PENERIMAAN MAHASISWA BARU
SBMPTN Diluncurkan 15 Maret

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

JAKARTA - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 direncanakan akan diluncurkan pada 15 Maret mendatang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. SBMPTN 2013 adalah mekanisme seleksi masuk PTN melalui ujian tertulis dan atau keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di 62 PTN.

“Siswa atau masyarakat bisa mengakses informasi terkait SBMPTN mulai 30 April,” kata Humas Panitia SNMPTN Bambang Hermanto. Pada rilis melalui media center Diknas, Bambang menyampaikan pendaftaran SBMPTN, dilakukan secara online seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Peserta yang boleh mengikuti adalah lulusan tahun 2013, 2012 dan 2011.

Bambang menuturkan daya tampung setiap perguruan tinggi masih dalam pembahasan. Jumlahnya, lanjut dia, tergantung dari rasio dosen dan mahasiswa, kapasitas ruang kelas dan lain sebagainya. “Harapan Pak Menteri daya tampung PT melalui jalur apapun seleksinya naik 10 persen,” imbuhnya.

Bambang menyebutkan ada tiga pola penerimaan masuk PTN yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Dia menjelaskan bagi PTN yang hanya menyelenggarakan dua pola yaitu SNMPTN dan SBMPTN saja, komposisi rata-rata nasional penerimaannya 60:40. Adapun bagi PTN yang menyelenggarakan tiga pola sekaligus porsinya 50:30:20. “ITB dan UNPAD sejak tahun lalu tidak menyelenggarakan lagi seleksi mandiri,” jelasnya.

Editor: | dalam: Pendidikan |
Iklan Baris
Menarik Juga »