PILKADA JATENG
PDIP Tak Khususkan Satu Cagub

Megawati (JIBI/SOLOPOS/dok)Megawati (JIBI/SOLOPOS/dok)

JAKARTA–Kasak-kusuk jelang Pemilih Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) sudah mulai terjadi. Kali ini datang dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pimpinan Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa Megawati tidak akan mengkhususkan restunya kepada seorang calon tertentu. Menurut Tjahjo, pimpinannya itu akan membebaskan dan menyerahkan perihal pencalonan pada mekanisme pemilihan bakal calon yang partainya.

“Ibu Megawati selalu berpegang pada proses dan tahapan-tahapan mekanisme partai. Tidak ada restu tertentu karena keputusan dibahas dalam pleno DPP dan tahapan fit and proper terakhir sebagai bagian dari keputusan akhir,” kata Tjahjo di Jakarta, Selasa (4/9/2012).

Tjahjo juga menepis anggapan dan isu yang beredar bahwa Megawati telah memberikan restunya kepada Wagub Jateng Rustriningsih sebagai calon gubernur dari partai berlambang kepala banteng tersebut.

Lanjut Tjahjo, isu tersebut beredar pascapertemuan antara Megawati dengan Rustriningsih, pekan lalu dalam acara halalbihalal PDIP. Ia menegaskan bahwa pertemuan tersebut hanyalah pangajuan izin dari Rustriningsih kepada Megawati untuk maju sebagai cagub dalam Pilgub Jateng 2013.

“Tidak ada restu khusus kepada seorang calon. Ibu Rustriningsih hanya meminta izin untuk mencalonkan diri. Sedangkan Ibu Megawati sebagai ketua umum mempersilakan, akan tetapi semuanya diserahkan kepada mekanisme partai,” tegas Tjahjo.

Anggota Komisi I DPR itu mengatakan, siapa pun calon ingin maju di Pilgub Jateng 2013, harus mengikuti sejumlah tahapan, antara lain pendaftaran, penyaringan administrasi, penjaringan lewat survei dan wawancara.

“Ada mekanisme partai yang mesti dilewati sebelum diambil keputusan,” tegasnya.

Hingga saat ini tiga nama telah masuk dalam bursa pencalonan gubenur Jateng melalui PDIP. Rustriningsih telah menyatakan siap. Selain Rustriningsih ada juga incumbent Bibit Waluyo, ditambah juga pengusaha jamu asal Cilacap, Siti Fatimah yang juga telah mengambil formulir pencalonan di PDIP.

Editor: | dalam: Tak Berkategori |
Iklan Baris
Menarik Juga ยป