KOMUNITAS
Kaki Jogja Kampanyekan Peduli Pedestrian

JANGAN REBUT HAK PEJALAN KAKI--Anak-anak yang tergabung dalam Keluarga Ramah Lingkungan Selamatkan Bumi (Kerling BUMI) berjalan kaki dari kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota menuju SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam acara peluncuran Reclaiming Hak-hak Pejalan Kaki, 2 Maret lalu.(JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)JANGAN REBUT HAK PEJALAN KAKI--Anak-anak yang tergabung dalam Keluarga Ramah Lingkungan Selamatkan Bumi (Kerling BUMI) berjalan kaki dari kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota menuju SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam acara peluncuran Reclaiming Hak-hak Pejalan Kaki, 2 Maret lalu.(JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Seiring gerakan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) dalam memelopori peningakatan fungsi trotoar untuk pejalan kaki, kembali muncul gerakan pejalan kaki. Salah satu yang mulai eksis lagi yakni Komunitas Pejalan Kaki (Kaki) Jogja.

Kaki merupakan kelompok warga yang memiliki semangat mencintai gerakan jalan kaki. Melalui wadah komunitas, kelompok biasa berjalan kaki pada waktu tertentu. “Kami juga sekaligus kampanye peduli dengan pedestrian dan lingkungan,” kata anggota Kaki, Budi Susandi di kawasan Bundaran UGM, belum lama ini.

Budi mengatakan, alasan komunitas terbentuk berawal karena adanya kegelisahan sejumlah pejalan kaki di berbagai kota dan terutama di Jogja. Apalagi, di Jogja banyak fasilitas pejalan kaki justru digunakan untuk lahan berdagang dan parkir kendaraan bermotor.

Budi menceritakan, komunitas pejalan kaki mulai dibentuk pada 1 November tahun lalu. Komunitas yang ada awalnya berkampanye pengembalian fungsi trotoar di Jogja. Selanjutnya, kini kegiatan dilakukan untuk berkumpul, diskusi, dan tentu saja jalan kaki pada agenda-agenda tertentu.

Komunitas yang ada, lanjutnya, diawali lewat media sosial dan langsung mendapat respons positif dengan banyaknya pengikut. “Karena baru forum dan pertemanan, secara rinci belum ada pengorganisasian yang detail, banyak obrolan juga dilakukan via facebook,” kata Budi.

Pegiat Kaki, Muhibbuddin Ahmad menyatakan, komunitas memiliki tujuan menjadikan jalan kaki sebagai gaya hidup sehat, aman dan nyaman bagi masyarakat. “Untuk memperkenalkan pada publik kami menyelenggarakan aksi kampanye dan gerakan jalan kaki,” kata dia.

Ahmad menyatakan, komunitas tersebut tidak membatasi anggota. Siapapun boleh berpartisipasi dalam kegiatan dan bahkan mengajak teman-teman dan kerabatnya untuk ikut dalam gerakan.

Selain memasyarakatkan kegiatan lewat media sosial dan gerakan nyata berjalan kaki dalam berbagai kesempatan, kelompok pegiat juga melakukan mediasi dan dukungan pada pemenuhan hak pejalan kaki di trotoar yang dikelola Pemerintah Kota Jogja. Ahmad mengaku, gerakan kampanye setidaknya sudah pernah dilakukan dua kali dan mengundang beberapa pejabat Pemkot. Bahkan dikatakan, Kaki turut mendukung Jogja sebagai daerah yang bersiap menjadi walkability city atau kota layak pejalan kaki.

Dari aksi nyata itu, setidaknya telah membuahkan hasil yakni perbaikan trotoar di beberapa ruas jalan di kota Jogja seperti di Jalan Hayam Wuruk dan kawasan Malioboro. “Yang pasti kami terus menciptakan kota yang nyaman khususnya bagi pejalan kaki dengan penyediaan fasilitas yang memadai,” pungkasnya.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Iklan Baris
  • ahli sumur bor

    AHLI SUMUR/ SEDOT WC, SUKADI, NGLIPAR, HUB. 081 804 060 050…

  • dibutuhkan karyawan kantor

    Dibutuhkan Karyawan Kantor,Pria/Wanita Usia max 23Tahun,Siap Kerja Lapangan, Minimal SMA/S…

  • tanah disewakan

    Tanah 330M Lokasi Bugisan Prambanan. Hubungi: 087739216357/085743512456…

  • terima kos putri

    Terima Kos Putri/Karyawati 200ribu/bulan. No HP. 081931199727…

  • CV Mitra Mandiri Grup

    Daftrkn Diri Anda Sekarang Juga! CV. Mitra Mandiri Group membuka lowongan: 1.SPG(Wanita/Pr…

  • Kijang LGX

    Kijang LGX 97 Biru AB Kota Pajak Panjang Languns Pemilik. H:087739216357…

  • kredit jaminan BPKB

    Kredit Jaminan BPKB Motor/Mobil Cukup KTP,KK,1 Jam Cair No Bicek No Survey Pendatang Ok Sm…

  • grand livina, juke, march

    Mobil Baru, Grand Livina XV 183 jutaan, Juke, March, Serena. Hubungi: 0852.9256.4723 / BB.

  • spesialis sumur bor

    Spesialis Sumur Bor 0-100M, Timba, Peresapan dan Service Pompa. Hubungi: PAK ARI 087839448…

  • Dibeli rumah

    Dibeli rumah:yang mau dilelang bank/turun waris/pemiliknya mau cerai 0274.7155840/08783966…

Menarik Juga »