151 Anggota Polda Jateng Ikuti Seleksi Penyidik Tipikor

SEMARANG – Sebanyak 151 anggota polisi jajaran Polda Jateng mengikuti seleksi penyidik tindak pidana korupsi (Tipikor). Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jateng, Kombes Pol Djihartono, mengatakan, anggota polisi yang mengikuti seleksi berasal dari 33 Polres, Polrestabes Semarang, dan Polresta Solo.

“Seleksi penyidik Tipikor polisi meliputi tes akademik, kesehatan, psikologi, dan uji kompetensi,” katanya kepada wartawan di Mapolda Jateng Jl Pahlawan, Kota Semarang, Selasa (20/11/2012).

Setelah menjalani seleksi tahap awal, dari 151 anggota bintara dan perwira polisi yang lolos pada tahap selanjutnya sebanyak 100 orang. Menurut Djihatono, dari 100 orang nantinya setelah melakukan serangkaian tes hanya akan dipilih 12 bintara dan tujuh perwira.

“19 penyidik Tipikor yang lolos seleksi akan ditugaskan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng,” katanya. Namun, imbuh dia, tak menutup kemungkinan bisa menjadi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

”Kalau KPK membutuhkan penyidik Polri, mereka bisa mengikuti seleksi,” tandasnya.

Pelaksanaan seleksi penyidik Tipikor Polda Jateng, ujar dia, dipusatkan di kompleks Mapolda Jateng selama sepekan. Seleksi penyidik Tipikor ini, ujar Djihartono sebagai tindaklanjut dari Instruksi Presiden Nomor 17 Tahun 2012 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tipikor. Bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas penyidik Polri dalam menangani tindak pidana korupsi.

”Tindak pidana korupsi merupakan kejahatan luar biasa, sehingga harus ditangani penyidik Polri profesional,” ujarnya.

Editor: | dalam: Peristiwa |


Iklan Cespleng
Menarik Juga »