KONFLIK KERATON SOLO
Polisi Minta Ahli Cagar Budaya Hitung Kerugian Perusakan Pintu Sasana Putra

Dobrak Pintu Sasana PutraWarga Baluwarti memasuki dan menguasai Sasana Putra Keraton Solo setelah mendobrak pintu itu hingga jebol dengan mobil Totoya Land Cruiser, Senin (26/8/2013) malam. dalam gambar ini terlihat bagaimana salah satu daun pintu terlipas dari engsel. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO Penyidik Polresta Solo berencana melibatkan orang yang dianggap ahli cagar budaya dalam perkara terkait konflik internal Kesunanan Surakarta Hadiningrat. Polisi berencana mendatangkan ahli cagar budaya untuk menghitung kerugian akibat perusakan pintu Sasana Putra kompleks Keraton Solo yang diyakini sebagai benda cagar budaya itu, Senin (26/8/2013) lalu.

Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Rudi Hartono, saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatannya di Pasar Kliwon, Minggu (1/9/2013), mengungkapkan rencana mendatangkan ahli cagar budaya itu. Upaya tersebut, menurut Rudi, ditempuh karena penyidik harus mengetahui unsur kerugian akibat rusaknya benda cagar budaya.

“Penyelidikan kan harus jelas semuanya termasuk berapa besar kerugian yang timbul dalam kasus itu. Makanya kami akan mendatangkan ahli dalam bidang cagar budaya,” papar Rudi.

Ia menambahkan jumlah saksi yang telah diperiksa belum bertambah, yakni 31 orang. Namun, Rudi memastikan penyidik bakal memperbanyak saksi untuk diperiksa. Saat ini penanganan masih dalam tahap penyelidikan, yang berarti belum ada penetapan tersangka. Selain memeriksa saksi, penyidik saat ini masih memburu pengemudi Toyota Land Cruiser putih berpelat nomor AD 8430 DG, pendobrak pintu Sasana Putra menggunakan mobil yang dikemudikannya itu.

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, sepanjang Senin pekan lalu, Keraton Solo kisruh. Acara halalbihalal yang digelar dwitunggal didatangi pasukan bersenjata tajam. Selanjutnya, sepanjang hari hingga larut malam, di lingkungan Keraton Solo diketahui berkeliaran gerombolan pesilat yang dianggap mengancam keselamatan raja.

Nyatanya, penjelasan itu dianggap angin lalu oleh polisi yang menduga perusakan pintu tersebut merupakan tindak pelanggaran atas UU No 11/2010 tentang Cagar Budaya. Polisi tampak lebih antusias mengusut perkara penjebolan pintu Sasana Putra dibandingkan perkara berkeliarannya gerombolan bersenjata tajam di wilayah publik sesuai UU 12/Darurat/1951.

Sebagai langkah nyata, mobil jip Toyota Land Cruiser berpelat nomor AD 9430 DG milik K.P.A.A. Condrokusumo Suro Agul-Agul atau Begug Poernomosidi yang digunakan untuk mendobrak pintu Sasana Putra. Polisi juga telah memeriksa dwitunggal Raja Kesunanan Surakarta Hadiningrat Sampeyan-Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (S.I.S.K.S.) Paku Buwono XIII dan Mahapatih K.G.P.H. Panembangan Agung Tedjowulan. Namun polisi tak tahu siapa yang mengemudikan mobil itu.

Editor: | dalam: Hukum |
Iklan Baris
  • disewakan avanza

    Disewakan avanza+sopirnya untuk dalam/luar kota, melayani drop luar kota. Hubungi: 0811250…

  • mau penghasilan tambahan?

    Bagi IRT,Mahasiswa/mahasiswi,Karyawaa dan ssebagainya yang Membutuhkan Uang/Penghasilan Ta…

  • Ahli Sumur Bor

    Ahli Sumur Bor/Gali/Servis Pompa/ Sedot WC/Saluran Buntu. Pak. Wen 0274-6579319 Blawong 08…

  • rumah diutara monjali

    Rumah Griya Asri Pratama, Utara Monjali (Balong-Donoharjo) Sisa 5 Unit Siap Huni+3 Siap Bg…

  • Iqbal Massage

    Iqbal Massage, Tenaga Pria Muda Keren Khusus Panggilan. Call: 087738795379…

  • Dibeli tinggi laptop

    Dibeli tinggi laptop/Netbok/Tab/Komputer/LCD dll. Hidup-Rusak-Mati. Hubungi: 085725750750,…

  • program naik turun BB

    Free Pendampingan Program Naik/Turun Berat Badan& Program Stamina Dengan Jus Nutrisi.

  • Dibutuhkan tukang jait

    dibutuhkan tukang jait kaos. hub.085228815765…

  • terapi untuk kesembuhan

    Anda Sakit Fisik, Emosi, Sudah Berobat Maksimal Belum Sembuh??? Konsultasi dan Terapi Hubu…

  • Servis HP

    Servis HP: Nokia, BlackBerry, Sony, Samsung, IPhone, dll. Matot,Hard/Software. Hubungi: Me…

Menarik Juga »