APBD JOGJA 2013
Rencana Dana Hibah Parpol Digugat

JOGJA—Rencana dana hibah yang dialokasikan dalam APBD Kota Jogja 2013 sebesar Rp4,8 miliar yang akan digelontorkan ke beberapa fraksi di DPR Kota Jogja, menuai gugatan.

Gugatan muncul dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Jogja. Ketua DPC PPP Kota Jogja Fakhruddin mengatakan, penetapan dana hibah itu tidak melalui proses pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran (KUAPPS).

Selain menilai ada penyimpangan proses penetapan, Fakhruddin juga mensinyalir penetapan tersebut melanggar aturan Permendagri No.32/2011 pasal 4 dan 7.

Pelanggaran yang dia maksud adalah, bukti di mana penerima alokasi dana hibah dimanipulasi. “Beberapa calon penerima dana hibah terdaftar dengan alamat di luar Kota Jogja dan beberapa terdapat calon penerima ganda,” jelas Fakhruddin saat menggelar jumpa pers di kantornya, Selasa (8/1/2013).

Tidak hanya itu, alokasi dana hibah berdasarkan data by name by address tersebut dinilai tidak memperhatikan proporsional baik dari segi keterwakilan aspirasi, agama atau kewilayahan.

Fakta tersebut, jelasnya, tidak sesuai asas keadilan, kepatutan dan rasionalitas. “Kami khawatir, ini akan menimbulkan instabilitas di Jogja,” kritik Fakhruddin.

DPC PPP Jogja juga mendesak, pihak eksekutif dan legislatif melakukan pembahasan alokasi dana hibah tersebut pada APBD Perubahan 2013 mendatang. “Kami ingin pembahasannya memperhatikan dan didasarkan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas dan manfaat,” tegas Fakhruddin.

“Kalau masalah ini tidak diindahkan, semua langkah akan kami lakukan untuk menggalang kekuatan agar dana tersebut tidak dicairkan.”

Dari data yang diterima Harian Jogja, alokasi dana hibah sebesar Rp4,8 miliar itu didominasi dua fraksi di DPRD Jogja, PDI-P dan PKS.

Sebanyak Rp3,3 miliar dialokasikan untuk 11 anggota Fraksi PDIP dan sebesar Rp1,5 miliar dijatahkan untuk anggota Fraksi PKS. “Bila walikota Jogja tetap mencairkan dana tersebut, kami tidak segan-segan memperkarakan ini ke PTUN [Peradilan Tata Usaha Negara],” tukas Fakhruddin.

Bendahara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Jogja Kadri Renggono mengakui adanya dana hibah itu. Namun dia tidak akan memaksakan pencairan dana hibah karena pencairan harus sesuai Permendagri No. 32/2011 yang salah satu syaratnya adalah adanya evaluasi dan rekomendasi dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Dihubungi, Rabu (9/1) Ketua Fraksi PKS DPRD Jogja Zuhrif Hudaya enggan berkomentar soal dana hibah itu. “Untuk sementara, saya cooling down dulu, yang jelas dana hibah sesuai aturan Permendagri,” katanya.

Tak ada satupun anggota partai dari Fraksi PDIP yang mau berkomentar terkait hal itu. Bahkan, Ketua DPRD Jogja Henry Kuncoroyekti dari PDIP hingga berita ini diturunkan ponselnya tak aktif saat dihubungi.

Sementara, Anggota Fraksi PDIP lainnya Antonius Fokki mengaku tidak mengetahui masalah dana hibah tersebut. “Saya no comment,” tukasnya.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Iklan Baris
  • karyawan untuk laundry zone

    Langsung kerja!! Butuh kasir& 2 bagian setrika wanita. Gaji 800ribu,kerja shift,tidak…

  • lembaga keuangan syariah

    Lembaga Keuangan yang Aman&Amanah. Menerima Tabungan Berjangka 1tahun Dengan Jasa 2%/…

  • Kursus Salon Spa

    Kursus Salon Spa 25 Materi dan Rias Pengantin 6 gaya Murah all & cosmetik disediakan,…

  • Butuh OB

    Dibutuhkan 1 Office Boy Syarat:Pria,Usia 20tahun-30tahun Minimal SMU,Jujur,Tanggung jawab,…

  • Dijual mitsubishi

    Dijual Mitsubishi/Truck Fe74 2013/ Kuning AA-CA.Suzuki Pick Up ST 150 Hitam AB-CD Hubungi:…

  • pasang gigi behel

    Pasang gigi&Behel Berkwalitas&Bergaransi Harga@50rb@100rb BAYU: 0817265829, 0813…

  • tanah dijual

    Kavling Start Sudah Fouds,IMB,SHM L150 LD6,5 Jl.Aspal, 2 Mobil. Plurugan Barat Masjid Aceh…

  • dibeli tinggi laptop/netbok

    Dibeli tinggi laptop netbok gadget DSLR ,komputer,lcd,dan lain lain.hidup rusak mati. 0813…

  • Ahli sumur bor

    Ahli Sumur Bor/ Suntik/ Gali/ Sedot WC/ Saluran Mampet/ Servise Pompa. Hubungi: 0274-78067…

  • Membutuhkan sopir

    Butuh Sopir SIM B1 Maksimal 40tahun Fasilitas: Uang Muka, Bonus, Tunjangan. Lamaran: MATRA…

Menarik Juga »