Kemacetan Hambat Pariwisata Gunung Kidul

GUNUNG KIDUL — Program sejuta wisatawan pada 2013 yang digagas Bupati Gunung kidul Badingah keberhasilannya diragukan anggota Dewan.

Dewan menilai idealisme tersebut tidak diimbangi dengan persiapan infrastruktur yang serius. Komisi B DPRD Gunung kidul Sutarpan mengatakan perlu kesiapan Pemkab secara sungguh-sungguh untuk mewujudkan program tersebut agar tidak mengecewakan pengunjung wisata pantai maupun minat khusus.

“Permasalahan selama ini yang belum tertangani adalah kemacetan jalur wisata. Ini kalau tidak diatasi hanya akan mengecewakan pengunjung,” kata Sutarpan saat ditemui harianjogja.com, Rabu (30/1/2013).

Menurut Sutarpan, kemacetan di jalur wisata pantai menjadi persoalan yang krusial. Apalagi kemacetan tak hanya dterjadi saat liburan panjang, tapi juga weekend.

“Hendaknya juga digagas dengan program lain berupa pembangunan jalan alternatif dan pelebaran jalan sepanjang jalur wisata,” tambahnya.

Senada anggota Fraksi Golkar Ery Agustin mengungkapkan program sejuta wisatawan perlu daya dukung Pemkab untuk kesiapan sarana prasarana fisik. Menurut Ery, selama ini konsentrasi wisatawan hanya terpusat di wilayah Tanjungsari ke arah timur hingga wilayah Tepus.

Padagal, lanjut Ery, pantai di wilayah Saptosari ke barat hingga Purwosari cukup potensial untuk mendapatkan perhatian kebijakan.

Editor: | dalam: Gunung Kidul |
Iklan Baris
Menarik Juga »