KONFLIK PARANGKUSUMO
Polres Bantul Tak Mau Gegabah

Beberapa warung liar di Parangkusumo dibongkar petugas, beberapa waktu lalu.Beberapa warung liar di Parangkusumo dibongkar petugas, beberapa waktu lalu.

Harian Jogja.com, BANTUL—Polres Bantul bersikap hati-hati terkait konflik yang terjadi di Pantai Parangkusumo. Sampai saat ini, polisi belum menemukan indikasi tindak kriminal dalam perkara ini.

Sebelumnya, sejumlah warga mengadukan adanya beberapa tempat karaoke di area Pantai Parangkusumo ke Polres Bantul lantaran dianggap mengganggu ketenangan peziarah yang menjalani ritual di Cepuri Parangkusumo.

Tempat karaoke tersebut juga dianggap potensial jadi tempat peredaran narkoba dan sering muncul perkelahian. Menurut sejumlah warga, beberapa tempat hiburan di Parangkusumo dimiliki anggota polisi.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan Amin, mengatakan pihaknya tak bisa gegabah menangani konflik di Pantai Parangkusumo yang telah bertahun-tahun terjadi. Menurutnya banyak kepentingan di daerah itu. Ada warga yang kontra dengan keberadaan tempat hiburan malam itu, namun juga ada yang pro.

Penanganan masalah itu menurut Kapolres lebih tepat ditangani Pemkab Bantul. Polisi menurutnya justru kesulitan untuk bertindak karena sejauh ini tak ditemukan indikasi kriminal.

“Belum ditemukan tindak kriminal [narkoba, perkelahian], mending kalau ada perkelahian atau bunuh membunuh sekalian justru langsung kami tangkap karena pasal yang dikenakan jelas,” ujar Ihsan, belum lama ini.

Sementara terkait sejumlah anggota kepolisian yang ikut membuka hiburan malam di Parangkusumo pihaknya kata dia tak dapat melarang. “Itu usaha orang, hanya kebetulan dia polisi. Kalau misalnya dia tidak ada izin usaha, itu urusanya ke Satpol PP [Polisi Pamong Praja] bukan polisi,” katanya.

Kabid Penegakan Perda Satpol PP Bantul, Jati Bayu Broto, mengatakan, Pemkab berencana menutup dan membongkar tempat-tempat karaoke di Parangkusumo. Alasanya karena keberadaanya ilegal, selain mendapat penolakan dari sebagian warga. Bangunan tempat hiburan itu tak mengantongi izin gangguan dan izin mendirikan bangunan (IMB). “Kami tak bisa memberi IMB di atas Sultan Ground,” kata Jati, Kamis (22/8/2013).

Editor: | dalam: Bantul |
Iklan Baris
  • karyawan optik

    Optik Munggur butuh karyawati jaga toko,wanita single maksimal 30tahun,minimal.smu/smk,kir…

  • karyawan CV margo kaos

    Loker Pria bagian produksi dan wanita administrasi bisa komputer familier dengan internet…

  • pasang gigi behel

    Pasang Gigi&Behel Berkwalitas&Bergaransi Harga@50ribu@100ribu, MAS EKO: 08157894…

  • belanja gratis selamanya

    Belanja 3x Gratis Selamanya+Bonus Belasan juta Rupiah Segera Jadi Leader 085602162712…

  • dijual ruko dan tanah

    Ruko(360m)&Tanah 3000m,Semua Dekat Bandara Kulon Progo(Temon)Strategis,Jalan Propinsi…

  • dicari karyawan untuk jualan

    Dicari Karyawan-karyawati Untuk Jualan,Jaga Toko&Kirim Barang (Helper) Hubungi:Toko M…

  • jual alat laundry

    BU Jual Alat Laundry,2Mesin Cuci Elektrolux,Pengering,Rak Kaca,3 Meja,Setrika,Timbangan Di…

  • janda damba duda/single

    JANDA 35 Berjilbab,Manis,Damba Single/Duda,Usia Harus 35-45Tahun !!,Mapan/PNS:087736391946…

  • tanah dekat bandara baru

    Tanah Strategis Dekat Bandara Baru, SHM LT:1700M LB:30M NEGO. Hubungi: 081226805354…

  • ahli sumur

    Ahli Sumur Bor/Gali/Servis Pompa/ Sedot WC/Saluran Buntu. Pak Wen 02746579319 Blawong 0813…

Menarik Juga »