BADAI MUSIM DINGIN
Angin Kutub Menerpa, Amerika Serikat Jadi Negara Beku

Warga melintasi tepi Danau Michigan, Chicago, yang diterpa angin dingin dari Arktik, Senin (6/1/2014). (JIBI/Solopos/Reuters/Jim Young)Warga melintasi tepi Danau Michigan, Chicago, yang diterpa angin dingin dari Arktik, Senin (6/1/2014). (JIBI/Solopos/Reuters/Jim Young)

Solopos.com, CHICAGO – Badai musim dingin dengan embusan angin Arktik terus menerpa seluruh bagian Amerika Serikat (AS) Senin (6/1/2014). Dilaporkan Reuters, angin kutub tersebut menciptakan rekor suhu udara terdingin di negara itu dalam dua dekade terakhir. Setidaknya empat orang tewas karena udara membekukan ini.

Rumah-rumah penampungan kebanjiran para tuna wisma atau gelandangan sejak badai musim dingin yang disebut dengan pusaran angin kutub itu menerpa. Di Montana, Dakota Selatan dan Utara, Minnesota, Iowa, Wisconsin, Michigan, serta Nebraska, suhu udara anjlok antara 11-22 derajat C di bawah rata-rata normal. Di Brimson, Minnesota, suhu udara tercatat 40 derajat di bawah nol.

Badai musim dingin ini membuat suhu udara di AS lebih rendah dari pada daerah-daerah di lingkaran kutub utara atau Asia Tengah yang membeku setiap musim dingin. Suhu udara di Arctic Bay, Kanada, tercatat minus 35 derajat C, di Almaty, Kazakhstan, tercatat minus 22 derajat , di Mongolia minus 23 derajat C, dan Irkutsk, Siberia, minus 33 derajat C.

Lebih dari setengah jadwal penerbangan di Chicago’s O’Hare International Airport dibatalkan karena bahan bakar pesawat membeku. Pada sore hari yang paling hangat, suhu udara di Chicago hanya minus 24 derajat C.

Meskipun tidak dekat dengan lingkaran kutub utara, wilayah AS tetap terkena dampak angin Arktik. Pusaran angin kutub yang biasanya hanya ada di lingkaran kutub bisa tertekan ke selatan, bahkan ke bagian selatan AS seperti Texas dan Florida. Suhu udara terdingin selama beberapa tahun dan angin rebut diperkirakan melanda kedua negara bagian itu.

Di timur laut AS yang biasanya mengalami cuaca bersahabat di musim dingin, kini juga membeku. Gubernur New York, Andrew Cuomo, menyatakan status darurat di negara bagian itu karena musim dingin ekstrim. Ada empat kematian yang terkait udara membekukan ini. Di antaranya, seorang pria 48 tahun meninggal dunia karena serangan jantung saat menyingkirkan salju Minggu (5/1/2014) lalu.

Ladang pengeboran minyak yang tersebar dari Texas hingga Dakota Utara dan Canada terlantar karena angin dingin. Sementara itu, di Cleveland, Ohio, suhu udara minus 19 derajat C (minus 21 derajat C di malam hari) memaksa 2.000 tuna wisma masuk penampungan untuk menghangatkan diri.

Editor: | dalam: Internasional |
Iklan Baris
  • Dijual mitsubishi

    Dijual Mitsubishi FE 349 Truck 2005 AB-AN dan Mitsubishi 349′ 2004 D-CA.Hubungi:PT A…

  • bantu tutup kartu kredit

    Bantu tutup kartu kredit/KTA. Hanya bayar 30% dari tagihan terakhir, 100% Legal dan aman.

  • Optik Aruni

    OPTIK ARUNI. Melayani: cek mata panggilan,konsultasi,JL.Letjend.Suprapto, No 1(utara kanto…

  • dibutuhkan marketing

    Dibutuhkan Segera Marketing NSC Finance Gejayan, minimalnya SMP,punya kendaraan sendiri,ga…

  • ingin penghasilan diatas 2 juta

    Ingin Penghasilan diatas 2 Juta?(Halal) Ini Kesempatan Kerja untuk 4 Wanita 17-30Tahun,SMP…

  • Butuh karyawan untuk swalayan

    Butuh Karyawati untuk Swalayan Baitii Jl.Magelang/Barat TVRI Gaji 700ribu, SMU, max 25tahu…

  • Optik natural

    OPTIK NATURAL hadir untuk anda cek mata, konsultasi GRATIS terima panggilan Hubungi : 0877…

  • Promo akhir tahun rumah dijual

    Akhir Tahun Rumah Tipe 36&45 280jutaan saja SHM IMB KPR Jl Lebar Asri Hubungi.0274784…

  • Spesialis cetak nota

    Spesialis Cetak Nota NCR 90ribu/RIM& Undangan Nikah Mulai Rp.1100 Hubungi: 0856432642…

  • Dibutuhkan sopir

    Dibutuhkan Sopir Serabutan Untuk Toko Gypsum, Minat Kirim Lamaran Ke Jl.Monjali 42 Gemawan…

Menarik Juga »