UN 2013
Tiga SMK dari Luar Daerah Menginduk UN di Solo

SOLO  —  Tiga SMK dari luar daerah terpaksa menginduk ujian nasional (UN) ke Solo lantaran kompetensi keahlian belum diakreditasi. Tiga SMK tersebut harus menginduk ke SMK yang ada di Solo karena di daerahnya tidak ada SMK yang memiliki kompetensi keahlian serupa.

Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Budi Setiono, mengatakan tiga SMK tersebut berasal dari Sragen, Sukoharjo dan Banyumas. Surat pengindukan UN tersebut disampaikan dari dinas pendidikan (Disdik) asal pemohon ke Disdikpora Kota Solo.

“Pelaksanaan ujian digabung mulai Ujian Praktek Kejuruan (UPK) hingga UN,” ujarnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (11/2/2013).

Menurutnya, SMK di Kota Solo dipilih menjadi induk pelaksanaan UN karena faktor jarak yang dianggap paling dekat. Ketiga SMK tersebut yaitu SMK Widya Wisata Sragen, SMK Karya Teknologi 2 Banyumas dan SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo. “Di daerah mereka juga tidak ada SMK yang memiliki keahlian yang sama, sehingga menginduk ke Solo,” paparnya.

Dari SMK Widya Wisata Sragen, ada 43 siswa Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan yang menginduk ke SMK Sahid Solo. Dari SMK Karya Teknologi 2 Banyumas, ada 59 siswa Kompetensi Keahlian Kimia Industri yang menginduk ke SMK Santo Paulus. Sedangkan dari SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo, ada sebanyak 13 siswa dari Kompetensi Keahlian Garmen yang menginduk ke SMKN 3 Solo.

Meski menginduk di sekolah lain, menurut Budi, tempat pelaksanaan UPK maupun UN bisa digelar di sekolah asal. Syaratnya, sekolah tersebut harus diverifikasi terlebih dahulu oleh tim UN, pengawas, dunia usaha dan industri (Dudi) dan pengawas sekolah.

“Jadi, siswa tidak perlu jauh-jauh dari Banyumas ke Solo karena bisa ujian di sekolah mereka. Paket soal, nantinya yang memilih juga dari sekolah yang diinduki,” ujarnya.

Sementara itu di Solo, hingga Senin (11/2/2013) ada lima SMK yang menginduk ke SMK yang lain. Menurut Budi, alasannya masih sama yakni kompetensi keahlian yang belum diakreditasi. Kelima SMK tersebut yakni SMK Batik 1, SMK Batik 2, SMK Pancasila, SMK PGRI 1 dan SMK Sahid Jaya.

Dari SMK Batik 1 Solo, ada 38 siswa Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang menginduk ke SMKN 2 Solo. Dari SMK Pancasila Solo, ada 70 siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan yang menginduk ke SMKN 2 Solo. Dari SMK PGRI 1 Solo, ada 51 siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan 51 siswa, yang menginduk ke SMKN 5 Solo.

Dari SMK Sahid Jaya Solo, ada 14 siswa Kompetensi Keahlian Garmen yang menginduk ke SMKN 3 Solo. “Sedangkan dari SMK Batik 2 Solo Kompetensi Keahlian Multimedia menginduk ke SMKN 9 Solo, jumlah siswanya kami belum tahu,” imbuhnya.

Editor: | dalam: Pendidikan |
Iklan Baris
  • Dijual tanah pekarangan

    Dijual tanah pekarangan L189m2, LD9m, Harga 275juta. mobil masuk,SHMP an.sendiri. Jakal km 10, Ngebo Ngaglik S…

  • Umroh Murah 21,9Juta

    Umroh Murah 21,9Juta, All In Star Jogja, By Saudia, Landing Madinah, Hubungi: AMN Tour, HP/WA: 082135350114…

  • Siap bantu,jual/beli tanah

    Siap bantu,jual/beli tanah dan bangunan di jogja. Minat hubungi: Bp Rahmad 0877 3835 6503 (property)…

  • Waitress untuk Warung B2

    Waitress untuk Warung B2, Pria, Bisa Kerja Tim, Domisili Jogja. Tidak ada Mess Surat Lamaran+Fc KTP ke: Klasem…

  • Gudang seng

    Gudang seng di jalan imogiri timur membutuhkan Tenaga bongkar muat usia maksimal 35 tahun. Hubungi: 0821383933…

  • Butuh sales kosmetik

    Butuh sales kosmetik. Lamaran via WA 08812768955…

  • Dibutuhkan seorang karyawan toko

    Dibutuhkan seorang karyawan toko. Islam taat, usia maks 25tahun, domisili sekitar wates Kulon Progo Hubungi: 0…

  • AB PROPERTI,

    AB PROPERTI, siap bantu jual-beli rumah dan tanah sesuai harapan. Hubungi: KAMAL telpon 0857-2770-3776…

  • Siap bantu konsultasi skripsi

    Siap bantu konsultasi skripsi, tesis, disertasi, KTI, program, all jurusan. Murah,profesional,garansi,nno plag…

  • Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt

    Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt, smu/smk. Lamaran dikirim ke Ayam Goreng Fatmawati, foodcourt M…

kai-072-s-0024-1lawasan-colet-65rb-230x100-print
Menarik Juga »