TIPS OTOMOTIF
Begini Cara Rawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan Tiba

Ilustrasi spare part sepeda motor (motorcyclesparepart.eu)

Tips otomoif kali ini membahas tentang cara merawat sepeda motor saat musim hujan tiba.

Harianjogja.com, SOLO – Musim hujan telah tiba. Bagi yang memakai sepeda motor sebagai sarana transportasi sehari-hari, agaknya Anda perlu melakukan perawatan ekstra agar tunggangan tersebut tetap dalam kondisi prima.

Air hujan dapat merusak spare part motor. Oleh sebab itu, saat musim hujan tiba, Anda sangat dianjurkan untuk lebih memperhatikan beberapa bagian motor. Dihimpun Solopos.com dari laman Thebikeinsurer.co.uk, Minggu (11/12/2016), berikut tips merawat motor saat musim hujan tiba:

Cuci sepeda motor

Mencuci sepeda motor setelah dipakai berkendara di tengah guyuran hujan sangat penting dilakukan. Sebab, air hujan mengandung zat asam yang bisa merusak cat pada badan sepeda motor dan membuat beberapa bagian motor lainnya berkarat. Oleh sebab itu, cuci atau guyurlah sepeda motor setelah terkena air hujan.

Tambah tekanan angin

Selain mencuci sepeda motor, Anda juga harus memeriksa tekanan udara pada di dalam ban. Pasalnya, jika tekanan ban kurang maka akan menyebabkan permukaan ban yang bergesekan langsung dengan permuukaan aspal. Hal itu mengakibatkan tarikan sepeda motor menjadi berat dan akan mempercepat permukaan ban menjadi tipis.

Tutupi rantai

Saat musim hujan tiba, sebaiknya pasanglah penutup rantai. Sebab air hujan yang mengandung zat asam akan membuat rantai motor cepat berkarat. Selain itu, perhatikanlah kondisi rantai. Apabila telah kendor, segeralah untuk mengencangkannya. Jangan lupa mengoleskan oli agar rantai sepeda motor Anda tetap nyaman dipakai.

Bawa busi cadangan

Komponen yang satu ini merupakan benda terpenting pada sepeda motor. Sebab tanpa busi, sepeda motor tidak mungkin menyala. Sayangnya, busi akan lebih cepat mati saat terkena air. Oleh sebab itu, saat musim hujan tiba, sebaiknya bawalah busi cadangan.

Knalpot

Biasanya, sepeda motor akan terlihat sangat kotor setelah dipakai berkendara di tengah guyuran hujan. Kotoran tersebut biasanya akan menempel pada badan dan knalpot sepeda motor. Jika tidak dibersihkan, kotoran yang menempel di bagian knalpot tersebut akan menyumbat saluran pembuangan.  Jika dibiarkan terus menerus, lama kelamaan knalpot sepeda motor akan mengalami penurunan fungsi bahkan sampai rusak.

Jika Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi, sebaiknya segeralah mencuci sepeda motor setelah dipakai menerjang hujan. Setelah itu, semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan grease. Jika sudah kering, nyalakan sepeda motor untuk memastikan knalpot tetap dalam kondisi prima.

Saat ini, Anda tak perlu bingung jika sedang mecari aksesoris atau spare part motor. Anda bisa dengan mudah mencari spare part yang dibutuhkan  di Tokopedia. Tak hanya menyediakan beragam spare part motor, e-commerce terbesar di Indonesia itu juga jual aksesoris otomotif lengkap. Jadi, tunggu apalagi, sudah cek Tokopedia belum? (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Editor: | dalam: Roda 2 |
Iklan Baris
  • Teh Liongtea

    Anda diabet, asam urat, kolesterol, hipertensi dll. Minum Teh Liongtea, TERBUKTI!!! Segera pesan ke 0878-3989-…

  • AB PROPERTI,

    AB PROPERTI, siap bantu jual-beli rumah dan tanah sesuai harapan. Hubungi: KAMAL telpon 0857-2770-3776…

  • Siap bantu,jual/beli tanah

    Siap bantu,jual/beli tanah dan bangunan di jogja. Minat hubungi: Bp Rahmad 0877 3835 6503 (property)…

  • Butuh sales kosmetik

    Butuh sales kosmetik. Lamaran via WA 08812768955…

  • Siap bantu konsultasi skripsi

    Siap bantu konsultasi skripsi, tesis, disertasi, KTI, program, all jurusan. Murah,profesional,garansi,nno plag…

  • Gudang seng

    Gudang seng di jalan imogiri timur membutuhkan Tenaga bongkar muat usia maksimal 35 tahun. Hubungi: 0821383933…

  • Dijual tanah pekarangan

    Dijual tanah pekarangan L189m2, LD9m, Harga 275juta. mobil masuk,SHMP an.sendiri. Jakal km 10, Ngebo Ngaglik S…

  • Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt

    Dibutuhkan segera karyawan-karyawati foodcourt, smu/smk. Lamaran dikirim ke Ayam Goreng Fatmawati, foodcourt M…

  • Dibutuhkan seorang karyawan toko

    Dibutuhkan seorang karyawan toko. Islam taat, usia maks 25tahun, domisili sekitar wates Kulon Progo Hubungi: 0…

  • Umroh Murah 21,9Juta

    Umroh Murah 21,9Juta, All In Star Jogja, By Saudia, Landing Madinah, Hubungi: AMN Tour, HP/WA: 082135350114…

batik-print-bunga-merah-kai-072-s-0022-110rb-240m
Menarik Juga »