INFORIAL

5 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas Online Segera Beroperasi

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA-PT Pertamina (Persero) menargetkan lima pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) online beroperasi pada pertengahan tahun ini.

Direktur Gas Pertamina Hari Karyuliarto mengatakan kelima SPBG online ini merupakan SPBG yang dibangun menggunakan APBN 2013. Sebelumnya, Pertamina menargetkan tujuh pembangunan SPBG yang terdiri dari empat SPBG Online dan tiga (Mother-Daughter Station). Namun, karena keterbatasan biaya, rencana tersebut diubah.

Hari mengatakan, selain membangun lima SPBG online, pihaknya akan membuat dua infrastruktur pipa gas. Sebenarnya, pada 2012, Pertamina sudah menggelar tender untuk pembangunan tiga SPBG online yang menggunakan dana APBN. Namun, lantaran anggaran 2012 tidak bisa dialihkan ke 2013, maka tender harus diulang kembali.

“SPBG kemungkinan diulang lagi tendernya. Ada kendala hukum kayaknya, saya inginnya dilanjutkan saja karena makan waktu. Sekarang sudah persiapan ulang tender,” kata Hari disela-sela acara International Indonesia Gas Conference and Exhibition 2013 di JCC, Senin (21/1/2013).

Ketiga SPBG yang dibangun dengan dana APBN 2012 tersebut direncanakan berlokasi di Cililitan, Jakarta Timur, Pulogadung, Jakarta Timur, dan Kalideres, Jakarta Barat dengan nilai investasi masing-masing Rp 64,59 miliar.

Menurut Hari, lelang tersebut harus diulang. “Kalau pakai yang lama itu, harusnya 70 hari, tapi belum ditender ulang.” Bila tender segera dimulai, diperkirakan pada Juni 2012 kelima SPBG online tersebut sudah dapat beroperasi.

Adapun tiga SPBG diperkirakan masih berlokasi sama dengan yang sebelumnya. Sedangkan dua SPBG lagi direncanakan dibangun di sekitar Bogor atau Cibinong.

Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Eddy Hermantoro mengatakan anggaran APBN 2013 yang digunakan untuk program konversi BBM ke BBG melalui Pertamina sekitar Rp474 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan SPBG Online dan pembangunan pipa.

“Mengenai pipanya akan dibangun dimana, itu terserah kepada Pertamina, bisa kepada Pertagas, PGN, atau siapapun yang dipilih oleh Pertamina,” kata Eddy dalam kesempatan terpisah.

Seperti diketahui, pemerintah akan membuat roadmap baru dalam menjalankan program konversi BBM ke BBG. Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengatakan Menteri ESDM Jero Wacik sudah membuat tim percepatan untuk program konversi BBM ke BBG. Tim tersebut melibatkan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, akademisi, dan swasta.

Kemudian, pemerintah juga akan berusaha memaksimalkan pembangunan infrastruktur pengaliran gas. Menurutnya, bila gas berlimpah namun pipa tak memadai, maka akan percuma. Oleh karena itu dibutuhkan sarana infrastruktur pipa.

Pihaknya akan segera menginstruksikan ke Pertamina untuk turut membantu pembangunan infrastruktur pipa. “Kami buat roadmap baru, semoga yang ini bisa menyukseskan program konversi BBM ke BBG.”

Editor: | dalam: Ekonomi |
Iklan Baris
  • Vario EXK DP860

    Vario EXK DP860 Angsuran 860 35x, Vario CBS ISS 110 Red DP700 Angsuran 690 35x. Hubungi: 0878-3885-4240, 5FB8E…

  • Promo Toyota :

    Promo Toyota : Dp Minim, Angsuran Ringan, Tukar Tambah Ok, Ready Fortuner Avanza, Inova, Sienta, Yaris. Hub: A…

  • Dijual Tanah Di Jalan Kaliurang KM 9

    Dijual Tanah Di Jalan Kaliurang KM 9 Luas 582m2, LD 17,5m, SHM, TP, Bentuk Persegi. Hubungi: Angga 0813 6386 8…

  • Pegawai Pria Untuk Depot Isi Ulang

    Dicari Pegawai Pria Untuk Depot Isi Ulang di Concat Depok Sleman. Fasilitas: Gaji + Uang Makan. Hubungi: Bu NI…

  • Dibutuhkan Management Trainee

    Dibutuhkan Management Trainee minimal D3 segala jurusan, bersedia ditempatkan diseluruh Indonesia maximal 28ta…

  • Jual Tanah + Rumah

    Jual Tanah + Rumah LT300, LB100 Dukuh MJ1/1214A Gedongkiwo Matrijeron YK Harga 700jt NEGO Hubungi: 08562944205…

  • Dibutuhkan Segera Staff Administrasi

    Dibutuhkan Segera Staff Administrasi & Operator, Minimal SMA/SMK Sederajat yang Serius. Syarat: Bisa Komp…

  • Waroeng Sambal Ayam Geprek

    Waroeng Sambal Ayam Geprek Pesan Antar Jalan Wolter Monginsidi NO.4 Hubungi: 0856 4325 0597…

  • Gerobak Makanan Keliling

    Butuh Karyawan Gerobak Makanan Keliling, Gaji Menarik, Jogja. Hubungi Ridwan 0878 7306 5688…

  • BUTUH UANG, Dijual Inova Type G

    BUTUH UANG, Dijual Inova Type G, Plat AB Sleman Tangan 1. Tahun 2010 Harga 165 juta. Hubungi: 0818260515…

Berita Terkait

batik-dh
Menarik Juga »