KPU Bantul Susun Daftar Pemilih Sementara Hingga 9 Juli

KPU logo

BANTUL-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, hingga saat ini masih menyusun daftar pemilih sementara untuk Pemilihan Umum legislatif dan Pemilihan Presiden 2014.

“Kaitannya dengan tahapan pemilu, saat ini kami masih dalam proses penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) yang berlangsung sampai 9 Juli mendatang,” kata Komisioner KPU Bantul Nuruddin Latif di Bantul, Selasa (25/6/2013).

Dalam menyusun DPS tersebut pihaknya mengoptimalkan semua panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) sesuai dengan wilayah tugas masing-masing.

“PPK dan PPS saat ini sedang ‘input’ data dari hasil verifikasi petugas panitia pemutakhiran data pemilih [pantarlih] sebanyak 2.298 orang sesuai jumlah tempat pemungutan suara (TPS), untuk kemudian diproses menjadi DPS,” katanya.

Ia mengatakan setelah semua data pemilih dipastikan masuk dalam daftar, maka hasilnya akan dirapatkan bersama untuk penetapan DPS pada 10 Juli, dan selanjutnya diumumkan ke publik sehari sesudahnya hingga dua pekan.

Dalam pemutakhiran data pemilih untuk proses penyusunan DPS, KPU Bantul mengacu pada jumlah daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) di Bantul sebanyak 716.356 orang, jumlah tersebut termasuk daftar pemilih pemula.

Namun, kata dia, dalam DPS nanti pihaknya memprediksikan terjadi penambahan jumlah karena dalam pemutakhiran data pemilih tersebut, penduduk yang berdomisili di Bantul juga didata selain penduduk yang ber-KTP Bantul.

“Logikanya akan bertambah, karena DP4 itu yang murni penduduk Bantul, sementara pendataan selain berdasarkan pada de jure juga de facto, jadi seperti mahasiswa luar daerah yang berdomisili di Bantul tetap didata,” katanya.

Selain penyusunan DPS, katanya, dalam tahapan pencalonan anggota DPRD Bantul, pihaknya sedang menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat untuk sebanyak 466 calon yang masuk dalam daftar calon sementara (DCS).

“Masukan dan tanggapan masyarakat untuk DCS masih kami terima hingga 27 Juni, sejauh ini memang belum ada masukan resmi kami terima, namun hanya masukan yang tidak memenuhi syarat, sehingga tidak ditindaklanjuti,” katanya.

Editor: | dalam: Bantul |
Iklan Baris
  • program naik turun BB

    Free Pendampingan Program Naik/Turun Berat Badan& Program Stamina Dengan Jus Nutrisi.

  • terapi untuk kesembuhan

    Anda Sakit Fisik, Emosi, Sudah Berobat Maksimal Belum Sembuh??? Konsultasi dan Terapi Hubu…

  • mau penghasilan tambahan?

    Bagi IRT,Mahasiswa/mahasiswi,Karyawaa dan ssebagainya yang Membutuhkan Uang/Penghasilan Ta…

  • packing teh celup

    Dibutuhkn Segera Kerja Sampingan Bisa Dikerjakan Dirumah Sendiri “Packing Teh Celup&…

  • disewakan avanza

    Disewakan avanza+sopirnya untuk dalam/luar kota, melayani drop luar kota. Hubungi: 0811250…

  • butuh kapster

    Butuh Kapster GREEN SPA Jl.Solo KM 15 Bogem. Rame ada Bonus,Pengalaman Tidak Diutamakan. 0…

  • Rumah dijual dekat bandara baru

    DP 12juta, Minimalis Mewah. Jalur 24jam. Bandara Baru di Polres Wates. Brimob Sentolo …

  • Mitsubishi 100% new

    Mitsubishi 100% New T120SS DP5juta,L300 DP15juta,CANTER 74S,74HD,SHDX DP20juta. Hubungi:08…

  • rumah diutara monjali

    Rumah Griya Asri Pratama, Utara Monjali (Balong-Donoharjo) Sisa 5 Unit Siap Huni+3 Siap Bg…

  • Butuh tenaga kantor

    Butuh Tenaga Kantor Tanpa Tes Pria/Wanita, Part/Full Time. 17-48tahun. Income 2juta/bulan…

Menarik Juga ยป