Hari Ini, Jamaah Haji RI Bergerak ke Arafah

(JIBI/Bisnis Indonesia)(JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA--Jamaah haji Indonesia dilaporkan mulai bergerak dari pemondokan menuju Arafah, Rabu (24/10/2012).

Keberangkatan dibagi ke dalam tiga gelombang di mana pertama pada pukul 07.00 waktu Arab Saudi (WAS). Gelombang kedua akan diberangkatkan setelah Zuhur dan gelombang ketiga setelah Maghrib.

Pembagian jam keberangkatan jamaah ke Arafah ditentukan oleh para ketua kloter dengan berkoordinasi dengan maktab.

“Setiap maktab akan mendapatkan 18 sampai 20 bus,”’ ujar Kepala Seksi Transportasi Daerah Kerja Makkah, Denny Kusdyan seperti dikutip situs resmi haji Kementerian Agama RI, Rabu (24/10/2012)

Secara keseluruhan total bus yang disediakan untuk mengangkut jamaah haji Indonesia pada puncak haji–Arafah, Muzdalifah, Mina dan Makkah–mencapai 2.041 unit. Bus-bus itu dibagi berdasarkan maktab.  Setiap rute perjalanan jumlah bus yang disediakan telah disesuaikan dengan kebutuhan.

Kepala Daerah Kerja Makkah meminta agar seluruh jamaah haji yang akan berangkat Arafah berpatokan kepada jadwal yang telah disepakati oleh ketua kloter dan maktab.

Sementara itu perusahaan katering dari Muasasah berjanji akan menyajikan makanan kecil dan air panas jika bus yang mengangkut jamaah ke Muzdalifah terlambat berangkat. Menteri Agama Suryadharma Ali ketika meninjau kesiapan perusahaan katering di Padang Arafah mendapat solusi pangan jamaah jika bus yang mengangkut terlambat, tulis Antara, Rabu.

Pengusaha katering Saudi berharap petugas haji Indonesia selalu mengingatkan jamaah agar segera memakan nasi kotak yang dibagikan dan jangan menyimpannya untuk dimakan kemudian.

Editor: | dalam: Haji |
Iklan Baris
Menarik Juga »