KURIKULUM 2013
146 Sekolah di DIY Akan Ikuti Kurikulum Baru

Ilustrasi (JIBI/Solopos.com)Ilustrasi (JIBI/Solopos.com)

JOGJA—Sebanyak 146 sekolah di DIY akan mulai menerapkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran baru 2013/2014. Hingga saat ini, rincian sekolah dan petunjuk teknis tentang kurikulum itu belum diterima oleh Dinas Pendidikan Provinsi DIY.

Kabid Perencanaan dan Standarisasi Dinas Pendidikan Provinsi DIY, Suraya mengungkapkan jumlah 146 sekolah itu mencakup mulai SD, SMP hingga SMA dan SMK.

“Jumlah itu saya ketahui dari pengumuman Menteri Pendidikan Nasional. Kalau secara resmi belum menerima surat resmi rincian dan petunjuk teknisnya,” kata Suraya, Selasa (7/5/2013).

Menurut dia, jumlah itu hanya sebagian kecil dari sekolah yang ada di DIY. Untuk menentukan sekolah mana yang akan menjadi lokasi penerapan kurikulum baru ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota. Sekolah ini akan didahulukan yakni sekolah unggulan seperti eks RSBI, sekolah berstandar nasional dan terakreditasi A.

Ia menyebutkan, kurikulum baru pengganti kurikulum 2006 ini dipastikan akan berlaku pada tahun ajaran baru, Juli mendatang. Waktu dua bulan ini menjadi persiapan. “Di Kementerian masih dilakukan penggodokan, kami menunggu hasilnya untuk dilaksanakan,” jelas Suraya.

Kabid Pendidikan Dasar dan TK Dinas Pendidikan Kota Jogja, Sugeng Mulyo Subono memperkirakan persiapan kurikulum baru akan dilakukan usai pelaksanaan ujian nasional (UN) ini. “Saat ini, bidang pendidikan masih fokus untuk UN, nanti setelah selesai UN baru fokus di persiapan kurikulum baru,” katanya.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Iklan Baris
Menarik Juga »