutnya, kini kegiatan dilakukan untuk berkumpul, diskusi, dan tentu saja jalan kaki pada agenda-agenda tertentu.

Komunitas yang ada, lanjutnya, diawali lewat media sosial dan langsung mendapat respons positif dengan banyaknya pengikut. “Karena baru forum dan pertemanan, secara rinci belum ada pengorganisasian yang detail, banyak obrolan juga dilakukan via facebook,” kata Budi.

Pegiat Kaki, Muhibbuddin Ahmad menyatakan, komunitas memiliki tujuan menjadikan jalan kaki sebagai gaya hidup sehat, aman dan nyaman bagi masyarakat. “Untuk memperkenalkan pada publik kami menyelenggarakan aksi kampanye dan gerakan jalan kaki,” kata dia.

Ahmad menyatakan, komunitas tersebut tidak membatasi anggota. Siapapun boleh berpartisipasi dalam kegiatan dan bahkan mengajak teman-teman dan kerabatnya untuk ikut dalam gerakan.

Selain memasyarakatkan kegiatan lewat media sosial dan gerakan nyata berjalan kaki dalam berbagai kesempatan, kelompok pegiat juga melakukan mediasi dan dukungan pada pemenuhan hak pejalan kaki di trotoar yang dikelola Pemerintah Kota Jogja. Ahmad mengaku, gerakan kampanye setidaknya sudah pernah dilakukan dua kali dan mengundang beberapa pejabat Pemkot. Bahkan dikatakan, Kaki turut mendukung Jogja sebagai daerah yang bersiap menjadi walkability city atau kota layak pejalan kaki.

Dari aksi nyata itu, setidaknya telah membuahkan hasil yakni perbaikan trotoar di beberapa ruas jalan di kota Jogja seperti di Jalan Hayam Wuruk dan kawasan Malioboro. “Yang pasti kami terus menciptakan kota yang nyaman khususnya bagi pejalan kaki dengan penyediaan fasilitas yang memadai,” pungkasnya.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Iklan Baris
  • Lowongan 4 SPG

    Lowongan 4 SPG/Assistant& 2 Admin/Kasir. Minimal SLTP/SLTA. Alamat Prima Textile Jalan Gejayan No.4 (sela…

  • Sedot WC Bersih

    Sedot WC Bersih, Saluran Air, Wastafel dll, Armada Tanki. Ringroad Hubungi: 085101428993/085729400769 Murah, B…

  • Honda City-Vteck 2007

    Honda City-Vteck 2007 Tangan 1 An.Sendiri AB-E Terawat Mulus Hubungi 082136633389…

  • Ahli sumur/ Sedot wc

    Ahli sumur/ Sedot wc, SUKADI, NGLIPAR, hubungi. 081 804 060 050…

  • Jual Tanah SHM L1711m

    Butuh Uang,Jual Tanah SHM L1711m,Lokasi Di Puncak Gunung Sempu Bantul, Pinggir Jalan Aspal,diHUUK. Hubungi: 08…

  • Jual Rumah LT461m

    Jual Rumah LT461m, LB260m KT dalam 3m KT luar 1,KM Dlm 3, KM Luar 1. Gudang, Mushola, Garasi 3 Mobil Taman Lam…

  • BUTUH UANG, Jual Tanah

    BUTUH UANG, Jual Tanah SHMP 225/450LD 15×30:2MK Utara Jogja Bay,Stadion Maguwoharjo, USD,Unriyo. Hubungi…

  • Dikontrakkan Rumah 2 Lantai Dekat Jogja Bay

    Dikontrakkan Rumah 2 Lantai Dekat Jogja Bay& Stadion Maguwoharjo. 3Kamar Tidur, 2Kamar Mandi, Listrik 220…

  • Cocok untuk Kuliner

    Dikontrakkan Ruang Usaha Di Belakang Lippo Plaza, Dilingkungan Kos-kosan, Cocok untuk Kuliner. Hubungi: 087839…

  • Butuh Terapis Spa Salon

    Butuh Terapis Spa Salon Wanita maximal 28tahun,Menarik. Pengalaman Minimal 1tahunn+SMK Kecantikan. Jalan Paris…

468x60 ad code [Channel Inner]
Menarik Juga »