Pedagang Desak Penyelesaian Pembangunan Pasar Sentolo

Foto Ilustrasi Pasar Tradisional 
JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul HidayatFoto Ilustrasi Pasar Tradisional JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

KULONPROGO-Kalangan pedagang Pasar Sentolo Kabupaten Kulon Progo, mendesak pemerintah setempat segera menyelesaikan pembangunan Pasar Percontohan Sentolo.

Perwakilan Perdagang Pasar Sentolo Gunawan di Kulon Progo, Kamis, mengharapkan pembangunan pasar dipercepat agar semua pedagang bisa tertampung, dengan prioritas pedagang pasar lama.

“Kami juga minta dilibatkan dalam pengelolaan tata ruang, meninjau keberadaan pasar modern di dekat pasar, bantuan dana pendampingan untuk pindah dan pasar lama dilarang digunakan untuk berjualan sehingga semuanya berada di pasar yang baru,” kata Gunawan Kamis (2/5).

Ia mengatakan kepindahan pasar, pada pertemuan awal di antara pedagang telah ada konsensus bahwa pedagang baru akan pindah kalau bangunan telah selesai 100%.

Jika tetap dipaksakan digununakan dengan kondisi saat ini, ada kemungkinan akan timbul kecemburuan sosial antar pedagang dan tidak komitmen dengan konsensus yang dibuat sesama pedagang.

“Kami mewakili para pedagang menyampaikan terimakasih dengan diberikan tempat jualan secara gratis. Dalam pemindahan pasar ini, kami dikalangan pedagang telah melakukan konsensus bersama bahwa Pasar Percontohan Sentolo belum akan ditempati, kalau belum bisa menampung seleruh pedagang untuk menghidari kecemburuan antar pedagang,” katanya.

Pedagang Pasar Sentolo Sukadi mengatakan dirinya mendukung sepenuhnya kepindahan pasar. Ia mengatakan, berbagai polemik yang muncul sebelumnya dari penolakan reloasi dikarenakan pembangunannya lamban. Untuk itu, antara pemkab dan pedagang kompak sehingga tidak terjadi permasalahan.

“Sebenarnya ini dilema karena belum jadi semua, sudah mau dibuka. Namun kami tetap mendukung pemindahan pedagang dan nantinya pasar lama di tutup,” kata dia.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pembangunan Pasar Percontohan Sentolo belum selesai dan tahap pertama ini baru dibangun beberapa kios di depan. Sementara bangunan los masih dalam tahap rencana pembangunan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki pemkab.

Kepala DisperindagESDM Djunianto Marsudi Utomo mengatakan Pasar Percontohan Sentolo yang dibangun dengan dukungan dana pusat termasuk 20 pasar percontohan se-Indonesia. Setelah selesai pembangunan mampu menampung 900 lebih pedagang. Sedangkan pasar Sentolo lama terdapat 525 pedagang.

“Pasar Sentolo yang baru ini nantinya diberikan gratis kepada para pedagang pasar Sentolo lama, hanya dikenakan retribusi saja. Sehingga kalau sekarang ada pendataan kerjasama dengan UGM kemudian akan ditarik biaya, itu jelas tidak benar sama sekali,”katanya.

Editor: | dalam: Kulon Progo |
Iklan Baris
  • Butuh Terapis Spa Salon

    Butuh Terapis Spa Salon Wanita maximal 28tahun,Menarik. Pengalaman Minimal 1tahunn+SMK Kecantikan. Jalan Paris…

  • Lowongan 4 SPG

    Lowongan 4 SPG/Assistant& 2 Admin/Kasir. Minimal SLTP/SLTA. Alamat Prima Textile Jalan Gejayan No.4 (sela…

  • Sedot WC Bersih

    Sedot WC Bersih, Saluran Air, Wastafel dll, Armada Tanki. Ringroad Hubungi: 085101428993/085729400769 Murah, B…

  • Dijual Tanah+Rumah

    Dijual Tanah+Rumah L:342m2, 600juta nego. SHM,listrik 1300 watt, air PAM, HUK, Tegalmulyo Kepek Wonosari. Hubu…

  • Jual Rumah LT461m

    Jual Rumah LT461m, LB260m KT dalam 3m KT luar 1,KM Dlm 3, KM Luar 1. Gudang, Mushola, Garasi 3 Mobil Taman Lam…

  • GALLERY STEEF

    GALLERY STEEF. Terima pesanan lukisan photo wajah/ hewan dll. Alamat Tegalsari Siraman Wonosari. Hubungi: 0878…

  • Ahli sumur/ Sedot wc

    Ahli sumur/ Sedot wc, SUKADI, NGLIPAR, hubungi. 081 804 060 050…

  • Dikontrakkan Rumah 2 Lantai Dekat Jogja Bay

    Dikontrakkan Rumah 2 Lantai Dekat Jogja Bay& Stadion Maguwoharjo. 3Kamar Tidur, 2Kamar Mandi, Listrik 220…

  • Jual Tanah SHM L1711m

    Butuh Uang,Jual Tanah SHM L1711m,Lokasi Di Puncak Gunung Sempu Bantul, Pinggir Jalan Aspal,diHUUK. Hubungi: 08…

  • Cocok untuk Kuliner

    Dikontrakkan Ruang Usaha Di Belakang Lippo Plaza, Dilingkungan Kos-kosan, Cocok untuk Kuliner. Hubungi: 087839…

468x60 ad code [Channel Inner]
Menarik Juga »