BANJIR DI BANTUL
201 Hektare Sawah Masih Tergenang

BANTUL —Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Bantul melansir total luas lahan pertanian padi yang terendam banjir hingga Rabu (9/1) mencapai 201 hektare yang tersebar di lima kecamatan. Yaitu Kecamatan Pandak, Kretek, Bambanglipuro, Sanden, dan Pundong.

Dari lima kecamatan itu, Pundong sebagai wilayah yang lahan pertaniannya paling luas terendam banjir, yakni mencapai 70 hektare. Sedangkan yang terbilang paling parah terdampak genangan banjir itu lahan pertanian di wilayah Desa Triharjo, Pandak yang luasnya sekitar lima hektare.

Selain karena tingginya genangan air, usia tanaman padi di lahan seluas lima hektare di Triharjo baru tujuh hari setelah tanam (HST). “Tanaman padi yang terendam banjir sebagian sudah mulai roboh,” kata Kepala Dispertahut Bantul, Edy Suhariyanta, Rabu (9/1/2013).

Menurut Edy, penyebab banjir yang menggenangi 201 hektare lahan pertanian padi bukan semata akibat tingginya intensitas hujan di Bantul dalam beberapa hari ini. Sebab, tidak semua lokasi banjir itu diguyur hujan deras.

“Banjir terjadi juga akibat akumulasi air yang mengalir dari wilayah utara (Kota Jogja dan Bantul wilayah utara, meliputi Kecamatan Kasihan, Sewon, dan Banguntapan),” terang Edy. Mengingat, Bantul berada di hilir aliran air drainase Kota Jogja dan Kabupaten Sleman.

Maka itu, Bantul memang merupakan daerah langganan banjir karena melimpahnya air yang mengalir dari hulu. Edy menambahkan, banjir kali ini juga cukup ironis.

Pasalnya, tiga pekan sebelum banjir, para petani di Bantul terpaksa harus mengerahkan mesin pompa air untuk mengairi sawah.

“Dari 201 hektare yang terendam banjir, 42 hektare di antaranya sudah siap panen (90 HST). Yaitu di wilayah Desa Triharjo dan Gilangharjo, Pandak. Kalau genangan air tidak lekas surut, kualitas padi yang akan di panen tentu bakal merosot,” pungkas Edy.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto mengatakan banjir di Bantul diperkirakan akan mencapai puncaknya pada minggu ke tiga Februari. “Sesuai dengan pengalaman banjir sejak 2004 silam,” jelas dia.

Editor: | dalam: Bantul |

Berita Terkait

Iklan Baris
  • bengkel RPM Handayani

    BENGKEL RPM HANDAYANI,melayani PRESS BODY, dengan mesin pres, selatan terminal lama,baleha…

  • Mitra tekhnik

    MITRA TEKHNIK, melayani perbaikan alat rumah.tangga dan jual beli elektronik, 08770958010…

  • Ahli sumur

    AHLI SUMUR/ SEDOT WC, SUKADI, NGLIPAR, HUBUNGI. 081 804 060 050…

  • karyawan laundry

    Cepat!! Butuh Karyawati Laundry Minimal SMA Gaji 1Juta,9 Jam Kerja,Ada Libur Laundry Zone…

  • rumah di jl wates

    Rumah Bagus 70/143m2 Jl.Wates km.11 Perum Sedayu Permai Blok.D No.56 SHM 195juta.Hubungi:0…

  • tambahan penghasilan

    Bagi Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa/mahasiswiwi, Karyawan dan sebagainya yang Membutuhkan Uan…

  • umroh dan haji

    Segera Wujudkan Impian ke Baitullah Umroh DP 3,5juta& Haji DP5juta Bisa Dicicil, Bonu…

  • Diamond mebel baru

    Pusat Perlengkapan Mebel,Interior,Dapur Kompor,Penyedot Asap,Water Heater Komplit,Murah.Di…

  • Rumah diperum tirtasani

    Dikontrakkan 1Rumah, 2LT, Fasilitas Lengkap di Perum Tirtasani Lokasi Dekat Pintu Utama, P…

  • ahli sumur bor

    Ahli Sumur Bor/ Suntik/ Gali/ Sedot WC/ Saluran Mampet/ Servis Pompa. Hubungi: 0274-780671…

Menarik Juga »