TAHUKAH ANDA?
Dibilang Mirip Ultraman, Begini Arti dan Filosofi Asli Logo UNS!

UNS. (uns.ac.id)UNS. (uns.ac.id)

Meme terbaru yang beredar di kalangan netizen adalah utak-atik gatuk UNS yang katanya didirikan Ultraman.

Harianjogja.com, SOLO – Publik dunia maya (netizen) di Solo beberapa hari terakhir sedang ramai membahas plesetan sejarah Universitas Sebelas Maret (UNS) yang beredar secara viral. Sebuah meme menjelaskan hubungan logo dan sejarah berdirinya UNS yang erat kaitannya dengan Ultraman.

Meme ini menyandingkan gambar logo UNS dengan wajah karakter superhero Jepang, Ultraman. setelah dipotong sebagian, logo UNS disebut-sebut mirip dengan kepala Ultraman.

Meme Logo UNS. (Istimewa/Instagram)

Meme Logo UNS. (Istimewa/Instagram)

Gambar lucu ini lantas menyebar dengan cepat di kalangan netizen Solo. Akun @unssolo mengunggah meme ini lengkap dengan penjelasan tentang filosofi lambang UNS. “Sesungguhnya lambang UNS mempunyai Filosofi tapi malah dijadiin begini,” protes akun yang mengaku bukan akun resmi UNS ini.

Begini penjelasan lengkap tentang lambang UNS seperti dijelaskan di situs resminya, uns.ac.id, saat diakses Solopos.com Sabtu (15/10/2016) siang;

Anatomi lambang UNS berbentuk bunga dengan 4 daun bunga sebagai visualisasi bangsa, yang berarti pendidikan putra-putri bangsa yang kelak akan mengharumkan nama bangsa & negara, Tiga daun bunga; atas, samping kanan & samping kiri merupakan pengejawantahan tri dharma perguruan tinggi, Satu daun bunga dibawah terdiri atas 5 satuan melambangkan sila-sila Pancasila, garis pembentuk 4 daun bunga dibuat secara berantai sedemikian rupa menggambarkan kesatuan civitas akademika UNS.

Bunga melambangkan bangsa Indonesia. Tiga daun bunga merupakan pengejawantahan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan gerigi yang berujung lima pada daun bunga di bawah merupakan lambang kelima sila dari Pancasila; garis tepi yang tidak terputus-putus merupakan gambaran dari kesatuan dan persatuan warga Universitas.

Bentuk kepala putik bunga digambarkan sebagai Wiku yang berasal dari bahasa Pali , yang kurang lebih bermakna orang yang berilmu. Wiku dengan nyala api di pusat wajahnya  melambangkan pancaran pikiran yang penuh kebijaksanaan, kearifan dan keluhuran budi serta sinar keabadian ilmu pengetahuan.

Rangkaian kata yang melingkar merupakan candra sengkala yang masing-masing mengandung makna: mangesti berarti angka 8, luhur berarti angka 0,ambangun berarti angka 9, dan nagara berarti angka 1; dengan dibaca dari belakang menunjukkan angka 1908, yaitu tahun Jawa ketika berdirinya Universitas  pada tahun masehi 1976; praba yang melingkar dan bersinar melambangkan pancaran kesucian dan keluhuran budi.

Kesatuan hal-hal tersebut berada di dalam lingkaran yang bertuliskan Universitas Sebelas Maret dan singkatan UNS. Warna biru langit melambangkan ikrar kesetiaan dan kebaktian kepada Negara, Bangsa dan Ilmu Pengetahuan.

Secara keseluruhan lambang UNS memvisualisasikan cita-cita luhurnya untuk membangun bangsa, Candra Sangkala itu seolah Praba yang bersinar, Praba dalam sejarah agama & pewayangan dipakai oleh orang suci, bijaksana dan berbudi luhur. Pusat lambang itu adalah otak Wiku (orang yang berilmu) yang digambarkan sebagai nyala api, mengisyaratkan sinar keabadian ilmu pengetahuan yang menerangi menuju pensejahteraan manusia. Warna biru laut merupakan ikrar kesetiaan dan kebaktian terhadap bangsa, negara, tanah air dan ilmu pengetahuan.

Editor: | dalam: Peristiwa |
Menarik Juga »