KOMUNITAS
Kaki Jogja Kampanyekan Peduli Pedestrian

JANGAN REBUT HAK PEJALAN KAKI--Anak-anak yang tergabung dalam Keluarga Ramah Lingkungan Selamatkan Bumi (Kerling BUMI) berjalan kaki dari kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota menuju SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam acara peluncuran Reclaiming Hak-hak Pejalan Kaki, 2 Maret lalu.(JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)JANGAN REBUT HAK PEJALAN KAKI--Anak-anak yang tergabung dalam Keluarga Ramah Lingkungan Selamatkan Bumi (Kerling BUMI) berjalan kaki dari kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota menuju SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam acara peluncuran Reclaiming Hak-hak Pejalan Kaki, 2 Maret lalu.(JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Seiring gerakan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) dalam memelopori peningakatan fungsi trotoar untuk pejalan kaki, kembali muncul gerakan pejalan kaki. Salah satu yang mulai eksis lagi yakni Komunitas Pejalan Kaki (Kaki) Jogja.

Kaki merupakan kelompok warga yang memiliki semangat mencintai gerakan jalan kaki. Melalui wadah komunitas, kelompok biasa berjalan kaki pada waktu tertentu. “Kami juga sekaligus kampanye peduli dengan pedestrian dan lingkungan,” kata anggota Kaki, Budi Susandi di kawasan Bundaran UGM, belum lama ini.

Budi mengatakan, alasan komunitas terbentuk berawal karena adanya kegelisahan sejumlah pejalan kaki di berbagai kota dan terutama di Jogja. Apalagi, di Jogja banyak fasilitas pejalan kaki justru digunakan untuk lahan berdagang dan parkir kendaraan bermotor.

Budi menceritakan, komunitas pejalan kaki mulai dibentuk pada 1 November tahun lalu. Komunitas yang ada awalnya berkampanye pengembalian fungsi trotoar di Jogja. Selanjutnya, kini kegiatan dilakukan untuk berkumpul, diskusi, dan tentu saja jalan kaki pada agenda-agenda tertentu.

Komunitas yang ada, lanjutnya, diawali lewat media sosial dan langsung mendapat respons positif dengan banyaknya pengikut. “Karena baru forum dan pertemanan, secara rinci belum ada pengorganisasian yang detail, banyak obrolan juga dilakukan via facebook,” kata Budi.

Pegiat Kaki, Muhibbuddin Ahmad menyatakan, komunitas memiliki tujuan menjadikan jalan kaki sebagai gaya hidup sehat, aman dan nyaman bagi masyarakat. “Untuk memperkenalkan pada publik kami menyelenggarakan aksi kampanye dan gerakan jalan kaki,” kata dia.

Ahmad menyatakan, komunitas tersebut tidak membatasi anggota. Siapapun boleh berpartisipasi dalam kegiatan dan bahkan mengajak teman-teman dan kerabatnya untuk ikut dalam gerakan.

Selain memasyarakatkan kegiatan lewat media sosial dan gerakan nyata berjalan kaki dalam berbagai kesempatan, kelompok pegiat juga melakukan mediasi dan dukungan pada pemenuhan hak pejalan kaki di trotoar yang dikelola Pemerintah Kota Jogja. Ahmad mengaku, gerakan kampanye setidaknya sudah pernah dilakukan dua kali dan mengundang beberapa pejabat Pemkot. Bahkan dikatakan, Kaki turut mendukung Jogja sebagai daerah yang bersiap menjadi walkability city atau kota layak pejalan kaki.

Dari aksi nyata itu, setidaknya telah membuahkan hasil yakni perbaikan trotoar di beberapa ruas jalan di kota Jogja seperti di Jalan Hayam Wuruk dan kawasan Malioboro. “Yang pasti kami terus menciptakan kota yang nyaman khususnya bagi pejalan kaki dengan penyediaan fasilitas yang memadai,” pungkasnya.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Iklan Baris
  • Atasi Tutup Kartu Kredit

    Atasi Tutup Kartu Kredit/ KTA Hanya Bayar 30% Lunas 100% Legal. TINAH 0812 8153 9552…

  • Shaffa Transport

    Shaffa Transport-Menyewakan Mobil Dengan/Tanpa Sopir, Dalam/Luar Kota. Hubungi: 0274387896, 085103052400, 0878…

  • Bisnis Jamur Tiram

    Bisnis Jamur Tiram Baglog Bergaransi. Kami Dampingi, Terima Pelatihan. Hubungi: Rumah Kebun Jamur. (Jalan Mage…

  • PROMO Canopy

    PROMO Canopy Baja Ringan 170rb/m2. 1 Hari Selesai, Awet, Rapi, Kokoh, GARANSI. BUDI 0819 1524 0674…

  • Dibutuhkan Terapis

    Dibutuhkan Terapis Pa/Pi Max 27tahun SMP/SMA Gaji UMR Pengalaman Tidak Dibutuhkan Hubungi: 0857 4799 7074…

  • Spesialis Sumur Bor

    Spesialis Sumur Bor, Suntik, Gali, Sedot WC, Saluran Mampet, Servis Pompa Air. Pak Malik Maguwoharjo 082138390…

  • Butuh Dana Tunai?

    Butuh Dana Tunai? Cair Hari Ini!!! No Survey, Asuransi, Jaminkan BPKB Motor/Mobil,Resmi. Hubungi : 7141115, 08…

  • Husodo Massage dan Reflexology

    Husodo Massage dan Reflexology. Terapis Profesional&Pengalaman. Bisa Panggil di Rumah/ Hotel/ Kos. Hub:08…

  • Butuh Marketing untuk makanan ringan

    Butuh Marketing untuk makanan ringan. SMA,punya kendaraan & SIM C,P/W, siap bekerja keras. Gaji,Uang Tran…

  • Dibutuhkan Koki & Karyawati

    Dibutuhkan Koki & Karyawati Muslim Jujur, Tinggal Di dalam Dirumah Makan Tradisional Usia Max 46th. Hubun…

Menarik Juga »