TRAGEDI LAPEN
Polisi Jogja Belum Dapatkan Data Pasti

Korban_tewas

JOGJA — Polsek Gondokusuman, Jogja sampai saat ini belum bisa memastikan apakah minuman keras yang dikonsumsi para mahasiswa Timor Leste pada Jumat (23/2/2013) malam benar-benar lapen atau ciu. Akibat pesta minuman keras pada malam itu, satu orang tewas, enam dirawat inap, dan delapan dirawat jalan di Rumah Sakit Bethesda.

“Sampai saat ini kami belum mengetahui, apakah benar yang diminum itu lapen ataukah ciu,” jelas Kapolsek Gondokusuman, Jogja, Kompol Hadi Sutomo kepada harianjogja.com, Senin (25/2/2013).

Hadi menambahkan sampai hari ini belum ada laporan terkait korban pesta miras ke Polsekta Gondokusuman. “Kami sudah mengecek lokasi TKP (lokasi minum-minuman). Itu daerah perbatasan. Tetapi, laporannya justru ke Polres Sleman,” jelas Hadi.

Meski begitu, pihaknya tidak akan pandang bulu terkait peredaran minuman keras di wilayahnya. Kepolisian, sambungnya, terus melakukan razia untuk memberantas miras tersebut.

Pesta lapen digelar dalam rangka pesta perpisahan salah seorang mahasiswa yang barus aja diwisuda. Riberio, mahasiswa asal Timor Leste yang tengah menuntut ilmu di Kota Pelajar, tak pernah menyangka jika malam perpisahan salah seorang teman setelah diwisuda, pada Jumat (23/2/2013) malam, bakal berakhir tragedi.

“Lapen pada malam itu tidak biasa. Biasanya, habis minum bangun tidur badan fit. Tapi yang ini malah tubuh terasa capek,” ujarnya.

Akibat mengonsumsi lapen, belasan mahasiswa asal Timor Leste dirawat di rumah sakit Bethesda Jogja. Satu orang meninggal dunia, enam dirawat inap dan delapan lainnya harus menjalani rawat jalan.

Meski sempat dirawat di ruang Intermediate Medical Care (IMC) RS. Bethesda, sejak Sabtu (24/2/2013) malam, nyawa Arindu Do Santos, warga Timor Leste, tidak tertolong. Arindu meninggal pada Minggu (24/2/2013) pagi setelah pesta minuman keras (miras) jenis lapen.

Selain Arindu, enam temannya juga harus menjalani rawat inap. Mereka yang dirawat adalah Prudencio Ribeiro Serpa, Julriono Bio Marla, Zorgino Exposta, Cesar Goncalves, Juao Filomeno Fattima Cos, Eddisson Cornelis seluruhnya warga Timor Leste.

Selain itu, delapan lainnya menjalani rawat jalan. Meliputi, Ericsson Rizzy Manangkala, Luis, Nelton Lay, Gilson Odos Ris Alves, Izedoro de Jesus da Silva, Leoncio Amarai dan Moises Fatima Ternandes.

“Sebenarnya mereka harus rawat inap. Tetapi, tidak mau minta rawat jalan saja,” jelas Kabag Humas dan Marketing RS Bethesda Nur Sukawati, Senin (25/2/2013) di kantornya.

Salah seroang perawat di IGD Bethesda Muji Raharjo mengatakan, Arindu meregang nyawa meski sudah dirawat di IMC. “Indikasi meninggal karena meminum lapen atau minuman jenis methanol. Untuk kondisi pasien lainnya harus dirawat di Bethesda dan kabarnya saat ini sudah membaik,” ungkapnya.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Iklan Baris
  • terapi untuk kesembuhan

    Anda Sakit Fisik, Emosi, Sudah Berobat Maksimal Belum Sembuh??? Konsultasi dan Terapi Hubu…

  • Ahli Sumur Bor

    Ahli Sumur Bor/Gali/Servis Pompa/ Sedot WC/Saluran Buntu. Pak. Wen 0274-6579319 Blawong 08…

  • Rumah dijual dekat bandara baru

    DP 12juta, Minimalis Mewah. Jalur 24jam. Bandara Baru di Polres Wates. Brimob Sentolo …

  • disewakan avanza

    Disewakan avanza+sopirnya untuk dalam/luar kota, melayani drop luar kota. Hubungi: 0811250…

  • rumah diutara monjali

    Rumah Griya Asri Pratama, Utara Monjali (Balong-Donoharjo) Sisa 5 Unit Siap Huni+3 Siap Bg…

  • Iqbal Massage

    Iqbal Massage, Tenaga Pria Muda Keren Khusus Panggilan. Call: 087738795379…

  • mau penghasilan tambahan?

    Bagi IRT,Mahasiswa/mahasiswi,Karyawaa dan ssebagainya yang Membutuhkan Uang/Penghasilan Ta…

  • Dibeli tinggi laptop

    Dibeli tinggi laptop/Netbok/Tab/Komputer/LCD dll. Hidup-Rusak-Mati. Hubungi: 085725750750,…

  • Servis HP

    Servis HP: Nokia, BlackBerry, Sony, Samsung, IPhone, dll. Matot,Hard/Software. Hubungi: Me…

  • program naik turun BB

    Free Pendampingan Program Naik/Turun Berat Badan& Program Stamina Dengan Jus Nutrisi.

Menarik Juga »