KEJUARAAN KARATE
Sebelas Maret Cup Undang Karateka se-Asia Tenggara

Kejuaraan karate digelar UKM INKAI UNS Solo.

Harianjogja.com, SOLO – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) INKAI (Institut Karate-Do Indonesia) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan kembali menggelar kejuaraan karate antarmahasiswa bernama Sebelas Maret Cup (Semarcup),  di GOR Sritex Arena, Solo, pada Jumat-Minggu (24-26/1/2017) mendatang.

Namun, ada yang berbeda dalam gelaran tahun ini. Kali ini, agenda rutin dua tahunan itu bertajuk South East Asian Karate University Championship Sebelas Maret Cup X. Sehingga selain atlet-atlet karate Indonesia, bersaing pula atlet dari negara-negara yang terhimpun dalam rumpun ASEAN.

Bersamaan dengan naiknya level dari nasional menjadi internasional, aturan pertandingan yang diterapkan juga akan disesuaikan dengan peraturan WKF (World Karate Federation). WKF merupakan induk karate dunia yang menangani berbagai penerapan teknis pelaksanaan, mulai dari pembatasan jumlah atlet tiap kontingen, perwasitan, hingga lapangan yang mengharuskan adanya kamera sebagai penunjang pelaksanaannya.

Kejuaraan yang direncanakan masuk dalam serangkaian agenda Dies Natalis UNS ke-41 itu mengangkat tema Karate for Unity in Diversity. Ketua Panitia Kejuaraan Semarcup X, Roy Wardana, mengatakan bahwa tema yang diusung ini untuk mendorong dan membentuk solidaritas antar karateka mahasiswa.

“Dikarenakan banyaknya dan keberagaman aliran karate serta universitas di Asia Tenggara, diharapkan dengan adanya event kejuaraan ini dapat mendorong keberagaman tersebut untuk bisa bersatu melalui karate,” kata Roy.

Kejuaraan Semarcup X ini menerapkan sistem pendaftaran secara online. Sehingga bagi kontingen yang ingin mendaftar, baik dalam maupun luar negeri dalam lingkup ASEAN cukup mengunjungi website resmi kejuaraan yakni www.sebelasmaretcup.uns.ac.id.

Sehubungan dengan hal tersebut, panitia telah membuka pendaftaran dari 1 Januari 2017 dan akan berakhir pada tanggal 23 Maret 2017. Selain alur pendaftaran, pengunjung laman tersebut juga akan disuguhi berbagai informasi di dalamnya, mulai dari penginapan, alat transportasi, kuliner, hiburan, hingga tempat-tempat wisata di sekitar lokasi penyelenggaraan kejuaraan.

Editor: | dalam: Umum |
Menarik Juga »