ROYAL WEDDING NGAYOGYAKARTA
Prosesi Bakal Berbeda dari Sebelumnya

GKR Hayu dengan KPH Notonegoro (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)GKR Hayu dengan KPH Notonegoro (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Pernikahan GKR Hayu dengan KPH Notonegoro pada 22 Oktober mendatang berbeda dengan pernikahan putri Sri Sultan Hamengku Buwono X sebelumnya.

Raja Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan pawiwahan ageng GKR Hayu akan berbeda.

Dalam prosesi resepsi 12 kereta akan digunakan, jauh lebih banyak dibandingkan saat GKR Bendoro menikah. Demikian juga Sultan bakal menggunakan kereta Kraton sebagai sarana transportasi menuju Kepatihan.

Selain itu yang membedakan dengan pernikahan sebelumnya, Abra dan Angger berniat meluncurkan website pernikahan. Tujuannya, selain sebagai sarana berbagi dengan teman-teman mereka yang tidak bisa hadir karena persoalan waktu dan biaya, website ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi dan edukasi seputar prosesi pernikahan di Kraton Jogja.

Abra yang saat ini menjadi penghageng Tepas Tondoyekti Kraton Jogja untuk mengurusi IT dan dokumentasi mengaku peluncuran website tersebut berkaca pada pengalaman pernikahan Reni, adiknya.

“Informasi tentang tradisi pernikahan di Kraton ada yang salah. Sampai orang yang saya anggap expert, saat berita ditayangkan di televisi pun juga salah menyampaikan,” ujar perempuan yang memiliki jarak usia lebih muda 10 tahun dibandingkan calon suaminya ini.

Mereka berencana untuk meluncurkan website pada September ini. Angger yang notabene berasal dari luar lingkaran Kraton Jogja justru dianggap Abra mampu memberi gambaran seputar isi website yang ingin diketahui orang awam.

“Kalau saya kan sudah biasa melihat dan hidup dengan tradisi seperti itu, tetapi ternyata bagi orang luar itu menarik untuk diketahui,” urainya seraya menyebutkan Informasi yang akan ditampilkan seputar nama dan makna dari tiap prosesi yang dilalui dalam tradisi pernikahan di Kraton Jogja.

Soal sumber informasi, ia pun mempercayakan pada para Romo di Kraton yang terbiasa menangani masing-masing prosesi acara. Selain mempersiapkan website, Abra juga mengurus persiapan pernikahan sendiri. Sejauh ini, ia mengurus undangan, dekorasi, dan sejenisnya sendiri dan sudah hampir selesai.

Namun, ia mengaku tidak terlalu paham soal detail karena sewaktu pernikahan adiknya, GKR Bendara, ia tidak ikut mengurusi karena sibuk bekerja di Jakarta.

Dalam undangan, misalnya, ternyata ada aturan untuk frame serta penggunaan bahasa Jawa baku. “Kalau sudah seperti itu saya minta second opinion ke Ibu [GKR Hemas] atau Mbak Ita, tapi karena mereka juga sibuk jadi saya minta tolong mereka untuk review,” terangnya.

Abra menuturkan sang ayah [Sri Sultan] berencana untuk mengeluarkan banyak kereta untuk pesta pernikahannya. Sebagian kereta sudah diuji coba dan kemungkinan terjadi perubahan tanggal dalam resepsi. Pertimbangan itu didasarkan pada penjaminan keamanan dan jumlah personel keamanan, mengingat kereta yang dikeluarkan juga banyak.

Sebelumnya, direncanakan tiap prosesi akan dilakukan sama persis dengan pernikahan GKR Bendara dua tahun lalu. “Setelah berencana kereta akan dikeluarkan semua, kemungkinan tanggal resepsi berubah jadi 23 Oktober 2013 dari jadwal sebelumnya 22 Oktober 2013, tapi itu juga baru kemungkinan, belum ada keputusan,” ungkap Abra.

Jika perubahan tersebut jadi direalisasikan, nyantrik dan siraman akan dilangsungkan dalam satu hari, yakni pada 21 Oktober 2013.

Editor: | dalam: Kota Jogja |
Iklan Baris
  • dibutuhkan marketing

    Dibutuhkan Segera Marketing NSC Finance Gejayan, minimalnya SMP,punya kendaraan sendiri,ga…

  • Dijual mitsubishi

    Dijual Mitsubishi FE 349 Truck 2005 AB-AN dan Mitsubishi 349′ 2004 D-CA.Hubungi:PT A…

  • Optik natural

    OPTIK NATURAL hadir untuk anda cek mata, konsultasi GRATIS terima panggilan Hubungi : 0877…

  • Spesialis cetak nota

    Spesialis Cetak Nota NCR 90ribu/RIM& Undangan Nikah Mulai Rp.1100 Hubungi: 0856432642…

  • Promo akhir tahun rumah dijual

    Akhir Tahun Rumah Tipe 36&45 280jutaan saja SHM IMB KPR Jl Lebar Asri Hubungi.0274784…

  • Optik Aruni

    OPTIK ARUNI. Melayani: cek mata panggilan,konsultasi,JL.Letjend.Suprapto, No 1(utara kanto…

  • bantu tutup kartu kredit

    Bantu tutup kartu kredit/KTA. Hanya bayar 30% dari tagihan terakhir, 100% Legal dan aman.

  • Butuh karyawan untuk swalayan

    Butuh Karyawati untuk Swalayan Baitii Jl.Magelang/Barat TVRI Gaji 700ribu, SMU, max 25tahu…

  • Dibutuhkan sopir

    Dibutuhkan Sopir Serabutan Untuk Toko Gypsum, Minat Kirim Lamaran Ke Jl.Monjali 42 Gemawan…

  • ingin penghasilan diatas 2 juta

    Ingin Penghasilan diatas 2 Juta?(Halal) Ini Kesempatan Kerja untuk 4 Wanita 17-30Tahun,SMP…

Menarik Juga »