Bukan Hanya Gingerbread, Google Hentikan Dukungan ke Honeycomb

Logo Android (JIBI/Dok)Logo Android (JIBI/Dok)

Gingerbread dan Honeycomb adalah dua versi tertua Android.

Harianjogja.com, SAN FRANCISCO – Setelah kurang lebih 5-6 tahun beroperasi, Google mengumumkan penghentian dukungan layanan untuk dua versi sistem operasi android tertua. Saat play store diperbarui awal 2017 nanti, dua android tertua, Gingerbread dan Honeycomb, tidak lagi mendapat layanan terbaru Google.

Pengumuman ini diunggah oleh advokat pengembang android, Doug Stevenson, di laman resmi pengembang android, Senin (21/11/2016). Sekarang ini layanan play store  masih bisa digunakan oleh dua android tertua itu karena masih mendukung API  Level 9. Nantinya, setelah diperbarui, API Level terkecil yang didukung google mulai API Level 14. Hal ini membuat Gingerbread yang berada di angka 9 dan Honeycomb yang berada di angka 11 tak lagi didukung layanan play store  versi terbaru.

API Level adalah Application Programming Interface Level yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan sistem operasi yang berjalan dalam sebuah gawai.

Meski demikian, bagi Anda yang masih menggunakan dua versi android tertua itu tidak perlu merasa cemas. Anda hanya tidak perlu memperbarui play store dan semua layanan masih bisa dipakai secara normal. Hanya saja ke depannya pengguna Gingerbread atau Honeycomb akan tetap menemukan layanan-layanan atau perangkat lunak terbaru yang tidak bisa mereka gunakan.

Dilansir Techradar, Rabu (23/11/2016), Gingerbread merupakan salah satu versi android yang paling disukai. Hal ini berbanding terbalik dengan Honeycomb yang kurang disukai, dan cenderung tenggelam setelah dirilis Ice Cream Sandwich.

Sekarang ini dicatat masih ada 1,3% pengguna android yang memakai Gingerbread di smartphone mereka. Gingerbread juga termasuk salah satu jenis android yang paling banyak digunakan sepanjang masa.

Editor: | dalam: Android |
Menarik Juga »