ARUS BALIK MUDIK ke Jakarta Masih Sepi

ilustrasi (Bisnis/Rachman)ilustrasi (Bisnis/Rachman)

JAKARTA--Memasuki H+2 libur Lebaran belum tampak pergerakan arus balik dari berbagai daerah menuju Jakarta. Walaupun situasi di Stasiun Pasar Senen masih terlihat ramai oleh para penumpang, namun sebagian besar dari mereka adalah penumpang yang kembali ke daerah masing-masing seusai berlibur di ibukota.

“Masih banyak yang pergi keluar daerah. Ada yang karena kemarin tidak kebagian tiket, ada pula yang memang sengaja mudik usai Lebaran, bahkan ada juga yang memang mereka berliburnya di Jakarta,” ujar Kepala Humas PT KAI DAOP I Jakarta Mateta Rijalulhaq di Jakarta, Selasa (21/8/2012.

Mateta menegaskan puncak untuk arus balik diprediksi terjadi pada H+5 dan H+6 seperti yang sudah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. “Biasanya sih kalo nggak H+5 ya H+6, soalnya Senin aktivitas pekerjaan juga sudah kembali normal,” ujarnya.

Meski arus balik belum tampak ramai, namun Mateta menjelaskan sudah ada sekitar 45 ribu orang kembali ke Jakarta sejak H+1 hingga Selasa (21/8) siang. Jumlah tersebut dipastikan akan terus meningkat seiring habisnya masa libur Lebaran.

Sejauh ini, lanjut Mateta, PT KAI mencatat jumlah pemudik yang menggunakan kereta api sebagai alat transportasi mudik cukup tinggi yaitu 257.784 orang.

Dia menyebutkan, jumlah pemudik tersebut diberangkatkan dari berbagai stasiun di Jakarta, ke berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. “Jawa Tengah masih menjadi tujuan terbanyak,” tegasnya.

Editor: | dalam: Info Mudik,News |


Iklan Cespleng
Menarik Juga ยป