MUDIK LEBARAN 2013
Pemudik Mulai Padati Merak-Bakauheni

Ilustrasi kepadatan penumpang di Pelabuhan Merak (JIBI/Solpos/Antara/Asep Fathulrahman)Ilustrasi kepadatan penumpang di Pelabuhan Merak (JIBI/Solpos/Antara/Asep Fathulrahman)

Solopos.com, MERAK — Pemudik pejalan kaki dan pemudik yang menumpang kendaraan bermotor mulai memadati Pelabuhan Merak, Banten, menjelang hari ke-10 sebelum Lebaran. Kepadatan calon penumpang kapal, Minggu (28/7/2013), membuat kawasan pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni macet.

“Para pemudik tiba di Pelabuhan Merak secara bersamaan sekitar pukul 20.00 WIB,” ungkap Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo di Merak, Minggu. Mario memperkirakan jumlah kendaraan malam itu lebih dari 6.000 unit yang terdiri atas sepeda motor, mobil pribadi maupun truk.

Menurut dia, meskipun terjadi kepadatan penumpang maupun kendaraan di Pelabuhan Merak tetapi perjalanan kapal lancar dan para penumpang bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung dengan baik. Tetapi demi meraih hasil terbaik itu, petugas Pelabuhan Merak bekerja keras mengatur atus lalu lintas di sekitar dermaga 1 hingga dermaga 4.

Dijelaskannya, jumlah dermaga Pelabuhan Merak yang difungsikan saat ini hanya empat menyusul robohnya jembatan dermaga lima beberapa waktu lalu. “Dengan empat dermaga itu arus kendaraan yang hendak naik ke atas kapal lancar meskipun terjadi kemacetan,” aku Mario.

PT ASDP Merak mengoperasikan sebanyak 28 kapal roll on roll of (roroI) untuk mengatasi lonjakan pemudik itu. Ke-28 kapal tersebut bisa melakukan perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni hingga 90 trip setiap hari. Setelah aktivitas bongkar muat selesai, antara 30 sampai 40 menit setiap kapal diberangkatkan menyeberangkan penumpang. “Kami akan menambah kapal lagi jika terjadi peningkatan penumpang dan kendaraan,” jelasnya.

Sejumlah penumpang mengakui setiba di Pelabuhan Merak, mereka bisa terlayani dengan baik sehingga bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung secara normal. “Kami sudah tiga tahun jika mudik ke Pulau Sumatra berangkat malam hari melalui Pelabuhan Merak,” kata Agus, seorang penumpang yang hendak mudik ke Palembang.

Editor: | dalam: Info Mudik,Peristiwa |
Iklan Baris
  • Perum dibangunjiwo

    Tinggal 9 Unit Bangunjiwo Bantul Legal Resmi Tipe 36/74 250jutaan. Hubungi:ARIF 0877385386…

  • spesialis motor matic

    Specialis Motor Matic (Karburator& Injeksi) Hubungi: Agus Jaya Motor Handphone. 08175…

  • Kerja dalam kantor

    Galau Belum Kerjs?pensiun?di Phk?sms DataDiri Ke 087738332863. Serius Langsung Kerja Dalam…

  • pasang gigi behel

    pasang gigi&Behel Berkwalitas&Bergaransi Harga@50ribu@100ribu, MAS EKO: 08157894…

  • cuci gudang barang elektronik

    Cuci gudang! TV/LCD/DVD/AC/Kulkas/M.cuci/Speaker/Game/Kompor gas/Blender/Magic com /PS (GE…

  • dibutuhkan tenaga cuci mobil

    Dicari beberapa tenaga cuci mobil,hubungi.Griya Oto jl. Menukan 12 Yogyakarta(Sebelah timu…

  • Dikontrakkan rumah di perum tirtasani

    Dikontrakkan 1Rumah, 2LT, Fasilitas Lengkap di Perum Tirtasani Lokasi Dekat Pintu Utama, P…

  • Dijual mitsubishi

    Djual 1.Mitsubishi fe349 Truck 2002 Kuning H-SS, 2.Isuzu Box 2009, Putih,AB-HN,Hubungi:PT…

  • Pijat tradisional

    Pijat tradisional ibu Sumiyati Pelem Lor P/W 087803944987 085848895957 085229791137 terima…

  • investasi perumahan

    Invesasi Perumahan Siap Bangun Sebelahan Calon Kampus UIN SUKA GUASARI PAJANGAN Bantul Tip…

Menarik Juga »