TAJUK
Jangan Lama-lama Menyimpan Jenazah

Ilustrasi/dokIlustrasi/dok

Berita mengejutkan datang dari RSUP Dr Sardjito, Jogja. Kali ini tentang banyaknya mayat tanpa identitas yang “menginap” di kamar mayat rumah sakit tersebut sejak tujuh bulan lalu.

Berita ini menjadi heboh karena pihak rumah sakit kewalahan mengurus mayat tersebut. Penyebabnya kapasitas kamar penyimpanan jenazah di rumah sakit pelat merah tersebut terbatas.

Mayat yang tersimpan di almari pendingin bagian forensik RSUP Dr Sardjito merupakan titipan dari polsek yang ada di wilayah hukum Polda DIY. Manajemen rumah sakit terbesar di DIY itu berharap jenazah-jenazah itu segera diurus karena kapasitas tempat penyimpanan terbatas. Dari 13 jenazah titipan tersebut, 12 di antaranya tak beridentitas sedang satunya tidak dikenali.

Dari 13 jenazah, 10 di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan tiga perempuan. Adapun dua jenazah lain merupakan janin telantar dan ditemukan Polsek Ngemplak dan Polsek Sleman. Selanjutnya, kedua Polsek tersebut menitipkan ke Sardjito selama proses penyelidikan.

Wajar jika RSUP Sardjito merasa keberatan karena ”titipan” ini sudah berlangsung cukup lama. Mereka pun pantas untuk mempertanyakan tindak lanjut titipan tersebut. Selama ini, rumah sakit memang menjadi mitra kepolisian dalam membantu menyimpan maupun proses autopsi.

Hanya waktu penitipan jenazah umumnya dilakukan selama dua minggu hingga tiga bulan. Hanya kali ini mencapai tujuh bulan. Akibatnya, rumah sakit merasa kesulitan kalau ada lagi jenazah yang dititipkan ke mereka karena tempat terbatas. Sayangnya, Polda DIY dan RSUP Dr Sardjito masih belum mendapatkan solusi atas nasib 13 mayat yang saat ini masih tersimpan di ruang jenazah.

Belum ada yang mengambil tanggung jawab atas keberadaan jenazah-jenazah tidak beridentitas tersebut. Dari Polda DIY menyatakan, tak ada aturan yang menyebut siapa yang harus bertangung jawab untuk mengubur mayat yang bersangkutan bila dalam waktu lama tetap tak ada pihak keluarga yang mengambil. Namun biasanya pihak RS atau Dinas Sosial yang menindaklanjuti untuk proses penguburan.

Adapun RSUP Dr Sardjito mengatakan belum ada pihak yang secara langsung menghubungi pihak rumah sakit.  Rumah sakit juga menyatakan, tidak berwenang menguburkan jenazah tersebut lantaran pihak berwajib tengah melakukan proses hukum. Untuk itu rumah sakit harus menunggu izin dari kepolisian setempat.

Yang harus dilakukan saat ini adalah segera memutuskan untuk memakamkan mayat-mayat tersebut. Apalagi secara agama tidak dibenarkan untuk menyimpan mayat terlalu lama.
RSUP Dr Sardjito, pemerintah dan kepolisian harus duduk bersama menyelesaikan kasus tersebut. Jangan saling lempar tanggung jawab.

Kepolisian harus segera menentukan apakah jenazah tersebut bisa segera dimakamkan. Kalau sudah ditentukan, rumah sakit bisa langsung mengeksekusi. Kalau rumah sakit kekurangan biaya, sudah menjadi kewajiban pemerintah membantunya. Tetapi tentunya semua proses ini dilakukan tanpa merugikan salah satu pihak dan juga tidak memberatkan salah satu pihak. Dan satu hal yang harus diingat jangan sampai penyelesaian persoalan ini nantinya malah akan menabrak aturan.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Iklan Baris
  • Dibutuhkan marketing executive

    Dibutuhkan marketing executive di Nusantara Sakti Gejayan. Syarat: Pendidikan minimal SMP Usia 18-40 tahun, si…

  • Dibutuhkan 30 Satpam

    Dibutuhkan 30 Satpam, Penempatan Jogjakarta. Syarat punya sertifikat. Hubungi: 0878-0173-8321 SEGERA…

  • Butuh Uang, Sedona 06 Hitam

    Butuh Uang, Sedona 06 Hitam an.sendiri, Istimewa harga 70 juta hubungi: 0856-4900-8007…

  • Dijual tanah LT.688

    Dijual tanah LT.688 LD.12 aspal Jalan Magelang KM.9 (selatan lapangan denggung) Hubungi: 0822-2308-3000…

  • Anda butuh pinjaman???

    Anda butuh pinjaman??? jangan bingung NSC Finance Solusinya, Jaminkan BPKB motor anda. Proses Cepat, tanpa pot…

  • Dicari Karyawan-karyawati

    Dicari Karyawan-karyawati untuk bagian SPG/Gudang/OB/Tailor. Usia 20-40 tahun. Syarat Hanya KTP & langsun…

  • Dijual tanah LT.593

    Dijual tanah LT.593 LD.12 harga 5,5juta/m SHM aspal. Jalan Kaliurang KM 14 (depan UII) Hubungi: 0822-4343-7711…

  • DIjual tanah pekarangan

    Dijual tanah pekarangan 152m. harga 1,7juta/m lokasi dikalasan, 285m 1,8jt/m. Utara SD Model Hubuungi: 0813287…

  • Jual Revo CW 11

    Jual Revo CW 11 no cantik, pajak baru KM dikit, hitam seperti baru Harga 7850 NEGO tipis. 081 949 10 20 30…

3
Menarik Juga »