Masuk UGM Ada 3 Jalur

Gedung Pusat UGM Yogyakarta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)Gedung Pusat UGM Yogyakarta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

SLEMAN-Seleksi mahasiswa baru di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2013 mendatang menggunakan tiga jalur.

Kepala Humas UGM, Wijayanti, Kamis (13/12/2012) menguraikan calon mahasiswa yang ingin ke UGM bisa melalui tiga jalur seleksi. Seleksi pertama melalui SNMPTN, lalu melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri. Perbandingan antarjalur seleksi itu berturut-turut 50%, 30% dan 20%.

Hanya saja jumlah pasti kuota itu belum diketahui dan menunggu keputusan pemerintah pusat.

Sementara itu, Kepala Direktorat Administrasi Akademik (DAA) Universitas Gadjah Mada, Sri Peni Wastutiningsih, mengatakan pendaftar seleksi masuk PTN tahun ini harus menyertakan nilai rapor sejak siswa kelas X atau semester pertama.

“Nilai rapor siswa semua akan dimasukkan. Harapan kami supaya tidak ada mark up nilai. Kalau nilai semester terkumpul, ini berarti nilai murni,” jelas Sri Peni saat dihubungi, Kamis (13/12).

Kebijakan di 2013 itu berbeda dengan seleksi serupa tahun sebelumnya. Pasalnya, pada 2012 lalu hanya rapor kelas XI atau semester tiga hingga semester lima yang disertakan.

Sri Peni menegaskan alokasi setiap provinsi dalam seleksi kali ini juga diatur. Ada sistem pembobotan yang menjamin mahasiswa tidak hanya berasal dari Jawa. “[Hanya] masih mau didiskusikan lagi. Antara langsung terpusat atau diserahkan ke PTN masing-masing,” jelasnya soal mekanisme pembobotan.

Editor: | dalam: Pendidikan |

Berita Terkait



Iklan Cespleng
Menarik Juga »