SKANDAL DANA HIBAH PERSIBA
Jadi Tersangka, Edi Bowo Masih Melenggang

ilustrasiilustrasi

Harian Jogja.com, BANTUL—Tersangka korupsi dana hibah untuk klub sepak bola Persiba Bantul, Edi Bowo Nurcahyo, hingga kini masih menjabat sebagai Kepala Bagian Kerja Sama dan Pengembangan Ekonomi Daerah Pemkab Bantul. Pemkab tak akan memberhentikan Edi dari jabatanya sebelum ada penahanan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY.

Sekda Bantul, Riyantono, saat dikonfirmasi Selasa (13/8/2013) mengatakan, mantan Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Bantul itu masih bertugas di Pemkab Bantul. Sebab kata dia, status Edi masih sebatas tersangka dan belum ditahan. “Sampai sekarang masih menjabat belum diberhentikan,” ujarnya.

Pemkab, kata Riyantono, berpatokan pada peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai PNS bermasalah dalam hal perkara pidana. Sesuai aturan, seorang PNS baru diberhentikan bila telah menjadi tersangka dan ditahan.

Bila kemudian ditahan lalu menjalani persidangan dan divonis bersalah oleh pengadilan atau mempunyai kekuatan hukum tetap, baru yang bersangkutan diberhentikan dari statusnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

“Itu pun harus dibedakan antara diberhentikan sementara dengan diberhentikan permanen. Kalau diberhentikan sementara, artinya diberhentikan dari jabatanya. Tapi kalau kemudian putusan pengadilan menyatakan bersalah atau menjadi terpidana, maka diberhentikan sebagai PNS,” ujar Toni sapaan akrabnya.

Namun bila ternyata di pengadilan Edi Bowo tak bersalah, nama baiknya akan direhabilitasi serta tak perlu diberhentikan sebagai PNS.

Edi Bowo sendiri sejak ditetapkan sebagai tersangka tak bisa dikonfirmasi. Selain kerap tak berada di tempat saat disambangi, ia juga tak mengangkat telepon atau membalas pesan singkat yang dikirim kepadanya.

Diberitakan sebelumnya, Kejati DIY menetapkan Edi Bowo Nurcahyo dan mantan Bupati Bantul sekaligus mantan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bantul Idham Samawi sebagai tersangka korupsi dana hibah Persiba yang digelontorkan lewat APBD 2010-2011.

Editor: | dalam: Bantul |
Iklan Baris
  • Salon Shinta

    Salon SHINTA, Melayani rias pengantin,dan lain lain alamat.Jl raya-semanu, baleharjo,Wonos…

  • Pijat urat kejepit

    Tukang Pijat Urat Kejepit Kesleo Sakit Pinggang & Kesemutan. Pak Joko Bisa Dipanggil.

  • kos putra

    Kos Putra 2juta/tahun/NEGO Tempat Strategis Hubungi:0274-2612916/085643267282…

  • Dicari karyawan dan sopir

    Dicari karyawan& Sopir laki laki untuk kirim barang (helper) Hubungi: mutiara jl. Dr…

  • NSC Finance

    Dana super cepat!! NSC Finance taksiran tinggi,angsuran murah,cair hari ini.Aman: Adit 085…

  • Terima kos putri Sakura

    Terima kos putri Sakura. Fasilitas: 3,5×4 AC,bedcover,meja,kamar mandi dalam. Harga m…

  • Bengkel RPM Handayani

    BENGKEL RPM HANDAYANI,melayani PRESS BODY, dengan mesin pres, selatan terminal lama,baleha…

  • Pengobatan Alternatif

    ALTERNATIF NUR KHALIFAH, Pengobatan alternatif R.Bayu Segoro,0878 3819 2424/ 0838 6960 927…

  • Ahli sumur

    AHLI SUMUR/ SEDOT WC, SUKADI, NGLIPAR, HUBUNGI. 081 804 060 050…

  • Mitra Tekhnik

    MITRA TEKHNIK, melayani perbaikan alat rumah tangga dan jual beli elektronik, 08770958010…

Menarik Juga »