OS TERBARU
Android Nougat Tak Mampu Geser Lollipop dan Marshmallow

Ilustrasi Android Nougat (News.softwarevilla.com)Ilustrasi Android Nougat (News.softwarevilla.com)

OS terbaru Android Nougat masih sepi peminat.

Harianjogja.com, SOLO – Meski telah resmi diluncurkan pada Agustus 2016 lalu, sistem operasi (OS) Android 7.0 Nougat masih sepi peminat. Beberapa vendor lebih memilih membekali smartphone buatan mereka dengan OS Android Lollipop dan Marshmallow.

Android Nougat merupakan sistem operasi mobile terbaru dari Google yang diluncurkan pada 22 Agustus 2016. Dikutip Solopos.com dari laman Ubergizmo, Sabtu (10/12/2016), hingga awal Desember 2016, tercatat hanya 0,4 persen perangkat yang mengadopsi OS Android Nougat.

Sampai saat ini, Nougat dianggap sebagai OS andalan smartphone kualitas premium yang dibanderol dengan harga tinggi. Adapun smartphone yang sudah mencicipi OS terbaru ini adalah Huawei Nexus 6P, LG Nexus 5X, Motorola Nexus 6, HTC Nexus 6, Samsung Galaxy S6, dan Galaxy Note 7.

Layaknya sebuah pembaharuan, sistem operasi ini akan dijalankan dengan beberapa fitur baru dan perbaikan dari seri sebelumnya, yakni Android 6.0 Marshmallow. Salah satu keunggulan OS Nougat adalah kemampuan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan sangat cepat.

Selain itu, OS Android Nougat diklaim memiliki sistem keamanan yang lebih baik dibanding para pendahulunya.

Hal itu sengaja dibuat untuk mengurangi risiko kemungkinan penyadapan yang dilakukan oleh seorang hacker yang tidak bertanggung jawab. Kendati demikian, OS ini masih sepi peminat.

Hingga kini,  OS Android Lollipop, masih menguasai 34 persen pangsa pasar smartphone. Posisi kedua ditempati oleh OS Android 6.0 Marshmallow , yang memiliki peminat sebanyak 26,3 persen. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Editor: | dalam: Android |
Menarik Juga »