Tiga Nama Jalan di Jogja Akan Diganti

Ilustrasi (Foto Istimewa)Ilustrasi (Foto Istimewa)

JOGJA — Sampai akhir tahun, 3 nama jalan di Kota Jogja akan diganti. Di Jogja, ada sekitar 590 nama jalan.

Tiga nama jalan yang akan diganti yakni Jalan Mangkubumi, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Tri Kora. Untuk nama-nama jalan lainnya menunggu pembahasan.

Kepala Bappeda Jogja Edy Muhammad mengatakan, Jalan Mangkubumi diganti menjadi Jalan Margo Utomo, Jalan Ahmad Yani menjadi Jalan Hargo Mulyo dan Jalan Tri Kora menjadi Jalan Pangurakan. Seluruh jalan tersebut terhubung dengan jalan Malioboro yang namanya tidak diubah.

“Rencananya, ketiga jalan tersebut akan diubah mulai tri wulan keempat atau akhir tahun ini. Itu sesuai dengan usulan para budayawan dan Ngarso Ndalem (Sulten Hamengkubuwono X),” jelas Edy di kantornya, Senin (21/1/2013).

Alasan perubahan nama jalan tersebut didasarkan, pada karakter Jogja tempo dulu, sesuai makna filosofis dan nilai-nilai historis (sejarah) Jogja. Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja, sambung Eddy, akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui SKPD (satuan kerja perangkat daerah). Misalnya, Tapem (Tata Pemerintahan) ke wilayah-wilayah. Kimpraswil, Dishub, Dinas Pariwisata mempersiapkan sarana prasarananya dan memperluas informasi tentang perubahan nama itu.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Iklan Baris
  • Dijual Tanah SHM

    Dijual Tanah SHM LT 151, LD 9, Tepi Jalan Aspal Jalan Jogja-Solo (Depan Hotel Srikandi Galmas) Somopuro Jogona…

  • Dijual SHM Pogung Dalangan

    Dijual SHM Pogung Dalangan. LT 188, LD 10. Belakang UGM (Timur Masjid MPR). Hadap Utara. 0822 2308 3000…

  • Dealer Resmi Honda

    Dealer Resmi Honda Tawarkan BEAT DP200 610×35 VARIO CW DP400 660×35 Proses Cepat 08157974425 WA…

Menarik Juga »