5 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas Online Segera Beroperasi

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA-PT Pertamina (Persero) menargetkan lima pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) online beroperasi pada pertengahan tahun ini.

Direktur Gas Pertamina Hari Karyuliarto mengatakan kelima SPBG online ini merupakan SPBG yang dibangun menggunakan APBN 2013. Sebelumnya, Pertamina menargetkan tujuh pembangunan SPBG yang terdiri dari empat SPBG Online dan tiga (Mother-Daughter Station). Namun, karena keterbatasan biaya, rencana tersebut diubah.

Hari mengatakan, selain membangun lima SPBG online, pihaknya akan membuat dua infrastruktur pipa gas. Sebenarnya, pada 2012, Pertamina sudah menggelar tender untuk pembangunan tiga SPBG online yang menggunakan dana APBN. Namun, lantaran anggaran 2012 tidak bisa dialihkan ke 2013, maka tender harus diulang kembali.

“SPBG kemungkinan diulang lagi tendernya. Ada kendala hukum kayaknya, saya inginnya dilanjutkan saja karena makan waktu. Sekarang sudah persiapan ulang tender,” kata Hari disela-sela acara International Indonesia Gas Conference and Exhibition 2013 di JCC, Senin (21/1/2013).

Ketiga SPBG yang dibangun dengan dana APBN 2012 tersebut direncanakan berlokasi di Cililitan, Jakarta Timur, Pulogadung, Jakarta Timur, dan Kalideres, Jakarta Barat dengan nilai investasi masing-masing Rp 64,59 miliar.

Menurut Hari, lelang tersebut harus diulang. “Kalau pakai yang lama itu, harusnya 70 hari, tapi belum ditender ulang.” Bila tender segera dimulai, diperkirakan pada Juni 2012 kelima SPBG online tersebut sudah dapat beroperasi.

Adapun tiga SPBG diperkirakan masih berlokasi sama dengan yang sebelumnya. Sedangkan dua SPBG lagi direncanakan dibangun di sekitar Bogor atau Cibinong.

Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Eddy Hermantoro mengatakan anggaran APBN 2013 yang digunakan untuk program konversi BBM ke BBG melalui Pertamina sekitar Rp474 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan SPBG Online dan pembangunan pipa.

“Mengenai pipanya akan dibangun dimana, itu terserah kepada Pertamina, bisa kepada Pertagas, PGN, atau siapapun yang dipilih oleh Pertamina,” kata Eddy dalam kesempatan terpisah.

Seperti diketahui, pemerintah akan membuat roadmap baru dalam menjalankan program konversi BBM ke BBG. Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengatakan Menteri ESDM Jero Wacik sudah membuat tim percepatan untuk program konversi BBM ke BBG. Tim tersebut melibatkan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, akademisi, dan swasta.

Kemudian, pemerintah juga akan berusaha memaksimalkan pembangunan infrastruktur pengaliran gas. Menurutnya, bila gas berlimpah namun pipa tak memadai, maka akan percuma. Oleh karena itu dibutuhkan sarana infrastruktur pipa.

Pihaknya akan segera menginstruksikan ke Pertamina untuk turut membantu pembangunan infrastruktur pipa. “Kami buat roadmap baru, semoga yang ini bisa menyukseskan program konversi BBM ke BBG.”

Editor: | dalam: Ekonomi |

Berita Terkait

Iklan Baris
  • Mitra Tekhnik

    MITRA TEKHNIK, melayani perbaikan alat rumah tangga dan jual beli elektronik, 08770958010…

  • Promo belanja

    Promo Belanja 3x Gratis Selamanya ditambah Bonus Belasan Juta Rupiah Gabung 085602162712…

  • Mendesain rumah

    Desain rumah mulai 2500/meter,gambar kerja,gambar IMB, hit struktur,RAB,3D.H:Dimensi Arsit…

  • Pijat urat kejepit

    Tukang Pijat Urat Kejepit Kesleo Sakit Pinggang & Kesemutan. Pak Joko Bisa Dipanggil.

  • NSC Finance

    Dana super cepat!! NSC Finance taksiran tinggi,angsuran murah,cair hari ini.Aman: Adit 085…

  • Kredit murah

    BU 5jt-9M Jaminan Sertifikat/BPKB Bisa Sebrakan,Takeover, Tanpa BI Cek. Dibantu Hingga Cai…

  • Bengkel RPM Handayani

    BENGKEL RPM HANDAYANI,melayani PRESS BODY, dengan mesin pres, selatan terminal lama,baleha…

  • SIABU JAYA

    “SIABU JAYA. photo & video shooting. Harga murah. paket pernikahan, khitanan, n…

  • SIABU JAYA Percetakan

    “SIABU JAYA.PERCETAKAN: undangan.nota. kalender. yasin.dan lain lain ADVERTISING: ne…

  • Pengobatan Alternatif

    ALTERNATIF NUR KHALIFAH, Pengobatan alternatif R.Bayu Segoro,0878 3819 2424/ 0838 6960 927…

Menarik Juga »