Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Diresmikan

PLTH

KULONPROGO—Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo melakukan peletakkan batu pertama proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Dusun Semawung, Banjarharjo, Kalibawang, Kamis (16/5/2013).

Komisaris PT Energi Puritama Masyuri mengatakan, listrik yang akan dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga air mencapai 600 kilowatt. Pembangunan dilakukan diatas lahan seluas 2.000 meter persegi dengan total investasi mencapai lebih dari Rp10 milyar.

“Listrik yang dihasilkan akan digunakan untuk meningkatkan daya mampu PLN dengan total kapasitas mencapai 600 kilowatt. Proses penyaluran nantinya dilakukan langsung oleh PLN,”ucapnya

Ia melanjutkan, sebagian besar material yang digunakan dalam pembangunan pembangkit listrik tersebut merupakan produksi dalam negeri mulai dari mesin, turbin hingga konstruksi bangunan. Sistem kerja pembangkit listrik tersebut memanfaatkan terjunan dan debit air dari Sungai Progo yang mengalir di wilayah Semawung.

Hasto mengatakan Terkait Pembangunan PLTMH , di Kulonprogo saat ini ada enam titik potensial untuk dimanfaatkan. Lima di antaranya berada di Kalibawang, dan sisanya ada di Saluran Kamal.

Editor: | dalam: Kulon Progo |


Iklan Cespleng
Menarik Juga »