Pegal-Pegal? Pakai Saja Rompi Pijat Karya Mahasiswa UGM

Foto Mahasiswa UGM kembali berinovasi dengan meluncurkan rompi pijat praktis dan otomatis bernama Premiere Vest, Jumat (7/6).
JIBI/Harian Jogja/Mediani Dyah NataliaFoto Mahasiswa UGM kembali berinovasi dengan meluncurkan rompi pijat praktis dan otomatis bernama Premiere Vest, Jumat (7/6). JIBI/Harian Jogja/Mediani Dyah Natalia

Mahasiswa UGM kembali berinovasi. Kali ini kreativitas yang dihasilkan merupakan padu padan antara teknologi inframerah dan getaran mekanik pada sebuah rompi pijat praktis dan otomatis.

Persaingan pekerjaan yang semakin ketat dan menimbulkan stres, gaya hidup tak sehat maupun aktivitas yang berat dapat mengakibatkan tubuh cepat lelah. Umumnya keluhan kelelahan ini dirasakan di sekitar bahu dan punggung.

Melihat realitas ini, Aris Prayitno dari Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada (UGM), Agus Budiman dari D3 Teknik Elektro Sekolah Vokasi UGM, Syifa Salma dan Hilma Tsurayya dari Fakultas Kedokteran (FK) UGM tertarik untuk mengembangkan alat pijat otomatis yang praktis. Dari sekian opsi, keempatnya sepakat memilih rompi sebagai media pengantar.

“Kami memilih rompi karena pusat kelelahan ada di bagian bahu dan punggung. Sabuk terbatas di daerah tertentu, kursi tidak dapat dibawa-bawa, alat penggosok butuh tenaga dari pengguna karena harus menggosok alat ke bagian yang lelah,” jelas Aris ketika ditemui di FK UGM, Jumat (7/6/2013).

Atas alasan-alasan tersebut, keempatnya sepakat memilih rompi agar target meredakan lelah di area bahu dan punggung dapat teratasi. Sekitar 5 bulan yang lalu, tim memulai penelitian dengan memadukan teknologi inframerah dan getaran mekanis pada tiap unit pijat yang ditempatkan di trigger point (titik-titik pada otot punggung yang sering mengalami kelelahan).

Menurut Syifa inframerah bermanfaat dalam melancarkan aliran darah, mengurangi kekakuan sendi, mengurangi peradangan, mengurangi sensasi nyeri dan relaksasi otot.

Getaran mekanis pada trigger point membantu menghilangkan spasme dan nyeri otot serta menurunkan stres psikologis. Sebab getaran yang ditimbulkan menstimulus produksi endorphin, hormon pereda stres.

“Dalam rompi ini, kami memasang 8 unit pijat yang mengarah pada 6 trigger point. Di bagian atas, sengaja kami pasang horisontal untuk meredakan nyeri di bahu, sedang yang bawah secara vertikal untuk meredakan keluhan di punggung,” imbuh Hilma.

Ia memaparkan, mekanisme alat bekerja dimulai saat pengguna mengaktifkan kontrol pengendali rompi. Pengguna dapat memilih kecepatan dan durasi pemakaian. Selanjutnya, getaran mekanik mulai bekerja sedang teknologi inframerah menghasilkan rasa hangat.

Getaran yang ada membantu melenturkan jaringan kolagen untuk mengurangi kekakuan pada sendi, sedangkan rasa hangat yang dihasilkan akan mengakibatkan pembuluh darah melebar sehingga sirkulasi darah menjadi lancar dan ketegangan otot berkurang.

Rompi seberat 1 kg ini, mendapat dukungan tenaga dari baterai arus DC 9,7 volt. Adapun biaya yang dihabiskan dalam penelitian yang mengalami bongkar pasang berkali-kali ini mencapai Rp2 juta.

“Karena sudah dapat hasil yang tetap, ke depan kami bisa memproduksi rompi dengan nama Premiere Vest ini dengan harga Rp800.000,” kata Aris.

Dari uji coba yang dilakukan di Sunday Morning (Sunmor) UGM, tim mendapatkan masukan dari warga sekitar untuk memperbaiki penataan unit pijat. Sebab bagi beberapa orang, unit pijat prototip ini dirasa kurang pas karena ukuran tiap orang berbeda-beda. Atas masukan ini, keempatnya berencana merancang rompi pijat dengan ukuran small (S), medium (M) dan large (L).

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Iklan Baris
  • Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt

    Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt, smu/smk. Lamaran dikirim ke Ayam Goreng Fatmawati, foodcourt M…

  • AB PROPERTI,

    AB PROPERTI, siap bantu jual-beli rumah dan tanah sesuai harapan. Hubungi: KAMAL telpon 0857-2770-3776…

  • Butuh sales kosmetik

    Butuh sales kosmetik. Lamaran via WA 08812768955…

  • Teh Liongtea

    Anda diabet, asam urat, kolesterol, hipertensi dll. Minum Teh Liongtea, TERBUKTI!!! Segera pesan ke 0878-3989-…

  • Siap bantu konsultasi skripsi

    Siap bantu konsultasi skripsi, tesis, disertasi, KTI, program, all jurusan. Murah,profesional,garansi,nno plag…

  • Dijual tanah pekarangan

    Dijual tanah pekarangan L189m2, LD9m, Harga 275juta. mobil masuk,SHMP an.sendiri. Jakal km 10, Ngebo Ngaglik S…

  • Siap bantu,jual/beli tanah

    Siap bantu,jual/beli tanah dan bangunan di jogja. Minat hubungi: Bp Rahmad 0877 3835 6503 (property)…

  • Dibutuhkan seorang karyawan toko

    Dibutuhkan seorang karyawan toko. Islam taat, usia maks 25tahun, domisili sekitar wates Kulon Progo Hubungi: 0…

  • Gudang seng

    Gudang seng di jalan imogiri timur membutuhkan Tenaga bongkar muat usia maksimal 35 tahun. Hubungi: 0821383933…

  • Umroh Murah 21,9Juta

    Umroh Murah 21,9Juta, All In Star Jogja, By Saudia, Landing Madinah, Hubungi: AMN Tour, HP/WA: 082135350114…

kai-072-s-0024-1lawasan-colet-65rb-230x100-print
Menarik Juga »