PEMILU 2014
Daftar Pemilih Sementara Berkurang 6.106 Jiwa

Foto ilustrasi Pemilu 2014 (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)Foto ilustrasi Pemilu 2014 (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul menemukan ada penurunan jumlah Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP) sebanyak 6.106.

Anggota Komisioner Divisi Teknis KPU Gunungkidul, Zaenuri Ikhsan mengatakan jumlah DPS sebelum perbaikan ada 607.555. Namun, hasil rapat pleno KPU Gunungkidul mengenai rekap DPS HP yang digelar 17 Agustus lalu berkurang menjadi 601.449.

Ia menambahkan, jumlah tersebut terdiri dari 291.563 laki-laki dan 309.886 perempuan. Zaenuri mengungkapkan ada beberapa penyebab penurunan jumlah tersebut.

“Banyak yang masih dobel, berbeda nama tapi orangnya sama seperti nama tua dan nama kecil. Selain itu, sebagian kecil sudah meninggal,” papar dia kepada Harian Jogja, Senin (19/8/2013).

Ketua KPU Gunungkidul, Sukimin menambahkan DPS HP tersebut kembali diumumkan kepada masyarakat pada 17-23 Agustus. Ia mengatakan pengumuman tersebut bertujuan agar DPS HP mendapatkan tanggapan dari masyarakat kembali.

“Kami sangat mengharapkan peran aktif masyarakat dalam mengecek DPS HP yang sudah diumumkan sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” papar dia.

Masukan dari masyarakat tersebut nantinya akan menjadi dasar perbaikan DPS HP yang akan dilakukan mulai 24 Agustus hingga 6 September. Tahapan tersebut kemudian dilanjutkan dengan penyerahan DPS HP akhir kepada KPU oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 7-10 September.

“Penetapan DPT akan dilakukan pada 7-13 September,” pungkas dia.

Editor: | dalam: Gunung Kidul |
Iklan Baris
Menarik Juga »