LAPAS SLEMAN DISERBU
Ada Peristiwa Lain Sebelum Tragedi Hugo's

Anggota Polisi berjaga setelah terjadi penyerbuan di Lapas 2B Cebongan, Sleman, Sabtu (23/3). Sejumlah oknum bersenjata menyerbu lapas tersebut pada dini hari dan menyebabkan tewasnya 4 tahanan tersangka pelaku pembunuhan seorang anggota Kopassus yang terjadi pada Selasa (19/3) lalu. (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)Anggota Polisi berjaga setelah terjadi penyerbuan di Lapas 2B Cebongan, Sleman, Sabtu (23/3). Sejumlah oknum bersenjata menyerbu lapas tersebut pada dini hari dan menyebabkan tewasnya 4 tahanan tersangka pelaku pembunuhan seorang anggota Kopassus yang terjadi pada Selasa (19/3) lalu. (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

JOGJA — Komnas HAM mengungkapkan ada peristiwa yang terjadi sebelum tragedi penusukan anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI di Hugo’s Cafe yang berujung pada tragedi berdarah di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman.

Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila usai bertemu Gubernur DIY Hamengku Buwono X di Kepatihan, Kamis (28/3/2013) menyatakan, peristiwa penyerangan Lapas Cebongan, Sleman diindikasi terkait dengan sejumlah rentetan peristiwa. Tak hanya kasus penusukan anggota TNI Sertu Santoso di Hugo’s Cafe pada Selasa (19/3) yang melibatkan empat tersangka korban penembakan di Cebongan. Sebelum peristiwa di Hugo’s menurutnya juga ada peristiwa lain yang melibatkan oknum TNI.

Namun, ia tak mau menyebut dengan rinci apa peristiwa yang terjadi sebelum insiden di Hugo’s tersebut. Komnas HAM akan menyelidiki seluruh rentetan peristiwa tersebut. Kendati jenis peristiwa sebelum penyerbuan Cebongan adalah tindak pidana namun menurut Laila juga terkait dengan peristiwa Cebongan.

“Peristiwa sebelum di Hugo’s akan jadi penyelidikan. Sebenarnya tindak pidana (lebih pada penyelidikan polisi) tapi inikan saling terkait,” ujarnya. Laila menegaskan, peristiwa di Hugo’s Cafe merupakan tindak pidana bukan pelanggaran HAM karena pelakunya adalah masyarakat bukan aparat negara.

Belasan gerombolan bersenjata yang diduga anggota Kopassus pada Sabtu (23/3/2013) dinihari sebelumnya menembak mati empat tahanan di Lapas Cebongan Sleman. Peristiwa itu terjadi tak lama setelah anggota Kopassus Sertu Santoso tewas ditusuk di Hugo’s Cafe pada Selasa (19/3) yang menyeret empat tersangka yang tak lain korban penembakan.

Editor: | dalam: Sleman |
Iklan Baris
  • Mitsubishi 100% new

    Mitsubishi 100% New T120SS DP5juta,L300 DP15juta,CANTER 74S,74HD,SHDX DP20juta. Hubungi:08…

  • terapi untuk kesembuhan

    Anda Sakit Fisik, Emosi, Sudah Berobat Maksimal Belum Sembuh??? Konsultasi dan Terapi Hubu…

  • mau penghasilan tambahan?

    Bagi IRT,Mahasiswa/mahasiswi,Karyawaa dan ssebagainya yang Membutuhkan Uang/Penghasilan Ta…

  • program naik turun BB

    Free Pendampingan Program Naik/Turun Berat Badan& Program Stamina Dengan Jus Nutrisi.

  • packing teh celup

    Dibutuhkn Segera Kerja Sampingan Bisa Dikerjakan Dirumah Sendiri “Packing Teh Celup&…

  • Butuh tenaga kantor

    Butuh Tenaga Kantor Tanpa Tes Pria/Wanita, Part/Full Time. 17-48tahun. Income 2juta/bulan…

  • rumah diutara monjali

    Rumah Griya Asri Pratama, Utara Monjali (Balong-Donoharjo) Sisa 5 Unit Siap Huni+3 Siap Bg…

  • butuh kapster

    Butuh Kapster GREEN SPA Jl.Solo KM 15 Bogem. Rame ada Bonus,Pengalaman Tidak Diutamakan. 0…

  • Rumah dijual dekat bandara baru

    DP 12juta, Minimalis Mewah. Jalur 24jam. Bandara Baru di Polres Wates. Brimob Sentolo …

  • disewakan avanza

    Disewakan avanza+sopirnya untuk dalam/luar kota, melayani drop luar kota. Hubungi: 0811250…

Menarik Juga »