5 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas Online Segera Beroperasi

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA-PT Pertamina (Persero) menargetkan lima pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) online beroperasi pada pertengahan tahun ini.

Direktur Gas Pertamina Hari Karyuliarto mengatakan kelima SPBG online ini merupakan SPBG yang dibangun menggunakan APBN 2013. Sebelumnya, Pertamina menargetkan tujuh pembangunan SPBG yang terdiri dari empat SPBG Online dan tiga (Mother-Daughter Station). Namun, karena keterbatasan biaya, rencana tersebut diubah.

Hari mengatakan, selain membangun lima SPBG online, pihaknya akan membuat dua infrastruktur pipa gas. Sebenarnya, pada 2012, Pertamina sudah menggelar tender untuk pembangunan tiga SPBG online yang menggunakan dana APBN. Namun, lantaran anggaran 2012 tidak bisa dialihkan ke 2013, maka tender harus diulang kembali.

“SPBG kemungkinan diulang lagi tendernya. Ada kendala hukum kayaknya, saya inginnya dilanjutkan saja karena makan waktu. Sekarang sudah persiapan ulang tender,” kata Hari disela-sela acara International Indonesia Gas Conference and Exhibition 2013 di JCC, Senin (21/1/2013).

Ketiga SPBG yang dibangun dengan dana APBN 2012 tersebut direncanakan berlokasi di Cililitan, Jakarta Timur, Pulogadung, Jakarta Timur, dan Kalideres, Jakarta Barat dengan nilai investasi masing-masing Rp 64,59 miliar.

Menurut Hari, lelang tersebut harus diulang. “Kalau pakai yang lama itu, harusnya 70 hari, tapi belum ditender ulang.” Bila tender segera dimulai, diperkirakan pada Juni 2012 kelima SPBG online tersebut sudah dapat beroperasi.

Adapun tiga SPBG diperkirakan masih berlokasi sama dengan yang sebelumnya. Sedangkan dua SPBG lagi direncanakan dibangun di sekitar Bogor atau Cibinong.

Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Eddy Hermantoro mengatakan anggaran APBN 2013 yang digunakan untuk program konversi BBM ke BBG melalui Pertamina sekitar Rp474 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan SPBG Online dan pembangunan pipa.

“Mengenai pipanya akan dibangun dimana, itu terserah kepada Pertamina, bisa kepada Pertagas, PGN, atau siapapun yang dipilih oleh Pertamina,” kata Eddy dalam kesempatan terpisah.

Seperti diketahui, pemerintah akan membuat roadmap baru dalam menjalankan program konversi BBM ke BBG. Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengatakan Menteri ESDM Jero Wacik sudah membuat tim percepatan untuk program konversi BBM ke BBG. Tim tersebut melibatkan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, akademisi, dan swasta.

Kemudian, pemerintah juga akan berusaha memaksimalkan pembangunan infrastruktur pengaliran gas. Menurutnya, bila gas berlimpah namun pipa tak memadai, maka akan percuma. Oleh karena itu dibutuhkan sarana infrastruktur pipa.

Pihaknya akan segera menginstruksikan ke Pertamina untuk turut membantu pembangunan infrastruktur pipa. “Kami buat roadmap baru, semoga yang ini bisa menyukseskan program konversi BBM ke BBG.”

Editor: | dalam: Ekonomi |

Berita Terkait



Iklan Baris
  • Lowongan Pekerjaan Iklan Baris Harian Jogja

    Cari Cafters yg Bs Pijit Disalon, Rusun Gemawang Monjali Sinduadi/ Mlati 087838728002 Belm…

  • Mobil dijual Toyota

    djl celica th 00 ab,antik,ex ab 1 super istimewa,v krom.hrg nego aja.serius h:0274414273 O…

  • Buat Lowwat AC Ruang

    BuatLowwat AC Ruang, Trm: Srvs,Cuci AC,Bngkr/Psg AC,Jual Beli, Nugraha AC 7866191/08174603…

  • Ahli Sumur Bor

    Ahli Sumur Bor/Gali/Sr vs Pmpa/ Sdt WC/Sal Buntu. P We n 6 5 7 9 3 1 9 B l aw o n g 081392…

  • Hello world!

    Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

  • Showroom Notebook

    Showroom Notebook Dibeli Tinggi Laptop, Notebook. Syarat Legal (29) AM Bisa Dijemput 08783…

  • BR GYPSUM grosir ecer

    BR GYPSUM grosir ecer elephant, Knauf jaya,kalsibot,holo,galvanis, galvalum,lis,profil,bed…

Menarik Juga »