Stok Darah Kosong, PMI Kota Jogja Jemput Bola Cari Pendonor

Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JOGJA – Untuk mengantisipasi permintaan darah yang makin banyak, PMI Kota Yogyakarta mengirimkan pesan singkat telepon kepada penderma darah sukarela untuk melakukan donor darah apabila sudah waktunya.

Koordinator Pencarian dan Pelestarian Donor Darah Sukarela PMI Kota Jogja Noor Edy Hidayatullah mengatakan setiap penderma darah rutin sebaiknya melakukan donor darah setiap tiga bulan sekali.

“Sudah kami kirimkan pesan kepada penderma darah sukarela. Namun, belum banyak yang datang. Mungkin masih disibukkan oleh kegiatan masing-masing,” katanya, Jumat (16/8/2013).

Jumlah penderma darah sukarela yang aktif melakukan donor darah secara rutin di PMI Kota Yogyakarta tercatat sekitar 25.000 orang.

Jika ada penderma darah sukarela yang datang ke PMI, lanjut dia, sudah akan langsung diminta oleh masyarakat yang menunggu di PMI untuk memperoleh darah.

Pada hari Sabtu (17/8), PMI Kota Yogyakarta akan melayani kegiatan donor darah bersama di dua lokasi. Namun, dari masing-masing lokasi tersebut, akan diikuti oleh sekitar 50 orang sehingga hasil yang diperoleh tidak akan mampu mencukupi permintaan dari masyarakat.

Ia memperkirakan bahwa stok darah di PMI Kota Yogyakarta akan kembali normal pada awal September.

Sebelumnya, ia mengatakan stok darah di Unit Donor Darah PMI Kota Jogja pasca-Lebaran makin menipis setiap hari bahkan dalam beberapa hari terakhir kosong.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Iklan Baris
Menarik Juga ยป