LAPAS SLEMAN DISERBU
Ada Peristiwa Lain Sebelum Tragedi Hugo's

Anggota Polisi berjaga setelah terjadi penyerbuan di Lapas 2B Cebongan, Sleman, Sabtu (23/3). Sejumlah oknum bersenjata menyerbu lapas tersebut pada dini hari dan menyebabkan tewasnya 4 tahanan tersangka pelaku pembunuhan seorang anggota Kopassus yang terjadi pada Selasa (19/3) lalu. (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)Anggota Polisi berjaga setelah terjadi penyerbuan di Lapas 2B Cebongan, Sleman, Sabtu (23/3). Sejumlah oknum bersenjata menyerbu lapas tersebut pada dini hari dan menyebabkan tewasnya 4 tahanan tersangka pelaku pembunuhan seorang anggota Kopassus yang terjadi pada Selasa (19/3) lalu. (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

JOGJA — Komnas HAM mengungkapkan ada peristiwa yang terjadi sebelum tragedi penusukan anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI di Hugo’s Cafe yang berujung pada tragedi berdarah di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman.

Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila usai bertemu Gubernur DIY Hamengku Buwono X di Kepatihan, Kamis (28/3/2013) menyatakan, peristiwa penyerangan Lapas Cebongan, Sleman diindikasi terkait dengan sejumlah rentetan peristiwa. Tak hanya kasus penusukan anggota TNI Sertu Santoso di Hugo’s Cafe pada Selasa (19/3) yang melibatkan empat tersangka korban penembakan di Cebongan. Sebelum peristiwa di Hugo’s menurutnya juga ada peristiwa lain yang melibatkan oknum TNI.

Namun, ia tak mau menyebut dengan rinci apa peristiwa yang terjadi sebelum insiden di Hugo’s tersebut. Komnas HAM akan menyelidiki seluruh rentetan peristiwa tersebut. Kendati jenis peristiwa sebelum penyerbuan Cebongan adalah tindak pidana namun menurut Laila juga terkait dengan peristiwa Cebongan.

“Peristiwa sebelum di Hugo’s akan jadi penyelidikan. Sebenarnya tindak pidana (lebih pada penyelidikan polisi) tapi inikan saling terkait,” ujarnya. Laila menegaskan, peristiwa di Hugo’s Cafe merupakan tindak pidana bukan pelanggaran HAM karena pelakunya adalah masyarakat bukan aparat negara.

Belasan gerombolan bersenjata yang diduga anggota Kopassus pada Sabtu (23/3/2013) dinihari sebelumnya menembak mati empat tahanan di Lapas Cebongan Sleman. Peristiwa itu terjadi tak lama setelah anggota Kopassus Sertu Santoso tewas ditusuk di Hugo’s Cafe pada Selasa (19/3) yang menyeret empat tersangka yang tak lain korban penembakan.

Editor: | dalam: Sleman |
Iklan Baris
  • Siap bantu,jual/beli tanah

    Siap bantu,jual/beli tanah dan bangunan di jogja. Minat hubungi: Bp Rahmad 0877 3835 6503 (property)…

  • Siap bantu konsultasi skripsi

    Siap bantu konsultasi skripsi, tesis, disertasi, KTI, program, all jurusan. Murah,profesional,garansi,nno plag…

  • Dibutuhkan 3 sales bawang goreng

    Dibutuhkan 3 sales bawang goreng asli brebes. Syarat: cewek/cowok untuk area jogja – solo, maksimal 30ta…

  • Butuh sales kosmetik

    Butuh sales kosmetik. Lamaran via WA 08812768955…

  • Umroh Murah 21,9Juta

    Umroh Murah 21,9Juta, All In Star Jogja, By Saudia, Landing Madinah, Hubungi: AMN Tour, HP/WA: 082135350114…

  • AB PROPERTI,

    AB PROPERTI, siap bantu jual-beli rumah dan tanah sesuai harapan. Hubungi: KAMAL telpon 0857-2770-3776…

  • Dijual tanah shm

    Dijual tanah shm pekarangan luas 215 m2, kembangarum, donokerto, turi, sleman. Minat harga 750.000/m2, nego hu…

  • Dibutuhkan seorang karyawan toko

    Dibutuhkan seorang karyawan toko. Islam taat, usia maks 25tahun, domisili sekitar wates Kulon Progo Hubungi: 0…

  • Gudang seng

    Gudang seng di jalan imogiri timur membutuhkan Tenaga bongkar muat usia maksimal 35 tahun. Hubungi: 0821383933…

  • Dijual tanah pekarangan

    Dijual tanah pekarangan L189m2, LD9m, Harga 275juta. mobil masuk,SHMP an.sendiri. Jakal km 10, Ngebo Ngaglik S…

sepatu
Menarik Juga »