KURIKULUM 2013
10 SD Didaftarkan Jadi Percontohan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Solo

SOLO – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo mendaftarakan 10 sekolah dasar (SD) sebagai sekolah percontohan penerapan kurikulum 2013. Masing-masing kecamatan di Solo memiliki dua kandidat sekolah percontohan program tersebut.

Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar SD dan Anak Usia Dini (AUD), Tatik Sudiarti, mewakili Kepala Bidang Pendidikan Dasar SD dan AUD Disdikpora Solo, Wahyono, memaparkan 10 SD yang dimaksud yakni SD Ta’mirul Islam dan SD Negeri Mangkubumen (Kecamatan Laweyan), SD Negeri Kemasan I dan SD Al Islam 2 Jamsaren (Kecamatan Serengan), SD Negeri Harjodipuran dan SD Pangudi Luhur (Pasar Kliwon), SD Negeri Bulukantil dan SD Negeri Sabrang Lor (Jebres) serta SD Kristen Manahan dan SD Negeri Bromantakan (Banjarsari).

Namun, Tatik menegaskan, status kesepuluh SD masih didaftarkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

“Penetapan kesepuluh SD menunggu undangan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jateng. Saat ini, kami baru mengirimkan data guru kelas I dan kelas IV serta kepala sekolah yang kami daftarkan. Guru yang positif ditetapkan berdasarkan undangan akan mengikuti training of trainer (TOT) operasional kurikulum 2013 di Semarang,” terangya ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (6/5/2013).

Menurut Tatik, selain menerapkan di sekolah masing-masing, guru yang telah mendapatkan TOT berkewajiban menularkan ilmunya kepada guru di sekolah lain. Dia menambahkan, kurikulum 2013 mulai diberlakukan secara bertahap dan terbatas di SD percontohan mulai tahun ajaran 2013/2014, tepatnya bulan Juli mendatang.

Penetapan nominasi sekolah percontohan berdasarkan kuota jumlah SD menjadi percontohan di setiap kabupaten/kota dan status sebagai SD inti.

“Di setiap kabupaten/kota telah ditetapkan 10 SD sebagai sekolah percontohan kurikulum 2013. Adapun pemilihan SD inti karena pertimbangan memiliki sarana prasarana dan tenaga pendidik dinilai memadai untuk proses pengembangan pendidikan,” tuturnya.

Terpisah, Kepala SD Negeri Harjodipuran, Zainal Arif, mengatakan pihaknya sudah menerima pemberitahuan dari Disdikpora Solo terkait rencana percontohan. Namun, hingga kini pihaknya belum menerima sosialisasi lebih lanjut dari Disdikpora Solo. Pihaknya mengaku telah mengirimkan biodata guru kelas I, guru kelas IV dan kepala sekolah kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jateng. Jumlah siswa kelas III yang pada tahun ajaran 2013/2014 menjadi calon penerima kurikulum baru sebanyak 34 anak. Untuk siswa kelas I, pihaknya masih menunggu berakhirnya masa pendaftaran penerimaan siswa baru.

“Secara umum, kami siap untuk menjalani kurikulum baru. Sebenarnya, kuota siswa untuk satu rombongan belajar (kelas) dalam kurikulum baru sebanyak 32 anak. Hal itu berlaku bagi siswa yang baru masuk (kelas I), tetapi jika jumlahnya kurang dari 32 masih diperbolehkan,” terangnya.

Editor: | dalam: Pendidikan |
Iklan Baris
  • Kredit murah tanpa jaminan

    Anda Punya Usaha 5-10juta Tanpa BPKB, 11-20juta Pakai BPKB. Minat Hubungi: DIAN BAV 087738…

  • Dicari tukang sablon kaos

    Dibutuhkan tukang sablon untuk konveksi, kaos, jaket, seragam.Gaji UMR+uang lembur.Hubungi…

  • Optik natural

    OPTIK NATURAL Melayani Cek Mata Panggilan,konsultasi. Jl.Rajawali Ngebel RT 6 (Belakang UM…

  • pasang gigi dan bahel

    Pasang Gigi&Behel Berkwalitas&Bergaransi Harga@50ribu@100ribu, MAS EKO: 08157894…

  • Dibutuhkan desainer web

    Dibutuhkan Segera Orang Yang Menguasai Komputer Khususnya WEB & Desain Konveksi&…

  • Dibutuhkan karyawan alfa decor

    Dibutuhkn Karyawan&Karyawati Ada Gaji+Komisi Hubungi ALFA DECOR Jl.Mentri Supeno No.1…

  • Program toyota DP murah

    Program Toyota Gebyar Awal Tahun DP Ringan Angsuran Rendah Kredit Tanpa Telakan. Info: AMI…

  • Optik Aruni

    OPTIK ARUNI. Melayani: cek mata panggilan,konsultasi,JL.Letjend.Suprapto, No 1(utara kanto…

  • Rumah kayu jati murah

    Siapa Cepat Dapat! SEGERA! Termurah di Yogya,36 Hanya 240juta Kayu Jati Tinggal 2 Unit,SHM…

  • Ready baja ringan

    Ready Baja Ringan CNP75.075 Asli, Ukuran Nyata,SNI,Barang bagus Harga:69ribu Beli Partai l…

Menarik Juga »