Kemenhub Bangun Akademi Perkeretaapian di Madiun, Mulai Buka 2013

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

JAKARTA – Makin meningkatnya kebutuhan sumber daya manusia bidang perkeretaapian membuat Kementerian Perhubungan membuka Akademi Perkeretaapian di Madiun, Jawa Timur. Akademi itu rencananya akan mulai menerima pendaftaran siswa pada 2013 untuk kelas teknis.

“Kami membutuhkan hingga sekitar 500 orang setiap tahunnya dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM di bidang perkeretaapian,” kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan dalam pernyataan dari Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Rabu (26/9/2012). Namun, menurut dia, dengan prasarana dan sarana yang masih belum memadai seperti kondisi gedung yang masih baru dan belum dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, maka para pengelola diharapkan agar dapat mengantisipasi guna dapat tetap menjalankan kegiatan pendidikan dengan baik.

Berdasarkan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional, kebutuhan SDM bidang perkeretaapian hingga tahun 2030 diperkirakan membutuhkan hingga sekitar 1.720 orang di perkeretaapian bidang regulator seperti pada posisi perencana administrasi, penguji sarana, penguji prasarana dan inspektur atau auditor.

Sedangkan untuk SDM operator dibutuhkan sekitar 78.740 orang antara lain untuk mengisi posisi manajerial, operator sarana dan operator prasarana. “Dengan kebutuhan yang tinggi, akademi perkeretaapian mutlak dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan akan SDM perkeretaapian yang sangat tinggi,” katanya. Akademi Perkeretaapian dibangun di tanah seluas 18,13 hektar yang dihibahkan oleh Pemerintah Kota Madiun kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM) Kementerian Perhubungan pada tahun 2010 lalu.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kemenhub Anton S Tampubolon mengatakan, Akademi Perkeretaapian Madiun akan dibangun dalam enam tahap. Anton memaparkan, tahap pertama pada tahun 2011 telah dilakukan pekerjaan pematangan lahan, pembuatan pagar keliling, dan pembangunan gedung rektorat setinggi tiga lantai.

Sedangkan tahap ke dua pada 2012 sedang berlangsung pembangunan gedung kelas, asrama, poliklinik, ruang makan dan laundry, serta infrastruktur jalan (jalan parkir, listrik, drainase). Kemudian untuk tahap ke tiga pada 2013 akan dibangun stasiun simulasi, auditorium, sportcenter dan jalur kereta api simulator yang mengelilingi kompleks akademi yang digunakan sebagai latihan bagi para taruna. Untuk berbagai tahapan selanjutnya yaitu tahap 4 (2014) dan tahap 5 (2015) serta tahap 6 (2016) hanya tinggal melengkapi sejumlah fasilitas tambahan.

Kepala Badan Pengembangan SDM Kemenhub, Bobby R.Mamahit mengatakan, anggaran APBN senilai Rp300 miliar telah dialokasikan secara bertahap untuk masa empat tahun kerja di tahap pertama pembangunan.

Editor: | dalam: Pendidikan |
Iklan Baris
  • Jual Rumah LT461m

    Jual Rumah LT461m, LB260m KT dalam 3m KT luar 1,KM Dlm 3, KM Luar 1. Gudang, Mushola, Garasi 3 Mobil Taman Lam…

  • Lowongan 4 SPG

    Lowongan 4 SPG/Assistant& 2 Admin/Kasir. Minimal SLTP/SLTA. Alamat Prima Textile Jalan Gejayan No.4 (sela…

  • Ahli sumur/ Sedot wc

    Ahli sumur/ Sedot wc, SUKADI, NGLIPAR, hubungi. 081 804 060 050…

  • GALLERY STEEF

    GALLERY STEEF. Terima pesanan lukisan photo wajah/ hewan dll. Alamat Tegalsari Siraman Wonosari. Hubungi: 0878…

  • Sedot WC Bersih

    Sedot WC Bersih, Saluran Air, Wastafel dll, Armada Tanki. Ringroad Hubungi: 085101428993/085729400769 Murah, B…

  • BENGKEL JANTUNG,

    BENGKEL JANTUNG, Asam Lambung, Lemah Sahwat, Diabet, Saraf Kejepit(Tarif 300rb) Hubungi: Ir.Agus Parjito/ 0878…

  • Butuh Terapis Spa Salon

    Butuh Terapis Spa Salon Wanita maximal 28tahun,Menarik. Pengalaman Minimal 1tahunn+SMK Kecantikan. Jalan Paris…

  • Special Rangka Atap Baja Ringan

    Special Rangka Atap Baja Ringan, Galvalum& Canopy, SNI, Free Ukur, Garansi 10tahun. Jaya Baja Truss. Telf…

  • Dijual Tanah+Rumah

    Dijual Tanah+Rumah L:342m2, 600juta nego. SHM,listrik 1300 watt, air PAM, HUK, Tegalmulyo Kepek Wonosari. Hubu…

  • Dikontrakkan Rumah 2 Lantai Dekat Jogja Bay

    Dikontrakkan Rumah 2 Lantai Dekat Jogja Bay& Stadion Maguwoharjo. 3Kamar Tidur, 2Kamar Mandi, Listrik 220…

468x60 ad code [Channel Inner]
Menarik Juga »