PILKADA JAKARTA
Amien Berbicara, Warga Bereaksi

Amien RaisAmien Rais (Dokumentasi)

SOLO—Dewan Penasihat Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga pendiri PAN, Amien Rais, dalam Agustus ini dua kali membuat pernyataan soal Pilkada Jakarta.

Kontan saja pernyataan Amien yang memberi penilaian terhadap salah satu Cagub DKI Jakarta yang juga Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), memunculkan reaksi warga. Termasuk, tanggapan warga yang dilontarkan di Solopos.com.

Dalam catatan Solopos.com, dua kali Amien yang juga pria kelahiran Solo ini memberikan komentar. Pertama seusai acara buka bersama di kediaman Rumah Dinas Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, di Jakarta, Senin (6/8/2012) malam, Amien menilai prestasi Jokowi belum spektakuler. (Baca PILKADA JAKARTA: Amien Rais: Jokowi Belum Spektakuler).

Amien menilai prestasi Jokowi biasa saja. Hal ini bisa dilihat, kata dia, dari permasalahan macet dan kemiskinan yang belum teratasi.  “Saya sebagai orang Solo saya kembalikan kepada warga Jakarta sebaiknya memang direnungkan lebih cermat, karena yang ditentukan di kotak suara itu untuk lima tahun masa depan jakarta,” tutur Amien saat itu.

Pernyataan yang tak jauh beda diungkapkan Amien Rais di sela-sela silaturahmi dengan keluarga besarnya di Bekonang, Sukoharjo, Selasa (21/8/2012). Sebuah situs berita nasional menuliskan dalam pertemuan itu Amien menyebutkan selama Jokowi memimpin angka kemiskiman meningkat.  Termasuk mengenai predikat wali kota terbaik, Amien Rais menilai hal tersebut justru menyesatkan.

Tentu saja dua kali pernyataan pria yang juga mendapat julukan sebagai Bapak Reformasi itu ditanggapi beragam di media online maupun situs jejaring sosial seperti Twitter.

Seperti diungkapkan akun @emanasetiawan, “Waduh gmana pimpin Jakarta yah? Amien rais: dipimpin jokowi solo makin miskin”

Ada juga yang member komentar @soegiiiiih, “fakta apa mencela?”

Ada juga yang berkomentar @kalatida, “Harusnya Amien Rais juga bicara tentang kebusukan Foke. Tendensius kalau dia cuma mengomentari Jokowi “

Tak hanya di Twitter yang saling serang di Solopos.com, beberapa pengunjung pun ikut memberi komentar.

“Tidak dinyana bahwa P. Amien komentarnya cenderung mendiskreditkan atau menggambarkan jiwa yang kerdil itu hanya karena saking menggebu ikut jagonya P. Hata R.tetapi sangat disayangkan sebagai orang besar dari Solo tapi tidak ada sumbangsih untuk kotanya…” ujar Arek Suramadu.

“Sangat prihatin dengan yang terhormat Bp Amien Rais, sungguh engkau aniaya dengan kaummu sendiri demi meraih sesuatu yang kau inginkan…” komen Agasatar.

Zandy, “maaf pak amin,kata2 anda tdk mencerminkan orang yg bijaksana.”

Sebagian besar komentar yang masuk, menilai pernyataan Amien Rais tidak pas. Sebagaimana diberitakan sebelumnya Ketum PAN Hatta Rajasa menegaskan partainya solid mendukung pasangan Foke-Nara dalam Pilkada Jakarta. Nah, bagaimana menurut Anda?

Editor: | dalam: News,Pilkada,Solo |


Iklan Cespleng
Menarik Juga »