Panjer, Tradisi Lestari di Pasar Hewan Gunungkidul

Suasana pasar sapi dan kambing di Pasar hewan Munggi Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Senin (22/10/2012). (Endro Guntoro/JIBI/Harian Jogja)Suasana pasar sapi dan kambing di Pasar hewan Munggi Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Senin (22/10/2012). (Endro Guntoro/JIBI/Harian Jogja)

Bagaimana caranya agar hewan ternak incaran yang hendak dibeli di pasar hewan tidak dibeli orang lain? Salah satu caranya adalah dengan cara di-panjer. Tradisi lama yang masih lestari hingga kini.

Pada suatu ketika, Nasrip, 50, pedagang sapi di Pasar Hewan Siyono sedang menjajakan sapinya. Seorang calon pembeli datang. Dia naksir dengan salah satu hewan yang dijajakan Nasrip.

Calon pembeli itu hendak menahan agar sapi Nasrip itu tidak dibeli oleh orang lain. Bagaimana caranya? Si calon pembeli memberi sekeping uang Rp 500 agar sapi seharga jutaan rupiah itu tidak jatuh ke tangan orang lain.

“Tidak hanya Rp 500, tapi terkadang juga Rp 2000, Rp 5000 sampai Rp 10.000,” kata Nasrip kepada Harian Jogja, Senin (22/10/2012) di Pasar Hewan Siyono, Kecamatan Playen. Sekeping uang itu dianggap sebagai tali-rembug.

Tali rembug adalah semacam “agunan” yang harganya tidak setara dengan barang yang hendak dibeli. Pedagang sapi seperti Nasrip akan menjual sapi dagangannya kepada orang lain karena telah dipanjer. Atas dasar apa? Semata-mata kepercayaan.

“Kalau sampai dijual ke orang lain bakal dapat masalah,” kata Nasrip. Masalah itu seperti cekcok antara pedagang dan calon pembeli. Bisa jadi calon pembeli merasa kepercayaan yang telah diberikan tidak dihargai.

Tali rembug itu semacam jalinan kepercayaan antara pembeli dan penjual. Apabila panjeran ditarik oleh calon pembeli, misalnya tidak jadi beli, hewan itu dapat diperjualbelikan kepada orang lain.

Sejak kapan pola transaksi unik seperti ini berlangsung? Pedagang sapi lainnya, Zaini, 45, warga Desa Getas, Kecamatan Playen mengatakan pola seperti ini sudah ada sejak pasar hewan Siyono berdiri.

Menurutnya, tradisi seperti ini juga tidak hanya ada di Siyono, tapi juga di Pasar Hewan Munggi (Semanu) sampai pasar hewan Prambanan (Sleman). “Pokoknya sudah lama sekali. Simbah-simbah dulu juga seperti ini,” katanya.

Pasar Hewan Siyono buka setiap Wage pada penanggalangan Jawa (seperti Senin kemarin). Sedangkan, Pasar Hewan Munggi buka setiap tanggal Kliwon. Pasar hewan ini semakin ramai menjelang hari raya Iduladha pada Jumat (25/1/2012) besok.

Tapi, ada pula pedagang yang menganggap panjer itu dilakukan apabila negoisasi sudah mencapai kesepakatan. Artinya, hewan ternak sudah pasti dibeli, lalu koin panjer diberikan untuk mengkrangkeng target.

Tidak ada pemahaman tunggal tentang konsep panjer-memanjer ini. Zaini mengatakan seiring perkembangan zaman, calon pembeli terkadang tidak hanya memanjer dengan sekeping logam, tapi juga kunci sepeda motor. Waduh….

Editor: | dalam: Gunung Kidul |

Berita Terkait

Iklan Baris
  • Optik natural

    OPTIK NATURAL hadir untuk anda cek mata, konsultasi GRATIS terima panggilan Hubungi : 0877…

  • Dicari bagian administrasi

    Dicari karyawati bagian Administrasi perkantoran syarat jujur,disiplin tanggungjawab minim…

  • Spesialis cetak nota

    Spesialis Cetak Nota NCR 90ribu/RIM& Undangan Nikah Mulai Rp.1100 Hubungi: 0856432642…

  • Dana tunai jaminan BPKB

    Dana Tunai Jaminan BPKB Motor/ Mobil Proses Cepat Bunga Ringan Tenor 1tahun-5tahun. Buktik…

  • Pasang dan servis CCTV

    SainStek, Pasang&Servis CCTV,PABX,FAX,SLT dan lain lain. Jl.Prof Yohanes 1112 Hubungi…

  • bantu tutup kartu kredit

    Bantu tutup kartu kredit/KTA. Hanya bayar 30% dari tagihan terakhir, 100% Legal dan aman.

  • Optik Aruni

    OPTIK ARUNI. Melayani: cek mata panggilan,konsultasi,JL.Letjend.Suprapto, No 1(utara kanto…

  • Dijual mitsubishi

    Dijual Mitsubishi FE 349 Truck 2005 AB-AN dan Mitsubishi 349′ 2004 D-CA.Hubungi:PT A…

  • ingin penghasilan diatas 2 juta

    Ingin Penghasilan diatas 2 Juta?(Halal) Ini Kesempatan Kerja untuk 4 Wanita 17-30Tahun,SMP…

  • Dana tunai tanpa potongan

    Anda Butuh Dana Tanpa Potongan?? Saya Siap Bantu Dengan Jaminan BPKB Motor Minimal tahun 1…

Menarik Juga »