HARI PRAMUKA
Ratusan Siswa di Kulonprogo Ikut Jelajah Binangun

Para siswa menyusuri area persawahan di wilayah Desa Giripeni dalam kegiatan Jelajah Binangun, Selasa (12/8/2014). (JIBI/Harian Jogja/Holy kartika N.S)

Harianjogja.com, WATES – Menyambut Hari Pramuka Nasional dan Hari Kemerdekaan, ratusan siswa sekolah dasar di kecamatan Wates mengikuti Jelajah Binangun, Selasa (12/8/2014) di Lapangan Cangkring Wates.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat proklamasi dan jiwa patriotisme pada anak-anak ini,” ujar Ketua Panitia Jelajah Binangun Sudarso.

Kegiatan yang digelar oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PAUD dan Dinas Pendidikan Kwaran (Kwartir Ranting) secara tidak langsung juga menjadi kegiatan yang dapat membuat pelajar di kecamatan ini mengenal potensi alam yang ada di wilayah ini.

Ada 40 SD yang mengikuti kegiatan ini dan terbagi atas 38 regu putra dan 36 regu putrid dengan setiap regunya terdiri dari sembilan siswa. Jelajah Binangun ini mengambil rute di wilayah Desa Giripeni sejauh empat kilometer.

“Sepanjang rute akan ada lima pos dan para peserta akan diberikan materi tentang kepramukaan, pengetahuan sandi, derap pramuka hingga pengetahuan tali temali,”  jelas Sudarso.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kulonnprogo Eko Teguh Santoso menambahkan kepramukaan  kini telah masuk dalam kurikulum 2013. Kepramukaan bermanfaat untuk menumbuhkan cinta tanah air, jujur seperti yang telah tertulis dalam Dasa Dharma Pramuka.

“Dasar-dasar kepramukaan yang didapat oleh para siswa akan dapat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tandas Eko.

Editor: | dalam: Kulon Progo |
Menarik Juga »