TIPS HIDUP SEHAT
Bahan Alami Pengusir Bau Badan

Ilustrasi seseorang yang bau badan (Dayzentertainment.com)Ilustrasi seseorang yang bau badan (Dayzentertainment.com)

Tips hidup sehat kali ini tentang beberapa bahan alami yang ampuh mengusir bau badan.

Harianjogja.com, SOLO – Bau badan menyengat merupakan salah satu masalah yang kerap dialami banyak orang. Bukan hanya menurunkan rasa percaya diri, bau badan juga bisa membuat seseorang tersingkir dari pergaulan.

Hasil penelitian dari Mayo Clinic memaparkan keringat dihasilkan tubuh melalui kelenjar apokrin dan ekrin. Kelenjar ekrin memproduksi keringat asin yang berfungsi mendinginkan tubuh. Sementara bau badan timbul karena kelenjar apokrin mengeluarkan keringat lemak di daerah sekitar kulit kepala, ketiak, dan selangkangan. Bau tersebut akan semakin menyengat ketika keringat yang keluar bercampur dengan bakteri.

Nah, kebanyakan orang biasanya akan memakai deodoran guna menghilangkan bau badan tak sedap. Mereka beranggapan deodoran merupakan benda paling ampuh yang dipakai untuk menghilangkan bau badan. Sayangnya, memakai deodoran saja belum cukup, Anda juga harus memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, makanan juga bisa memengaruhi bau badan. Mau tahu apa sajakah makanan yang ampuh mengusir bau badan?

Dilansir laman Boldsky, Selasa (27/12/2016), berikut beberapa jenis makanan yang ampuh mengusir bau badan tak sedap dari tubuh:

Apel
Apel merupakan salah satu buah yang kaya antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah apel terbukti ampuh menangkal radikal bebas penyebab bau badan tak sedap. Bukan hanya buahnya, salah satu produk olahannya, yakni cuka apel juga diklaim ampuh mengusir bau badan. Cuka apel diklaim mampu membunuh bakteri dan mengurangi produksi keringat berlebih. Mengonsumsi apel dan cuka apel secara rutin mampu membantu menghilangkan bau badan tak sedap dari tubuh.

Jeruk
Tak hanya apel, buah buahan seperti jeruk dan lemon juga diklaim mampu menghilangkan bau badan tak sedap. Kedua buah itu mengandung banyak asam sitrat yang berfungsi membuang racun di tubuh. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin C yang mampu mengontrol produksi keringat berlebih dan membuat tubuh terasa segar.

Seledri
Seledri kerap dipakai sebagai bahan pelengkap masakan karena memiliki aroma yang khas. Tak hanya menambah aroma masakan, mengonsumsi seledri ternyata terbukti ampuh menghilangkan bau badan tak sedap. Seledri mampu menghilangkan racun dalam darah yang membuat keringat tidak menimbulkan bau.

Jahe
Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat akrab dengan orang Indonesia. Jahe biasanya dipakai sebagai bumbu masak, minuman, dan obat herbal. Kendati demikian, belum banyak orang yang sadar jika jahe juga ampuh menghilangkan bau badan.

Aromanya yang kuat dan kandungan antioksidan yang tinggi pada jahe membuat rempah-rempah ini diklaim mampu menghilangkan bau badan tak sedap. Cara mengusir bau badan dengan jahe sebenarnya cukup mudah, yakni dengan meminum wedang jahe yang banyak dijual di pasaran. Selamat mencoba. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

Editor: | dalam: Kesehatan |
3
Menarik Juga »